Langsung ke konten utama

Belitong Timpo Duluk, Resto yang Belitong Banget

Assalamualaikum,

Tiba-tiba pengen nulis tentang rumah makan unik yang ada di Belitong. Jangan ngaku pernah ke Belitong kalau belum makan di Resto ini (Galak bener haha). Letaknya di pojok Jalan Mas Daud, bangunannya seperti rumah biasa cuma memang terlihat jadul.




Aku dan teman-teman ke sana untuk makan malam. Awalnya dari depan tampak biasa saja, namun saat masuk ke restonya baru deh berasa kembali ke masa lalu. Seolah-olah masuk ke lorong waktunya Doraemon lalu muncul di suatu masa yang pernah kamu alami (sok dramatis haha). 
Sesuai dengan namanya, segala sesuatu yang ada di tempat itu benar-benar jadul dan unik. Mulai dari hiasan di sekeliling ruangan, menu makanan, hingga ke alat-alat makannya pun unik. Bayangin aja, di dinding ada topi caping petani, sepeda ontel, kukusan nasi, dan masih banyak lagi. Semua itu digantung lho. Tapi kok saya ngeliatnya gak ngerasa ruwet, coba kalau saya terapkan di rumah, pasti ibu saya bisa ngomel ga abis-abis, karena banyak barang ditaruh sembarangan. hahaha... Hal keren lainnya yaitu rumah makan ini sudah pernah dikunjungi oleh Pak Bondan Maknyus yang pastinya sudah pernah diliput oleh stasiun tv (applause *prok prok prok*)

Unik kan? hihiii


Kasir Cantik (aku) foto bareng Pak Bondan (flyer)

Coba perhatikan foto di atas! Ada yang spesial lho dari meja kasirnya. Selain, ada gambar Pak Bondan, ada telepon di meja kasir yang terlihat jelas kan? Telepon itu sekilas terlihat seperti masih berfungsi, namun sebenarnya telepon itu sudah bertahun-tahun tidak berfungsi. Jadi hanya untuk hiasan saja. Konon katanya telepon tersebut pernah dipakai Bung Karno saat berkunjung ke Belitong (Beuuh telepon bersejarah tuh). 

Saat memesan kami cukup bingung mau pesan apa. Karena nama-nama makanannya memakai bahasa yang kurang familiar, agak berbau melayu tapi kok gak gampang dipahami ya hehe. Sayangnya lupa banget mau fotoin daftar menunya (hiks). Pokoknya sebagian besar menu khas dari rumah makan itu berbau makanan laut seperti ikan, cumi, dan udang.


GANGAN

Makanan yang paling saya ingat adalah Gangan karena makanan ini memang khasnya Belitong. Gangan adalah sup ikan berkuah kuning yang rasanya ajib banget. Uniknya di rumah makan ini, gangan disajikan di batok kelapa dan masih ada irisan-irisan kelapanya, jadi yang dikeluarkan hanya air kelapanya saja. Saya menganggap irisan kelapa itu seperti sayur pada supnya. Oh iya ada satu menu unik yang saya lupa namanya. Bentuknya seperti pempek yang dikukus, memang terbuat dari ikan juga, namun kuahnya berbeda. Kuahnya berwarna kuning yang sepertinya campuran santan dan kunyit. Rasanya gurih dan bikin nagih. Tak lupa kami memesan nasi gemuk alias nasi uduk khas Belitong dan ikan bebulus (kayak ikan teri) yang digoreng kering.

Oh iya kalau ke sini harus bersabar karena makanannya datangnya lama. Kenapa? karena semua dimasak dadakan, tapi itu keunggulannya lho, semua makanan masih panas dan menambah rasa nikmat tentunya. Saran saya, selagi menunggu ya liat-liat dan foto-foto aja, karena semuanya unik. Anggap aja lagi kunjungan ke museum. Hal yang masih terngiang dalam pikiran saya (ada fotonya juga sih), pemiliknya kreatif juga memanfaatkan barang-barang lama jadi bermanfaat. Contohnya tempat tisu yang merupakan corong yang biasa digunakan untuk minyak tanah atau bensin di tukang bensin eceran. Hihiii...

Tempat tisunya hits banget kan? :p

Sebelum Makan Foto Aja Dulu


Abis makan, foto lagi deh

Tertarik donk buat ke resto ini? Gak nyesel deh...




Time to say good bye....

Wassalam :D



Komentar

  1. wow kece mbak hehe jadi pengen makan di situ juga hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas, thanks for visiting my blos...


      iya kalau ke Blitung jangan lupa makan di resto itu ya.. lumayan murah juga lagi....

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Pledge to God, Drama Korea yang Menyayat Hati

Anneyeong haseo chingu , Kali ini, aku mau share tentang  A Pledge to God , Drama Korea yang Menyayat Hati. Awalnya iseng, cari-cari di Viu karena udah bosen dengan drakor yang hits kayak Crash Landing on You (CLOY) dan The World of Married . Gak sengaja, benar-benar lagi iseng-iseng aja scroll daftar drakor di VIU, eh tau-tau muncul A Pledge to God. Padahal ini bukan drama baru karena mulai tayang ( kalo aku mulai tayang ama dia kapan ya? wkwk ) di MBC TV Korea selatan pada 24 November 2018. Baca sekilas sinopsisnya langsung jatuh cinta dan penasaran dengan jalan ceritanya. Cover A Pledge to God (Sumber: Asianwiki.com) Aku suka banget drakor yang sedih binti mengharukan gitu. Terngiang-ngiang sama ceritanya Endless Love (Autumn in My Heart ). Film yang dibintangi oleh Song Hye Kyo, Song Seung Heon, dan Won Bin benar-benar everlasting story deh. Mau nonton berapa kali juga ujung-ujungnya mewek. Nah sama nih, nonton drakor ini juga bawaannya pengen mewek. Oke cukup, yuk lanjut

Tuntaskan Ambeien dengan Ambewas

Duduk terasa tidak nyaman dan bokong sering berdarah adalah ciri-ciri utama seseorang menderita ambeien atau wasir. Ketidaknyamanan juga kerap terasa ketika buang besar karena anus biasanya terasa gatal dan panas. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan atau peradangan pembuluh darah di ujung usus (rectum) dan anus.  Ambeien terdiri dari 2 jenis, yaitu ambeien internal dan eksternal. Penjelasannya sebagai berikut. Internal haemorrhoid adalah jenis ambeien yang muncul di dalam saluran rectum dan tidak terasa nyeri, tetapi bisa menyebabkan feses berdarah. External hemorrhoid adalah jenis ambeien yang muncul di luar anus, terasa gatal atau nyeri, bahkan terkadang bisa robek dan berdarah. Sumber: halodoc.com Penyebab dan Faktor Pemicu Ambeien Pada dasarnya, ambeien bisa muncul karena berbagai kebiasaan sehari-hari seperti mengejan saat buang air besar atau terlalu lama duduk di toilet. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa mengganggu aliran darah sehingga darah akan menggumpal dan akhir

Ibis Style Hotel Jakarta Simatupang Benar-Benar Family Oriented

Alhamdulillah, Saya senang sekali bisa ikutan acara  #IHBLimaTahun, Sabtu 28 September 2019. Kalau diadakan pada weekday  pasti aku cuma bisa gigit jari karena harus bekerja.  Awalnya aku penasaran kenapa ya acaranya diadakan di hotel? Akhirnya rasa penasaranku terjawab setelah acara dimulai.  Usut punya usut Ibis Style Hotel Jakarta Simatupang ingin memperkenalkan diri ke khalayak karena hotel ini baru beroperasi secara resmi pada 15 Juli 2019 dengan menjadi sponsor utama acara ini. Hip hip hooraay... ^____^ Acara inti perayaan milad Indonesia Hijab Blogger (IHB) dimulai sekitar pukul 10 sesuai jadwal. MC acaranya adalah Kak Elly Nurul yang sudah aku tahu karena dia juga blogminceu IHB WAG. Acara utamanya berupa talkshow dengan beberapa pembicara keren yang diulas sebagai berikut. 1. Kak Andiyani Achmad Kak Aie (panggilannya) membahas tentang Optimasi Media Sosial dengan judul " How to Promote Your Content Through Social Media ". Selain seorang blogger, Kak Aie j