Langsung ke konten utama

Healing Sejenak ke Telaga Sunyi Banyumas

 Hi bestie,

Lagi suntuk dan bosan dengan suasana Jakarta, aku dan sanak saudara berencana untuk mudik ke Banyumas. Alhamdulillah terlaksana dengan naik mobil pribadi, padahal tadinya kami berencana untuk naik kereta saja. Namun, omku bilang nanti susah mau jalan-jalan ke sana kalau gak bawa mobil. Kami semua setuju dengan gagasan cemerlang itu.

Kami memang niat mau eksplor kampung halaman. Dengar cerita dari beberapa tetangga di sana, ada telaga yang airnya sangat jernih dan suasananya asri. Kami menggali informasi lebih dalam tentang telaga tersebut. Usut punya usut, Telaga Sunyi namanya. Konon katanya, telaga itu benar-benar sunyi dan sepi karena jauh dari keramaian.

Setelah istirahat satu hari, kami langsung Healing Sejenak ke Telaga Sunyi Banyumas pada hari kedua. Ternyata benar cerita orang-orang, tempat ini sangat cocok untuk healing sambil merenung serta menenangkan hati dan pikiran. Masih sepi karena banyak orang yang belum tahu keberadaan tempat ini, termasuk warga lokal Banyumas sendiri.

Gerbang Masuk Telaga Sunyi

Telaga Sunyi terletak sekitar 2,8 km dari Lokawisata Baturraden. Lokasinya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor selama 10-15 menit saja. Orang-orang yang tidak bawa kendaraan pribadi disarankan naik ojek saja agar lebih mudah karena tidak ada angkutan umum (angkot) hingga ke tempat ini.

Telaga ini memiliki pemandangan alam yang serba hijau. Air telaganya sangat jernih dan dingin sehingga menyegarkan saat terkena tubuh. Para pengunjung boleh bermain air atau berenang di telaga ini. Selain itu, udaranya sejuk karena lokasinya berada di punggung Gunung Slamet Jawa Tengah.

Airnya Jernih dan Seger Banget


Fasilitas di Telaga Sunyi

Guys, Telaga Sunyi tidak gratis untuk dikunjungi ya, tetapi harga tiketnya tidak mahal kok yaitu 13 ribu per orang. Selain itu, tarif parkir motor sebesar 3 ribu dan 5ribu untuk mobil. Pokoknya kita akan merasa puas berwisata ke tempat ini dan betah. Bahkan, kalau kamu suka atau betah bermain air di sini, kamu juga bisa menginap lho karena tersedia penginapan di area sekitar telaga ini.

Lokasi telaga ini tidak jauh dari tempat parkir sehingga kita bisa berjalan kaki sebentar saja. Jalan yang dilalui menuju telaga ini adalah jalan setapak dengan suguhan pemandangan indah di kanan dan kiri pengunjung. Ada pemandangan apa saja? Tentunya ada area persawahan dan sungai-sungai kecil yang menyejukkan mata.

Petunjuk Arah 


Imbauan kepada para pengunjung adalah berhati-hati ketika hujan. Para pengunjung harus meninggalkan lokasi secepatnya pada sore hari karena dikhawatirkan ada air bah yang datang. Selain itu, para pengunjung tidak boleh berenang atau berendam di bawah telaga ini yang lokasinya jauh lebih dalam karena arusnya deras sehingga berbahaya. 

Fasilitas yang tersedia antara lain toilet, tempat ganti/bilas, dan mushola. Para muslim dan Muslimah tidak perlu khawatir karena bisa sholat di mushola yang telah disediakan. Para pengunjung sebaiknya membawa makanan dan minuman dari rumah atau luar lokasi karena tidak banyak penjual makanan atau minuman di tempat ini.

Percaya Tidak Percaya

Seperti tempat wisata lainnya, para pengunjung harus menjaga sikap atau perilaku, terutama tidak boleh berkata kotor. Konon katanya, para makhluk halus akan marah jika mendengar perkataan kotor atau kasar sehingga orang itu akan didorong ke dasar telaga yang nantinya akan hilang tanpa jejak atau meninggal.

Air Terjun Telaga Sunyi


Masyarakat setempat percaya dengan mitos dan sangat patuh dengan pantangan. Menurut cerita beberapa pengunjung, ada pengunjung yang terjatuh ke dasar telaga dan hilang begitu saja. Selain itu, ada cerita mistis lainnya yaitu pasangan yang masih berstatus pacaran akan putus jika berwisata ke tempat ini bersama. Percaya tidak percaya memang dengan mitos yang satu ini. Semua bergantung pada pribadi setiap orang untuk percaya atau tidak.


Jika Anda suka dengan tempat wisata alam yang berhubungan dengan air maka Telaga Sunyi sangat tepat untuk dikunjungi saat berada di Banyumas. Jiwa, raga, dan pikiran akan menjadi lebih segar karena telaga ini menyuguhkan kesegaran air telaga. Yuk rencanakan wisata bersama keluarga ke Telaga Sunyi!


Komentar

  1. Aduh jernih banget airnya kak.. kayaknya suasana di sana benar seperti namanya, sunyi.

    BalasHapus
  2. Menenangkan melihat telaga yang airnya jernih dan bersih, itu baru di dunia, apalagi telaga Kautsar di Mahsyar yang sumber airnya dari surga.

    BalasHapus
  3. Wih ngeri juga mitosnya bisa hilang tanpa jejak. Aku sih bukan tipe yang percaya mitos tapi sangat menghargai adat dan kebiasaan yang ada di masing-masing daerah. Jadi gak ada salahnya juga mengikuti....

    BalasHapus
  4. Asyik ya buat wisata ke telaga apalagi harga tiketnya murah banget. Liat fotonya aja udah nyenengin, segerrrr.

    BalasHapus
  5. bisa jadi rekomendasi bila suatu saat nanti kita ke banyumas dan ternyata ada yang seger2 kayak gitu ya

    BalasHapus
  6. Namanya unik banget telaga sunyi, trus dari gambar-gambarnya memang sepertinya vibenya sunyi, ya. Cocok banget buat healing, plus nge-refresh pikiran juga

    BalasHapus
  7. Airnya jernih banget, suasananya pasti adem sekali di Telaga Sunyi Banyumas itu. Jadi pengen berwisata dan berliburan ke wisata-wisata alam yang punya panorama hijau khas dan udara segar. Mungkin mau coba ke wisata sekitar rumah dulu, siapa tau nanti juga kesampaian bisa main-main ke Telaga Sunyi Banyumas.

    BalasHapus
  8. Udah lama banget gak ke air terjun. Ngeliat postingan ini jadi pengen ke air terjun deh. Kalau di daerahku ada beberapa tempat wisata yang kayak gini, tapi agak lumayan jauh perjalanannya :(

    BalasHapus
  9. Wis Apik betul Telaga Sunyi Banyumas. Ini bakal jadi Incaran para petualang nih. Telaga Sunyi Banyumas bisa jadi list seru untuk wisata di tahun 2024 ini.

    BalasHapus
  10. Nah ini baru benar, healing yang sesungguhnya ya begini ini. Di tempat yang tak riuh rendah dengan segala rupa suara.

    BalasHapus
  11. Apakah telaga ini sesuai dengan namanya yang Sunyi dan tidak bising? Terbayang bagaimana syahdunya kita bisa menelusuri keindahan alam dengan ketenangan menatap air yang jernih

    BalasHapus
  12. ini antara ngeri dan penasaran kalu pengen kesini tuuu... tapi memang kalo keindahan alam tu bener bener seger dan bisa buat healing

    BalasHapus
  13. Halo, Kak. Abis dari Banyumas ya? Aku juga asli Banyumas nih. Salam kenal yaa! Btw aku malah belum ke sini, baru ke Curug bayan sama baturaden

    BalasHapus
  14. Wah bener-bener sunyi yaaa, cocok buat healing banget nih dari suasana kota Jakarta yang padat merayap. Ada penginapan juga lagi, kayanya adem banget nginep di sana. Di mana pun kita berada emang sebaiknya menjaga etika ya tidak sembarangan berbicara. Bagus sih ada mitos kaya gitu, jadi orang lebih hati-hati 😂

    BalasHapus
  15. MasyaAllah, asri banget ya suasananya. Ini memang tempat yang cocok buat healing dari hiduk pikuk ibu kota atau suntuk di pekerjaan. Kebiasaanku kalau main ke tempat seperti ini biasanya membasahi muka dengan air. Apalagi airnya dari sumber mata air. Wah, pasti seger banget ya!

    BalasHapus
  16. Terus terang aku gak percaya mitos, tapi kalau ada mitos di suatu lokasi wisata ya kita hormatin aja, soalnya orang2 dulu menyebar mitos itu pasti ada tujuannya. Misal kyknya yang jatuh nanti hilang berhati diminta berhati2, kalau yang pacaran ya jangan pacaran di tempat sepi kan belum halal ntar malah berbuat yang gak2 hahaha.
    Suka banget sama suasananya, pas buat healing yaaa.

    BalasHapus
  17. Mitos-mitos begitu ... diakui atau enggak, punya andil untuk menjaga kelestarian alam.
    Btw, penginapannya ramai pengunjung nggak, Mbak? Kepikiran nginep di dekat telaga gitu pasti asik banget. Dengan catatan, yang nginep bukan aku doang :))

    BalasHapus
  18. aku menghormati mitos yang beredar di kalangan masyarakat walau gak percaya karena prinsipku, di mana aku berpijak di sana aku junjung adat istiadatnya.

    BalasHapus
  19. Airnya jernih banget dan terlihat dalam. Kok bisa orang-orang Banyumas tidak tahu tempat ini mbak? Apakah baru dibuka untuk umum? Wah ada mitosnya

    BalasHapus
  20. MasyaAllah airnya jernih banget dan berasa asrinya sampe sini, wkwkwk udah lama ga liburan, tempatnya cocoj banget buat wisata keluarga ya, seger banget

    BalasHapus
  21. Ternyata di Banyumas ada telaga secantik ini ya kak keren banget tepat untuk healing ini

    BalasHapus
  22. MasyaAllah, indahnya telaga ini.. kami sekeluarga tipe senang plesir melihat pemandangan alam.. sambil tafakur merenungi indahnya ciptaan Allah swt.. Semoga suatu saat bisa mengunjungi Telaga Sunyi di Banyumas ini

    BalasHapus
  23. adem banget mba lihatnya jadi pengen ikutan main ke sana, kebetulan banget sudha lama ga traveling niy mba, sejuk kayaknya pergi berlibur ke telaga seperti ini sunyi dan nyaman

    BalasHapus
  24. Adem banget suasananya dan asri banget buat liburan bersama keluarga

    BalasHapus
  25. Suasananya cocok banget buat yang buruh adem2 tapi jujur serem. Bukan serem mistis tapi kalau wisata air tuh kudu waspada apalagi kalau bawa anak kecil. Mgkn kesana enaknya kl anak2 sudah tahu bahaya ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Pledge to God, Drama Korea yang Menyayat Hati

Anneyeong haseo chingu , Kali ini, aku mau share tentang  A Pledge to God , Drama Korea yang Menyayat Hati. Awalnya iseng, cari-cari di Viu karena udah bosen dengan drakor yang hits kayak Crash Landing on You (CLOY) dan The World of Married . Gak sengaja, benar-benar lagi iseng-iseng aja scroll daftar drakor di VIU, eh tau-tau muncul A Pledge to God. Padahal ini bukan drama baru karena mulai tayang ( kalo aku mulai tayang ama dia kapan ya? wkwk ) di MBC TV Korea selatan pada 24 November 2018. Baca sekilas sinopsisnya langsung jatuh cinta dan penasaran dengan jalan ceritanya. Cover A Pledge to God (Sumber: Asianwiki.com) Aku suka banget drakor yang sedih binti mengharukan gitu. Terngiang-ngiang sama ceritanya Endless Love (Autumn in My Heart ). Film yang dibintangi oleh Song Hye Kyo, Song Seung Heon, dan Won Bin benar-benar everlasting story deh. Mau nonton berapa kali juga ujung-ujungnya mewek. Nah sama nih, nonton drakor ini juga bawaannya pengen mewek. Oke cukup, yuk lanjut

Tuntaskan Ambeien dengan Ambewas

Duduk terasa tidak nyaman dan bokong sering berdarah adalah ciri-ciri utama seseorang menderita ambeien atau wasir. Ketidaknyamanan juga kerap terasa ketika buang besar karena anus biasanya terasa gatal dan panas. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan atau peradangan pembuluh darah di ujung usus (rectum) dan anus.  Ambeien terdiri dari 2 jenis, yaitu ambeien internal dan eksternal. Penjelasannya sebagai berikut. Internal haemorrhoid adalah jenis ambeien yang muncul di dalam saluran rectum dan tidak terasa nyeri, tetapi bisa menyebabkan feses berdarah. External hemorrhoid adalah jenis ambeien yang muncul di luar anus, terasa gatal atau nyeri, bahkan terkadang bisa robek dan berdarah. Sumber: halodoc.com Penyebab dan Faktor Pemicu Ambeien Pada dasarnya, ambeien bisa muncul karena berbagai kebiasaan sehari-hari seperti mengejan saat buang air besar atau terlalu lama duduk di toilet. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa mengganggu aliran darah sehingga darah akan menggumpal dan akhir

Ibis Style Hotel Jakarta Simatupang Benar-Benar Family Oriented

Alhamdulillah, Saya senang sekali bisa ikutan acara  #IHBLimaTahun, Sabtu 28 September 2019. Kalau diadakan pada weekday  pasti aku cuma bisa gigit jari karena harus bekerja.  Awalnya aku penasaran kenapa ya acaranya diadakan di hotel? Akhirnya rasa penasaranku terjawab setelah acara dimulai.  Usut punya usut Ibis Style Hotel Jakarta Simatupang ingin memperkenalkan diri ke khalayak karena hotel ini baru beroperasi secara resmi pada 15 Juli 2019 dengan menjadi sponsor utama acara ini. Hip hip hooraay... ^____^ Acara inti perayaan milad Indonesia Hijab Blogger (IHB) dimulai sekitar pukul 10 sesuai jadwal. MC acaranya adalah Kak Elly Nurul yang sudah aku tahu karena dia juga blogminceu IHB WAG. Acara utamanya berupa talkshow dengan beberapa pembicara keren yang diulas sebagai berikut. 1. Kak Andiyani Achmad Kak Aie (panggilannya) membahas tentang Optimasi Media Sosial dengan judul " How to Promote Your Content Through Social Media ". Selain seorang blogger, Kak Aie j