Langsung ke konten utama

Masak Praktis House Kari ala Jepang

Chef Renayku


Siapa yang suka kari? Pasti tau kari kan?

Kari atau Kare adalah hidangan berkuah yang medok dengan bumbu rempah-rempah. Cita rasanya tajam dan pedas. Ternyata, Kari ini berasal dari Asia Selatan, khususnya India yang meluas ke berbagai negara karena adanya mobilisasi manusia. Orang-orang India dan Asia Selatan lainnya biasa memakan kari dengan Roti Cane atau Roti Parata. Kalau pecinta film India pasti tidak asing dengan nama Roti Parata.

Makanan ini memang identik dengan ayam yang dikenal dengan nama Kari Ayam. Namun ternyata, bumbu kari bisa juga lho dimasak dengan berbagai bahan makanan seperti ikan, daging sapi, daging kambing, dan daging-daging lainnya. Pasalnya, bumbu kari yang lezat dan takarannya yang pas akan membuat berbagai bahan makanan menjadi super lezat. Sudah mulai ngiler belum bayanginnya?


Event Momderful, Wonderful Spicy Dish by House Kari ala Jepang

Momderful Spicy Dish
Momderful Spicy Dish


Kari termasuk makanan favorit saya. Makanan berbumbu medok ini sangat lezat untuk dinikmati kapan saja, terutama selagi masih hangat. Alhamdulillah, saya terpilih menjadi salah satu peserta acara “Momderful, Wonderful Spicy Dish by House Kari ala Jepang.” Seneng banget deh karena saya bisa dapat informasi cara memasak kari yang mudah dan cepat. Acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 29 Desember 2020 melalui Instagram Live. Kalau kalian follow Instagram saya @renayku pasti tau dong karena saya pernah post woro-woro tentang acara ini.

Instagram Live
Instagram Live @dapurkarialajepang

Acara berdurasi sekitar 1 jam ini menghadirkan seorang Chef bernama Putri Habibie dengan akun Instagram @PutriHabibie yang piawai dalam memasak hidangan simple dan praktis. Chef Putri memeragakan cara memasak Taco Curry dengan mudah dan cepat. Wow banget deh! Aku gak sabar mau recook menu ini. Sudah membayangkan betapa lezatnya House Kari ala Jepang Spicy.

Sebelumnya, ada penjelasan dulu dong tentang produk House Kari ala Jepang. Ternyata produk ini sudah mendapat sertifikasi halal sehingga para muslim boleh mengonsumsinya. Ada yang nanya, olahan Kari Jepang Halal ini boleh untuk MPASI kah? Ternyata tidak disarankan moms. Soalnya produk ini berbahan dasar MSG atau penyedap rasa gitu walau hanya sedikit. Kalau untuk orang dewasa, ini bisa jadi keunggulan karena masakan akan lezat tanpa terkecuali.


Recook Menu Taco Curry ala Chef Putri Habibie

Masak praktis dengan bumbu House Kari ala Jepang cocok banget untuk wanita karier yang tetap harus menyiapkan makanan untuk keluarga. Berhubung Chef Renayku (hahaha becanda deh) sudah mencari Taco ternyata sulit didapatkan. Finally, Taco boleh diganti menjadi Roti. Akhirnya, aku memakai roti gandum karena warnanya kecoklatan sehingga agak mirip Taco (maksa hahaha).


Resep Asli Japanese Curry Taco ala Putri Habibie

Bahan-bahan yang diperlukan:

·      Bumbu Kari Jepang Pedas dari House Kari ala Jepang

·      1 bawang Bombay (iris kecil-kecil)

·      1 wortel (potong kecil-kecil)

·      350 gr daging sapi (cincang daging seperlunya)

·      Soft Taco/Taco Shell siap pakai

·      Selada (iris secukupnya)

Cara Membuatnya

1.    Tumis wortel dan bawang Bombay hingga harum.

2.    Masukkan daging, masak hingga berwarna kecoklatan.

3.    Tuangkan air dan aduk hingga mendidih.

4.    Matikan api, lalu masukkan curry block. Aduk hingga larut dan mengental.

5.    Sajikan dengan Taco Shell dan Selada.

6.    Tacos Curry siap disajikan.


Saatnya recook menu Curry Taco dengan bumbu Kari Jepang Halal. Ada sedikit perbedaan dari bahan-bahan dan cara memasaknya. Menurutku, masak itu sesuai selera dan keyakinan masing-masing. Jadi. ada cara memasaknya Chef Putri yang tidak aku ikuti karena kurang yakin dengan rasa dari hasil masakanku.

Inilah resep Roti Gandum dengan bumbu Kari Jepang Pedas ala Chef Renayku. Moms, boleh ikuti resep yang diinginkan ya. Versi Chef Putri atau versi aku ini. Check it out!

Bahan-bahan yang diperlukan:

·      Bumbu House Kari ala Jepang Spicy

·      1 bawang Bombay (iris kecil-kecil)

·      2 wortel (potong kecil-kecil)

·      Setengah kg daging ayam fillet dada (potong kotak-kotak kecil)

·      Roti gandum dipotong segitiga

·      Tomat (iris secukupnya)

·      Garam

·      Gula


Cara Memasaknya

·      Tumis bawang Bombay hingga harum dan layu.

·      Masukkan irisan wortel dan tumis hingga layu.

·      Masukkan daging ayam fillet, masak hingga berwarna kecoklatan.

·      Tuangkan air dan aduk hingga mendidih.

·      Masukkan curry block, lalu aduk hingga larut dan mengental. Ketika memasukkan curry block ini, aku tidak mematikan api di kompor karena kurang yakin bumbu karinya bisa larut dan mengental dengan sempurna.

·      Setelah itu, aku menambahkan garam dan gula. Setelah dicicipi sebelumnya, ada rasa yang kurang kalau tidak diberi garam dan gula. So, aku kasih garam dan gula. Voila, rasanya mantul. Suamiku aja suka banget, dia makan pake nasi. Inilah penampilan Chicken Curry sebelum ditata dalam roti.


Chicken Curry ala Renayku 


Sajikan dengan roti gandum dan tomat. Jeng jeng jeng… Roti Kari Ayam dengan Bumbu Praktis Kari Jepang Halal siap disajikan. Inilah gambarnya kalau penasaran dengan hasilnya.


Roti Kari Ayam
Wheat Bread Curry ala Renayku


Wuah senangnya, masakanku sudah selesai. Suamiku suka banget sama hasil masakanku. Semangat banget makannya, sampe nambah nasi hahaha… intinya, bumbu Kari ala Jepang Spicy deh yang bikin masakan kari ayamku enak. Btw, kari tuh bisa dimakan dengan apa aja enak deh. Nasi, roti, taco, kentang, dan menu karbohidrat lainnya sesuai selera. Udah deh daripada ngiler ya Cuma liatin artikel ini, mending kalian masak sendiri di rumah. Happy cooking!

 





Komentar

  1. Praktis banget sih ya kari bumbu Jepang enak dan halal ga?

    BalasHapus
  2. Jadi laper nih. House kari ala Jepang memang mempunyai pesona tersendiri bagi penikmat penyuka makanan kari

    BalasHapus
  3. Wah kelihatan enak sekali yaa jadi pengen coba bikin drmh

    BalasHapus
  4. Enak nih, masak Kari jadi mudah ya mba dengan bumbu house kari ala Jepang, rasanya gak kalah sama yg pernah saya beli di luaran.

    BalasHapus
  5. saya penasaran taco itu apa? tapi tadi udah googling sih, soal'e baru tahu ini :D
    kayaknya menggoda niih makanannya Mbak, enak banget nih dimakan saat sarapan ya atau sekalian brunch jadi kenyang deh ya :)

    BalasHapus
  6. Pertama liat produk House Kari ala Jepang ini di ecommerce, masih bingung mau masaknya gimana. Tapi pas liat resepnya berseliweran di IG jadi tertarik buat nyoba juga nih

    BalasHapus
  7. Aku juga paling doyan kari. Apalagi roi maryam khas India yang pake kari itu. Ini btw Bumbu Kari Jepang Pedas dari House Kari ala Jepang bisa didapat di mana Kak?

    BalasHapus
  8. makanan Jepang tuh favoritku sama anakku, kayanya mau coba ah cari si bumbu kari jepang ini pasti happy deh anakku aku kasih suprise dimasakkin makanan Jepang

    BalasHapus
  9. Setuju banget kalau masak itu sesuai selera dan keyakinan masing-masing aja, resep orang lain hanya patokan. Kita bisa kreasikan sendiri.
    Cara masaknya cukup mudah ya mbak, terlihat enak untuk menu sarapan

    BalasHapus
  10. Praktis banget ya mba, pas kalau aku lagi gak sempat masak di dapur hidangkan menu ini. Selain bikin kenyang dan pasti keluarga suka dong..

    BalasHapus
  11. Mantul banget ini menggunakan kari Jepang nya, daku pun suka sama rasanya yang ada spicy nya bikin seger

    BalasHapus
  12. wah jadi pengen coba jugaa.. praktis ya mba, seger deh kya nya, apalagi habis hujan begini ^^

    BalasHapus
  13. Wah aku suka juga sama bumbu kari yang satu ini mbak. Stok ada di rumh. Kalau pas kepengen kari ala jejepangan langsung deh masak pakai in. Tapi blm pernah modif2 resep lainnya sih hehe. Jd pengen bikin kreasi makanan lain jg deh

    BalasHapus
  14. Salah satu comfort foodku yang masaknya gampang banget, curry rice Jepang. Tinggal tambahin chicken katsu atau ebi furai, udah jadi masakan ala restoran :D Aku belum pernah coba sih bumbu House Kari ini. Terima kasih rekomendasinya Mba.

    BalasHapus
  15. Waah penasaran nih jd pengen coba jg kalo praktis gini enak ya ;)

    BalasHapus
  16. Waah cemilan kita sama nih Mbak. Aku juga masak pakai House Kari ini praktis banget tinggal cemplung-cemplung.

    BalasHapus
  17. Saya udah nyobain mbak, masakan kari ku jadi enak banget, seenak restoran. Suami aja makan jadi nambah lagi dan mau dimasakin pake House Kari ala Jepang ini.

    BalasHapus
  18. Blum prnah bkin nih klo curry jepang, paling cma bkin katsu, klo pake bumbu sndiri bahan2nya apa ya mba

    BalasHapus
  19. plating Wheat Bread Curry nya cantik banget kak :D pasti rasanya juga enaaaaak

    BalasHapus
  20. Waaaah iyaa yaa, bisa juga pake roti giniii. Kapan2 aku bikin utk temennya roti aaah :D.

    Aku suka segala macam karu2an mba. Kari sumatra, kari India sampe kari jepang yg memang lebih light. Tiap kali ke Jepang, ini salah satu kuliner yg biasa aku cari :D. Pernah liat sih blok karinya ini, tp blm prnh coba bikin sendiri. Ntr mau ikutin resepnya ah ;)

    BalasHapus
  21. Wah, ternyata bisa disajikan kayak gini juga ya selain dimasak buat pendamping nasi gitu. Pengin cobain juga ah.

    BalasHapus
  22. Gara-gara temen temen banyak posting kari ini bikin aku mupeng dan hunting. Kepo sama rasanya mba wkwk. Kebayang nom nom nom

    BalasHapus
  23. Aku belum pernah nyobain masak pakai House Kari a la Jepang, mbak. Kepengen banget ah bikin resep seperti mbak di tulisan ini, sepertinya mudah hehehe. Pakai roti atau nasi bakalan yummy deh rasanya, pedas2 gitu ya hmmm jadi mau sekarang :) Di supermarket ada ya?

    BalasHapus
  24. Paling suka ikutan event kalau ada masak2nya yah walaupun gk jago masak tpi suka lihat proses masaknya. Kapan2 mau cobain resep ala mba

    BalasHapus
  25. terimakasih ulasannya. langsung saya saveee buat coba masak. penggemar berat sama namanya kariii

    BalasHapus
  26. Aaakk, mupeng banget untuk re-cook!
    Alhamdulillah ada Resep Asli Japanese Curry Taco ala Putri Habibie
    Syukaaak, makasii yak

    BalasHapus
  27. Bumbu kari yang satu ini emang enak banget rasanya. Aku pernah nyoba dan ketagihan

    BalasHapus
  28. sebagai penggemar makanan berbumbu dan berkuah, ini adalah salah satu menu yang bikin penasaran, aku jadi kepengen cobain masaknya juga

    BalasHapus
  29. Auto simpen artikel ini untuk saya praktik di rumah nanti ahh, bahan2 nya cukup mudah ditemui di tempatku.

    BalasHapus
  30. Wah pas lagi nyari kare aku nemu iniii, jadi makin penasaran mau cobain. Praktis banget ya

    BalasHapus
  31. Aku suka banget Kari, apalagi khas Jepang pasti kaya rasanya. Duh, jadi laper lihat picnya. Kayanya kalau bikin juga engga susah, ya, praktis soalnya

    BalasHapus
  32. Pas bamget nih. Kebetulan aku pecinta makanan yang berupa olahan roti tawar. Enak juga kayaknya ya kalau bikin roti tawar diginiin.

    BalasHapus
  33. nggak perlu ikan, daging atau ayam, kek tahu dan tempe juga bisa kali ya mbak? aku suka rasa kari ini, kaya akan rempah soalnya

    BalasHapus
  34. Kari Jepang seperti ini di resto fast food ala Jepang di mal di Jakarta bisa hampir 100 ribu per porsi. Dan cuma semangkuk aja dapatnya ..Maka jika ada bumbu Kari House ala Jepang, lebih hemat jadinya. Modal sama bisa buat serumah

    BalasHapus
  35. Keliatannya lezat ya, Mba. Saya jadi pengen recook juga tapi saya gak pandai masak, pandainya makan doang ahahah. Saya sendiri suka makan kari ayam pake nasi, rasanya gak lengkap kalo gak ada nasi huhu.

    Kapan-kapan mau coba masak Kari Ala Jepang, artikelnya aku bookmark :D

    BalasHapus
  36. Nampaknya enak kali ya mbak... Kirim-kirim ke sini dong kalau buat di rumah, biar saya juga ikut cicip. Hehehe...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Pledge to God, Drama Korea yang Menyayat Hati

Anneyeong haseo chingu , Kali ini, aku mau share tentang  A Pledge to God , Drama Korea yang Menyayat Hati. Awalnya iseng, cari-cari di Viu karena udah bosen dengan drakor yang hits kayak Crash Landing on You (CLOY) dan The World of Married . Gak sengaja, benar-benar lagi iseng-iseng aja scroll daftar drakor di VIU, eh tau-tau muncul A Pledge to God. Padahal ini bukan drama baru karena mulai tayang ( kalo aku mulai tayang ama dia kapan ya? wkwk ) di MBC TV Korea selatan pada 24 November 2018. Baca sekilas sinopsisnya langsung jatuh cinta dan penasaran dengan jalan ceritanya. Cover A Pledge to God (Sumber: Asianwiki.com) Aku suka banget drakor yang sedih binti mengharukan gitu. Terngiang-ngiang sama ceritanya Endless Love (Autumn in My Heart ). Film yang dibintangi oleh Song Hye Kyo, Song Seung Heon, dan Won Bin benar-benar everlasting story deh. Mau nonton berapa kali juga ujung-ujungnya mewek. Nah sama nih, nonton drakor ini juga bawaannya pengen mewek. Oke cukup, yuk lanjut

Tuntaskan Ambeien dengan Ambewas

Duduk terasa tidak nyaman dan bokong sering berdarah adalah ciri-ciri utama seseorang menderita ambeien atau wasir. Ketidaknyamanan juga kerap terasa ketika buang besar karena anus biasanya terasa gatal dan panas. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan atau peradangan pembuluh darah di ujung usus (rectum) dan anus.  Ambeien terdiri dari 2 jenis, yaitu ambeien internal dan eksternal. Penjelasannya sebagai berikut. Internal haemorrhoid adalah jenis ambeien yang muncul di dalam saluran rectum dan tidak terasa nyeri, tetapi bisa menyebabkan feses berdarah. External hemorrhoid adalah jenis ambeien yang muncul di luar anus, terasa gatal atau nyeri, bahkan terkadang bisa robek dan berdarah. Sumber: halodoc.com Penyebab dan Faktor Pemicu Ambeien Pada dasarnya, ambeien bisa muncul karena berbagai kebiasaan sehari-hari seperti mengejan saat buang air besar atau terlalu lama duduk di toilet. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa mengganggu aliran darah sehingga darah akan menggumpal dan akhir

Ibis Style Hotel Jakarta Simatupang Benar-Benar Family Oriented

Alhamdulillah, Saya senang sekali bisa ikutan acara  #IHBLimaTahun, Sabtu 28 September 2019. Kalau diadakan pada weekday  pasti aku cuma bisa gigit jari karena harus bekerja.  Awalnya aku penasaran kenapa ya acaranya diadakan di hotel? Akhirnya rasa penasaranku terjawab setelah acara dimulai.  Usut punya usut Ibis Style Hotel Jakarta Simatupang ingin memperkenalkan diri ke khalayak karena hotel ini baru beroperasi secara resmi pada 15 Juli 2019 dengan menjadi sponsor utama acara ini. Hip hip hooraay... ^____^ Acara inti perayaan milad Indonesia Hijab Blogger (IHB) dimulai sekitar pukul 10 sesuai jadwal. MC acaranya adalah Kak Elly Nurul yang sudah aku tahu karena dia juga blogminceu IHB WAG. Acara utamanya berupa talkshow dengan beberapa pembicara keren yang diulas sebagai berikut. 1. Kak Andiyani Achmad Kak Aie (panggilannya) membahas tentang Optimasi Media Sosial dengan judul " How to Promote Your Content Through Social Media ". Selain seorang blogger, Kak Aie j