Pengalaman Seru Berlibur di Makassar, Akan Lebih Seru dengan Menginap di Hotel OYO

Hai semua,

Siapa yang belum tahu tentang OYO? Pasti sebagian besar sudah tahu dong, OYO Hotels Indonesia saat ini tengah booming dan digemari oleh banyak orang. Alasan utamanya adalah hotel yang ditawarkan oleh OYO terjamin bagus dengan pelayanan yang baik dan harganya sangat terjangkau. Bayangkan saja, hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 100 ribuan sudah bisa menginap di hotel yang bagus dan bersih satu malam. Bahkan, ada juga yang menyediakan sarapan gratis karena sudah termasuk paket menginap.

Saya pernah menginap di OYO, tetapi bukan di kota yang akan saya bahas ini. Saya tidak menginap di hotel OYO pada saat itu karena belum mengenal OYO itu apa dan seperti apa sistemnya. Kebetulan pada Desember 2017 lalu saat saya plesiran ke Sulawesi Selatan transit di Makassar selama satu hari. Saya menginap di hostel melalui aplikasi lain karena keberadaan saya di Makasar hanya satu hari sehingga saya tidak butuh hotel yang mewah. Hal ini juga yang menjadi alasan saya harus kembali ke Makassar karena banyak hal yang belum saya lakukan di sana. Selama di Sulawesi Selatan, saya lebih banyak berwisata ke Toraja dan Bulukumba. Yuk kita bahas Toraja dan Bulukumba satu per satu yang diawali dengan Toraja terlebih dahulu.

Toraja yang Sensual, Namun Tetap Tradisional

Kuburan Batu Lemo Toraja

Saya benar-benar menikmati Toraja yang kaya akan kebudayaan yang unik. Saya dibuat terpana dengan konsep kematian yang begitu diagungkan oleh masyarakat Toraja. Setiap orang yang meninggal tidak bisa langsung dimakamkan karena mereka harus mengadakan upacara adat yang mewah dengan rangkaian acara dan makanan yang mewah. Saya sampai heran, kok orang meninggal malah harus dirayakan sampai membuang banyak orang. But again, it is a culture. Saya tetap kagum dengan kegigihan mereka menjaga tradisi. Rumah Tongkonan dan beberapa bangunan khas yang mencirikan Toraja di Kete Kesu benar-benar sangat patut diabadikan dalam bidikan lensa. Selain itu, ada Bori Kalimbuang yang dijadikan tempat upacara Rambu Solo untuk kematian pertama kali dan Kuburan Batu Lemo yang begitu eksotis.

Rumah Tongkonan di Kete Kesu


Bulukumba dengan Panorama Pantai yang Magical

Sunset di Tanjung Bira

Kawasan pesisir yang indah ini benar-benar magical saat didatangi langsung. Saya sudah jatuh cinta dengan Pantai Bira karena sering melihatnya di instagram dan ulasan banyak orang di blog. Alhasil saya teracuni untuk datang langsung ke Bulukumba. And then what? Ternyata ada pantai-pantai lainnya yang tidak kalah dengan Bira yang berpasir putih juga. Rasanya benar-benar seperti ada di alam mimpi saat berada di sana. Bahkan, saat mendung saja tetap indah pantainya. Kebetulan waktu itu sempat hujan sebentar saat makan siang di restoran yang kebetulan berada di dekat Pantai Barane. Susah diungkapkan dengan kata-kata lagi, jika ada rezeki mending datang langsung ke sana.

Mendung di Pantai Barane


Menginap di OYO Makassar

Jika ditanya, mau kembali ke Makasar atau tidak? Tentu saja iya dan iya. Apalagi jika mendapatkan voucher diskon menginap sebesar 70% di Hotel OYO Makassar. Saya tak mampu menolak! Lalu apa saja yang akan saya lakukan di Makassar?

Berwisata Kuliner

kompasiana.com

Satu hal utama yang membuat saya ingin sekali kembali ke Makassar adalah kulinernya. Saya belum puas berwisata kuliner di sana. Coto Makassar, Sop Konro, Pallu Basa masih terus terngiang-ngiang karena belum sempat berkunjung ke restoran atau warung makan yang tersohor di sana. Jika sudah ke sana pasti saya akan tersihir dengan rasanya yang lezat. Saat itu, saya ke Makassar tidak bersama suami sehingga kalau saya mendapat rezeki untuk ke sana lagi maka saya akan pergi bersama lelaki kesayanganku  itu.

City Tour in Makassar

nativeindonesia.com

Satu hal yang ingin saya lakukan di Makassar adalah city tour. Saya ingin berkeliling dan mengunjungi tempat-tempat terkenal di sana seperti menikmati sunset di Pantai Losari, belajar sejarah di Benteng Fort Rotterdam dan museum-museum yang ada di kota Makassar, pokoknya banyak hal yang bisa dilakukan di Makassar makanya saya mau banget balik ke sana. Kegiatan city tour di Makassar pasti menjadi hal yang tidak akan aku lupakan seumur hidup.


Jika sudah booking hotel murah di Makassar maka selanjutnya saya akan memesan tiket pesawat yang disesuaikan dengan hari cutiku dan suami. Selanjutnya, packing dan menyusun itinerary perjalanan yang lengkap selama di sana. Siapa yang sudah pernah memesan hotel di OYO? Yuk share pengalamannya di kolom komentar ya. Coba deh follow akun twitter dan Instagram OYO seperti aku ini biar dapat info-info menarik tentang hotel murah dan berbagai promonya.

Following Akun Instagram OYO

Following Akun Twitter OYO

Selamat mencoba ya kalau belum pernah pakai aplikasi OYO. Happy traveling good people!




Komentar

  1. Beruntung banget Mbak udah bisa sampai ke Toraja dan Bira, aku pengen bangeet tapi belum kesampaian ke sana :D Ke Selayar juga pengen. Kalau ke Makassar, aku paling senang dengan kulinernya yang enak-enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya nekat mba.. untung banyak temen yg mau ke sana juga jadinya beneran cus ke sana

      Hapus
    2. Kalau sama teman, anti wacana-wacana club ya Mba. Senang kalau bisa traveling dengan teman-teman. Semoga aku bisa berkunjung ke Makassar lagi.

      Hapus
  2. Duh coto dan palubassanya bikin kangen kampung halaman di sulawesi.. :(:(:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh bang day orang sulsel ya? Di Sulsel mananya? Cuus mudik haha

      Hapus
  3. Wuah wish list ku adalah je roraja menikmati adat dan pemandangan alamnya, sumpah cantik banget langitnya😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak.. ini destinasi wajib menurutku.. seenggaknya kudu seumur hidup sekali ke sulawesi selatan

      Hapus
  4. Aduh pengen banget ke Toraja. Alhamdulillah Mbak berhasil lebih dulu ke sana. Banyak pengalaman berkesan pastinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh.. ada gunung juga di sulsel.. cuus ke sana hehe cobain daki gunungnya

      Hapus
  5. Menikmati coto makassar langsung di kotanya sebagainya pasti berbeda banget, lebih menghayati dan mendalam.

    BalasHapus
  6. Toraja bagus yaa, sering denger keindahan Sulawesi sayang belum pernah sama sekali menginjakkan kaki ke daerah Timur, huhu. Dr dulu penasaran, yg bedain coto sama pallubasa tuh apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda di bumbu sama cara makan. Kalo pallubasa warnanya lebih coklat pekat dan makannya sebaiknya pake buras. Kalo coto kayak soto biasa cuma ada beda bumbunya dikit da makannya pake nasi. itu sih setauku hehe

      Hapus
  7. Aku baru dengar ada OYO. Jadi OYO itu membantu banget ya buat booking hotel. Tapi sudah tersedia di mana2 ya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak.. jauh lebih murah harganya.. seratus ribuan hotelnya udah bagus

      Hapus
  8. Aku juga kemaein mesen oto waktu ke sby. Emang murah banget. Apalagi mesen di app agoda justru lebih murah daripada appnya sendiri. Aku ada share tulisannya di blogku 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bole tuh share link kak.. nanti aku baca.. jadi penasaran nih

      Hapus
  9. Oyo memang murah ya, solusi banget buat menekan budget traveling, dan udah tersedia di banyak kota. Tapi aku belum pernah coba sih, next traveling deh dicoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain kak.. jauh lebih murah.. sebagian besar harganya seratus ribuan tapi hotelnya bagus

      Hapus
  10. Ku main ke makassar dulu cuma bentar doang :'

    cuma ke losari sama rotterdam gitu ya namanya :"

    tapi asyik sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah aku malah pengen begitu.. waktu itu kurang lama di makassar.. pengen nikmatin sore di pantai losari

      Hapus
  11. rekan kerjaku dulu orang Toraja asli suka dengan budayanya yang masih kental di sanahehehe..btw aku tahu OYO belum pernah nginep tapi :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata temenku emang adatnya begitu mba kalau misalnya saat itu belum ada uang maka bisa ditebus lain waktu sampe bisa kebeli kerbau seingatku gitu sih yang acara kematiannya

      Hapus
    2. Wah bener tuh teh herva.. Adat mereka unik banget.. semoga tetap lestari jadi ciri khasnya tidak hilang

      Hapus
  12. Senangnya sudah sempat jalan-jalan ke Makassar. Semoga bisa kembali ke sana lagi ya. Adik saya sudah setahun ini merantau di Makassar, kalau ada rejeki pengen banget bisa mengunjungi dia ke sana dan berwisata di Makassar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kudu kak ke Makassar.. Aku aja pengen ke sana lagi kalo ada rezeki

      Hapus
  13. OYO murah banget, bisa cuma nginep hanya dengan 80 ribu rupiah namun dengan fasilitas yang lumayan oke lho. Di Bandung udah banyak nih hotel OYO tapi aku belum pernah coba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii iya aku pernah nginep di OYO Bandung.. Cuma seratus ribuan tapi hotelnya bagus

      Hapus
  14. Kulinernya harus dicoba juga nih. Belum pernah coba coto. Kalau soto sih sudah sering dan beraneka ragam hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuuus teh.. coba cari di Bandung atau Jakarta kalo lagi main ke dua kota ini...

      Hapus
  15. Sudah sempat install OYO tapi belum pernah cobain.... pilihannya banyak, ya, ternyata? Sempat baca beberapa review teman, dari hotel murah sampai promo penginapan yang lumayan mewah di kawasan wisata ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah cepetan dicobain mbak.. Hotel-hotel di jakarta aja bagus dan murah...

      Hapus
  16. Aku seringkali pakai berbagai aplikasi, sih, untuk menemukan tempat dengan harga dan fasilitas juga lokasi terbaik. Wkwk, seringkali si OYO ini lokasinya dekat banget dengan lokasi wisata, jadi aku sering pakai. Di dekat rumahku sendiri, seingatku ada 2 OYO.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asik banget ada OYO dekat rumah hihi kalo aku sih misal lagi bete di rumah mending tidur di hotel oyo itu

      Hapus
  17. Pengalaman menginap seperti ini menyenangkan ya mbak, dan gercep juga tahu gitu wah pesen mengenalnya lewat hotel OYO aja, jadinya nggak bikin perasaan cemas nanti malam bobo dimana hihi

    BalasHapus
  18. Aku udah coba experience pesan hotel via OYO, lebih murah kerena OYO sering kasih promo atau diskon, malah kemarin amazed bgt dpt kamar tipe superior dgn harga yg murah bgt

    BalasHapus
  19. Belum pernah nyobain nginep di OYO nih, menurut beberapa temenku sih asik soalnya banyak promo dan nyaman juga, ah jadi ingin nyobain.

    BalasHapus
  20. Liburan jadi mudah krn ada OYO ya mbak.. Selain itu seneng banget bisa liburan ke toraja.. Di sana pasti kagum sama keindahan adatnya.. Duh jadi ngiler liat kulinernya hehehe..

    BalasHapus
  21. Oyo ini keren. Bahkan ada yg ada kolam renang tapin harganya terjangkau. Recomended euy

    Mau juga kulineran dan travelling. semoga ada kesempatannya

    BalasHapus
  22. aku penasaran sama pallubasa gimana rasanya. Kayaknya jadi makanan khas sekaligus makanan favorit di sana ya. Aku belum pernah nyobain nginep di oyo nih, selama ini cuma wacana aja, ngajak suami, tapi dianya sibuk terus.

    BalasHapus
  23. Kayaknya banyak banget ya mbak yg pake app OYO ini, dan kelihatan membantu banget. Aku jadi penasaran nih bepergian sama OYO

    BalasHapus
  24. Hotel OYO ini membantu banget deh untuk pesan budget hotel, soalnya aku juga akhir bulan nanti mau traveling dan pesan hotelnya pakai OYO.

    BalasHapus
  25. Recommended juga yaah Mbak pakai OYO. Aku belum pernah coba sih hehe. Btw sebagai kota besar Makassar punya datlya tarik sendiri yaah

    BalasHapus

Posting Komentar