Langsung ke konten utama

Waspadalah, Air Galon Palsu Merajalela

Waspadalah, Air Galon Palsu Merajalela. Serem gak baca judulnya? Pastinya ya, tetapi sayangnya hal ini benar-benar nyata dan terjadi. Pasalnya, pemalsuan air galon palsu sangat mudah dilakukan. Aku sangat kaget ketika baca twitnya Devina Hermawan. Was-was dan cemas tentunya saja aku rasakan. Pikiran-pikiran negatif tentang kemungkinan bahwa aku mungkin pernah menjadi salah satu korbannya terus muncul.

Sumber: imcnews.id


Masalah yang Terjadi

Asli, aku parno banget nih. Aku mulai cari tahu tentang cara memeriksa air galon asli dengan air galon palsu. Sudah banyak terjadi, galonnya memang asli, tetapi ternyata isinya adalah air oplosan yang tidak jelas dari mana asalnya. Faktanya, pemalsuan air galon ini sudah terjadi sejak tahun 2016. Hih serem banget!

Hal yang semakin menyeramkan adalah pengecekan galon asli atau palsu dengan menyamakan nomor produksi di galon dan tutupnya ternyata tidak valid. Faktanya, tutup galon bisa dibuka dengan mudah sehingga isinya bisa dipalsukan atau dioplos. Jangan langsung yakin ya kalau beli air galon hanya dengan melihat kemasannya secara sekilas.

Ciri yang mengecoh lainnya adalah badan dan tutup galon asli, tetapi isinya palsu alias bukan air mineral yang asli dan jernih. Duh, semakin membuatku bergidik nih. Bener-bener serem deh! Kita benar-benar sulit untuk membedakan mana yang asli dan palsu karena semua terlihat asli dan dalam keadaan baik jika dilihat galonnya saja.

Pentingnya Mengonsumsi Air Mineral yang Asli

Maraknya air galon palsu tentunya harus diwaspadai karena air yang dimasukkan ke dalam galon tidak bisa diketahui kebersihan dan kemurniannya. Ada banyak bahaya mengintai ketika kita minum air galon oplosan karena air tersebut rentan terkontaminasi bakteri, virus, dan bahan kimia berbahaya.

Penyakit-penyakit yang mungkin timbul antara lain diare, muntaber, tifus, dan penyakit berbahaya lainnya. Oleh sebab itu, bahaya seperti ini harus diwaspadai terutama oleh para ibu yang memiliki anak kecil. Adakah ciri-ciri air mineral asli dengan air palsu? Tentu saja ada.

Menurut dokter Yeni Wulandari di tribun news.com. air mineral yang diperjualbelikan harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Air mineral yang layak minum harus lulus berbagai macam tahapan yaitu penyaringan, disinfeksi, dan pembersihan kemasann (galon). Jika ada salah satu tahap yang terlewat, air tersebut bisa jadi tidak bisa diminum.

Sumber: batam.suara.com

Selanjutnya, air minum yang aman dan sehat harus memenuhi tiga syarat. Pertama, air minumnya tidak berwarna. Kedua, tidak berbau. Ketiga, tidak berasa. Air mineral palsu biasanya berwarna keruh, sering timbul bau yang kurang enak, dan menimbulkan kesat seperti ada debu-debu menempel di langit-langit mulut.

Pernah merasakan salah satu hal tersebut? Berhati-hatilah, air yang diminum mungkin saja termasuk air mineral palsu. Untuk menghindari hal tersebut, kita sebaiknya membeli air galon mineral di toko-toko resmi yang menjual air mineral asli. Cara mudahnya untuk mencirikan toko resmi adalah kita bisa melihat mobil yang mengantar produk, apakah mobil berlogo air mineral tertentu atau tidak.

Cara Memastikan Air Mineral Asli Atau Palsu

 Jika pengecekan galon dengan nomor produksi tidak valid, lantas apa yang bisa dilakukan? Kita sebagai orang awam pasti bingung. For your information, ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk memeriksa keaslian air galon. 

Sumber: indozone.id


Pertama, konsumen tidak boleh terjebak dengan merek dagang besar. Jangan langsung yakin jika air mineral yang diminum itu asli sebelum memeriksa tanggal kadaluarsa dan izin produksinya. Selain itu, kita juga memastikan tutup galon tidak bocor. Jika ada kebocoran, bisa jadi tutupnya ditukar atau dibolongi untuk diisi dengan air oplosan.

Kedua, coba kocok atau guncang-guncang galon. Jika air berubah menjadi keruh, kita perlu waspada. Air tersebut tentu saja berbahaya untuk diminum. Bisa dipastikan, airnya adalah air oplosan. Selain menjadi keruh, aroma atau baunya juga bisa muncul karena kotorannya bercampur dengan air akibat diguncang.

Ketiga, pastikan alur pembuka tutup galon masih baik atau tidak sudah dibuka ketika membuka segelnya. Droplet untuk alur membuka bisa dipastikan dengan mengecek seluruh bagian tutup galon masih dalam keadaan terkunci dengan baik dan rapi.

Keempat, cek kode ganda. Pastikan kode produksi yang ada di tutup sama dengan di badan galonnya (lekukan pertama atau ketiga setelah bahu galon). Jika sudah sesuai atau benar, air mineral galon bisa dipastikan asli.

Air mineral oplosan bisa saja ditemukan kode yang berbeda-beda karena si pengoplos mungkin asal memasang tutup dengan badan galonnya. Ini bisa menjadi celah untuk kita memeriksa keaslian air mineral dengan lebih mudah.

Jadilah Konsumen yang Bijak

Maraknya pemalsuan air galon mineral ini seharusnya kita waspadai sehingga diri sendiri dan keluarga tidak terkena dampak buruknya. Air oplosan tidak bisa dipastikan kebersihan dan kemurniannya. Ada banyak bakteri berbahaya seperti E.coli dan Giardia lamblia yang bisa menyebabkan diare dan infeksi saluran pencernaan.

Jika dibandingkan dengan air rebusan, air oplosan ini tentunya jauh lebih berbahaya karena bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya tetap ada. Berhati-hatilah ketika membeli air galon dengan merek tertentu karena kita tidak bisa memastikan dengan tepat secara kasat mata.

Hal yang tentunya semakin membuat cemas adalah pihak merek air mineral terkenal juga masih dalam tahap mengimbau dan belum bisa mengumumkan cara yang pasti untuk membedakan mana air galon asli dengan air galon palsu.

Sebagai konsumen, kita harus membeli di toko atau agen air yang resmi sehingga air galon yang dijual sudah pasti asli. Sesekali kita harus memerhatikan juga cara agen atau toko tersebut memasok air galon. Jika mobil brand tertentu yang sering datang, berarti agen tersebut bisa dipercaya. Waspadai bahaya air galon oplosan ada di sekitar kita!

 


Komentar

  1. Aku sungguh penasaran. Ini para pemalsunya itu isi otaknya apa, ya? Mikir jauh gak sih selain cuan cuan cuan? Dia minum air kemasan palsunya sendiri atau enggak? Gemess.

    BalasHapus
  2. Informasinya bermanfaat sekali. Saya biasanya beli galon asal saja gak sampai cek asli apa palsu. Mulai sekarang jadi waspada nih buat teliti pas beli.

    BalasHapus
  3. Ngeri ya ampuunn sampai air minum aja dipalsukan --" pinter plus nakal banget memang oknum-oknum tersebut. Depot isi ulang air mineral itu sendiri yang kemarin digrebek ternyata dekat sama rumah teman saya. Ampun deh bisa nggak ketahuan gitu ya..

    BalasHapus
  4. Ya ampun, air galon saja dipalsukan, tambah ngeri aja sekarang...Memang mesti hati-hati dan teliti. Beli di agen resmi dan periksa sebelum membeli

    BalasHapus
  5. Serem banget ya. Air aja dipalsukan. Harus lebih waspada banget deh pilih Air minum kemasan yang asli.

    BalasHapus
  6. Waduuh, benar-benar seram nih Mbak, secara saya di rumah pakai air galon isi ulang karena anak-anak udah cocok dengan air galon ketimbang air biasa yang dimasak gitu. Harus lebih teliti lagi nih sebelum membeli. Gak apa-apa deh rempong cek-cek yang penting aman.

    BalasHapus
  7. harus makin cermat nih. air adalah sumber kehidupan, yang udah dipalsukan tentu kualitasnya beda dengan yang asli, bisa jadi ada mikroorganisme yang berbahaya bagi kesehatan.

    BalasHapus
  8. Jadi kita harus memilih air galon yang berkualitas bagi keluarga kita semoga dihindarkan dari air galon palsu aamiin

    BalasHapus
  9. Harus benar-benar selektif dan waspada akhir-akhir ini begitu banyak modus baru yang merugikan lingkungan

    BalasHapus
  10. Serem banget memang modus seperti ini bener2 merugikan masyarakat, sebagai konsumen memang harus lebih jeli dan teliti lagi agar tidak merugikan kita dan keluarga

    BalasHapus
  11. duh biasanya saya yang penting ada segelnya saya kira sdh aman. ternyata masih ada kompenen yang lain yang perlu dicek sebelum mengonsumsi airnya...

    BalasHapus
  12. Aduh jadi khawatir air minum galon d rmh asli apa nggak ya. Senoga aja ygbjual jujur sambil aku mau cek kembali keasliannya. Makaaih infonya mom

    BalasHapus
  13. bener banget, gak nyangka ya ternyata air galon sekelas merk terkenal yang udah lama juga tetep bisa dipalsukan, sedih banget :(

    BalasHapus
  14. kaget banget bahkan air galon aja ada yang malsuin, bener banget perlu waspada nih

    BalasHapus
  15. Eh baru tau ada yang palsu. Padahal keluargaku minum juga air galon. Duh makasih ya infonya, harus lebih jeli nih sekarang, harus cek bener-bener deh.

    BalasHapus
  16. waspada dan bijak adalah kunci ya, biar gak kena tipu air galon palsu yang semakin merajalela ini karena banyak orang yang di luar sana memanfaatkan celah untuk meraup keuntungan lebih bagi mereka :(

    BalasHapus
  17. Aku udah bertahun-tahun ga pake galon, kalau kebutuhan air minum selalu dari air rebusan. Baru tau ternyata marak juga penipuan galon, serem banget buat kesehatan

    BalasHapus
  18. Noted banget, ciri air galon asli tidak keruh, tidak berbau, tidak ada rasa ya mba. Itu tips membedakan galon palsunya juga aku catetin. Suka khilaf gak ngecek kode ganda di tutup sama badan galon.

    BalasHapus
  19. saya salahs atu pengguna galon untuk minum harian, suka ada khawatir tentang pemalsuan ini, jadi memang ita harus hati2 dan lakukan cek pada galon sebelum dibeli

    BalasHapus
  20. Nah ini kehati-hatian diperlukan saat membeli kemasan air galon.
    Ditelaah dengan baik ya, karena pengaruhnya berdampak pada kesehatan tubuh

    BalasHapus
  21. Ngeri banget sih. Dulu temen kos waktu kuliah pernah jadi korban juga. Ada yg berenang-renang di dalam air galonnya. Akhirnya ga beli lagi di tempat itu..

    BalasHapus
  22. Kok ngeri ya bacanya, harus waspada nih kalau mau beli air galon. Makasih infonya kak

    BalasHapus
  23. Bahaya juga ya kalau air isi ulang bisa dipalsukan. Anakku pernah mengalami sakit perut krn ternyata air isi ulangnya palsu.

    BalasHapus
  24. Duh semoga dijauhkan dari si galon palsu ini deh. Semoga air galon yang kubeli selama ini benar-benar asli. Segelnya sih aman. Makasih tipsnya ya.

    BalasHapus
  25. Galon palsu ini meresahkan banget, mana secara sekilas susah banget dibedainnya..
    Katanya sih melalui nomer seri yah? Tapi aku ga pernah merhatiin kalo beli, semoga aku sekeluarga ga pernah dapet galon palsu..

    BalasHapus
  26. Air galon palsu sudah sangat meredahkan. salah satu caranya kita terhindar ya dengan menjadi konsumen bijak.

    BalasHapus
  27. Seram kalau sampai konsumsi air galon palsu, bisa bikin sakit karena nggak jelas isinya air apa. Harus lebih hati-hati nih...

    Vita mamanesia.com

    BalasHapus
  28. Duh ada aja kelakuan, air minum juga di palsu? Emg harus beli di toko terpercaya & segel air mineral hrs di perhatikan ya 👍

    BalasHapus
  29. walah, sampai air galon pun dipalsukan. ya ampun :( memang kita sebagai konsumen harus benar2 teliti dan waspada. semoga oknum pemalsu cepat diberi hidayah untuk mencari rezeki yang halal

    BalasHapus
  30. Ngeri sih air galon palsu. Soalnya kita minum air sehari-hari dari galon kan. Yang palsu diragukan kesehatan dan kebersihannya, bisa jadinaumber penyakit. Belinya mesti di tempat yg dipercaya kalau saya mah

    BalasHapus
  31. Kalau sudah ketahuan ternyata air galonnya palsu bagaimana kak? laporkah? jika lapor, harus ke siapa?

    BalasHapus
  32. Wah jadi konsumen saat ini harus smart, check awal, tidak warna, bau, berasa, lalu cek berikutnya mulai dari expiry date dan izin produksinya. Wow.... gara orang yang tak bertanggung jawab cari untung dengan cara yang sangat mengerikan, kita harus berhati-hati.

    BalasHapus
  33. Ngeri juga ya kalo udah ngomongin pemalsuan. Kayaknya hampir semua produk yang kita pakai sehari-hari rentan untuk dipalsukan. dan sebagai customer kita yang dituntut untuk jeli serta waspada

    BalasHapus
  34. Harap harap cemas juga jadinya mengenai air galon di rumah. Asli gak ya... untungnya teman-teman yang mengulas info terkait air mineral palsu ini pada ngasih tips juga cara mengenalinya. Jadi bisa diminimalisir.

    BalasHapus
  35. Waduh ngeri juga ya, klu kita ga waspada jadi bisa2 kena tipu beli yg palsu, thanks ya sudah sharing

    BalasHapus
  36. Sekarang ini makin mengerikan, dari obat, ada air galon palsu juga. Dan memang harus hati-hati banget ya.

    BalasHapus
  37. Kalau dipikir-pikir, gimana sekarang ini penyakit gak semakin merajalela ya. Bahkan air minum yang kita konsumsi setiap hari pun sudah tidak baik.

    BalasHapus
  38. Udah sering banget baca berita begini, makin ngeri. Niat mau jaga kesehatan malah bikin tambah sakit.

    BalasHapus
  39. Cukup mengerikan ya kasus pemalsuan air galon begini. Apalagi bagi orang yang bergantung banget sama isi ulang air galon. Terus namanya air putih kan bisa dibilang sebagai kebutuhan pokok. Semoga masalah seperti ini segera mendapat perhatian.

    BalasHapus
  40. Karena aku anak kosan, aku lebih suka beli air Aqua yg 1,5L daripada beli yang galon besar. Karna waktu kuliah pernah ikut seminar dosen, yang mengatakan air galon hanya bagus dikonsumsi kurang dari 7 hari. Lebih dari itu sudah tidak bagus dikonsumsi lagi.

    Sebab itu aku lebih milih beli air 1,5L agar bsa langsung habis.

    BalasHapus
  41. sudah bukan isi baru air galon palsu. intinya hatus konsumen yang jeli dan bijak sebelum membeli

    BalasHapus
  42. Asli sih mba, ini beneran serem banget! Padahal aku niatnya beli galon ber merk biar terjamin kualitasnya. Tapi ternyata malah dioplos oleh orang yang nggak bertanggungjawab. Jadinya sekarang rebus dulu kalau mau minum air.

    BalasHapus
  43. Produsen air kemasan juga menurutku harus lebih kerja keras nih menciptakan galon yang tidak mudah dipalsukan

    BalasHapus
  44. ngeri yaa sekarang ini, bahkan air galon pun ada yang dipalsukan. kita sebagai konsumen dituntut untuk selalu berhati-hati dalam memilih semua yang akan dibeli

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Pledge to God, Drama Korea yang Menyayat Hati

Anneyeong haseo chingu , Kali ini, aku mau share tentang  A Pledge to God , Drama Korea yang Menyayat Hati. Awalnya iseng, cari-cari di Viu karena udah bosen dengan drakor yang hits kayak Crash Landing on You (CLOY) dan The World of Married . Gak sengaja, benar-benar lagi iseng-iseng aja scroll daftar drakor di VIU, eh tau-tau muncul A Pledge to God. Padahal ini bukan drama baru karena mulai tayang ( kalo aku mulai tayang ama dia kapan ya? wkwk ) di MBC TV Korea selatan pada 24 November 2018. Baca sekilas sinopsisnya langsung jatuh cinta dan penasaran dengan jalan ceritanya. Cover A Pledge to God (Sumber: Asianwiki.com) Aku suka banget drakor yang sedih binti mengharukan gitu. Terngiang-ngiang sama ceritanya Endless Love (Autumn in My Heart ). Film yang dibintangi oleh Song Hye Kyo, Song Seung Heon, dan Won Bin benar-benar everlasting story deh. Mau nonton berapa kali juga ujung-ujungnya mewek. Nah sama nih, nonton drakor ini juga bawaannya pengen mewek. Oke cukup, yuk lanjut

Tuntaskan Ambeien dengan Ambewas

Duduk terasa tidak nyaman dan bokong sering berdarah adalah ciri-ciri utama seseorang menderita ambeien atau wasir. Ketidaknyamanan juga kerap terasa ketika buang besar karena anus biasanya terasa gatal dan panas. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan atau peradangan pembuluh darah di ujung usus (rectum) dan anus.  Ambeien terdiri dari 2 jenis, yaitu ambeien internal dan eksternal. Penjelasannya sebagai berikut. Internal haemorrhoid adalah jenis ambeien yang muncul di dalam saluran rectum dan tidak terasa nyeri, tetapi bisa menyebabkan feses berdarah. External hemorrhoid adalah jenis ambeien yang muncul di luar anus, terasa gatal atau nyeri, bahkan terkadang bisa robek dan berdarah. Sumber: halodoc.com Penyebab dan Faktor Pemicu Ambeien Pada dasarnya, ambeien bisa muncul karena berbagai kebiasaan sehari-hari seperti mengejan saat buang air besar atau terlalu lama duduk di toilet. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa mengganggu aliran darah sehingga darah akan menggumpal dan akhir

Ibis Style Hotel Jakarta Simatupang Benar-Benar Family Oriented

Alhamdulillah, Saya senang sekali bisa ikutan acara  #IHBLimaTahun, Sabtu 28 September 2019. Kalau diadakan pada weekday  pasti aku cuma bisa gigit jari karena harus bekerja.  Awalnya aku penasaran kenapa ya acaranya diadakan di hotel? Akhirnya rasa penasaranku terjawab setelah acara dimulai.  Usut punya usut Ibis Style Hotel Jakarta Simatupang ingin memperkenalkan diri ke khalayak karena hotel ini baru beroperasi secara resmi pada 15 Juli 2019 dengan menjadi sponsor utama acara ini. Hip hip hooraay... ^____^ Acara inti perayaan milad Indonesia Hijab Blogger (IHB) dimulai sekitar pukul 10 sesuai jadwal. MC acaranya adalah Kak Elly Nurul yang sudah aku tahu karena dia juga blogminceu IHB WAG. Acara utamanya berupa talkshow dengan beberapa pembicara keren yang diulas sebagai berikut. 1. Kak Andiyani Achmad Kak Aie (panggilannya) membahas tentang Optimasi Media Sosial dengan judul " How to Promote Your Content Through Social Media ". Selain seorang blogger, Kak Aie j