Internet BAIK itu Asik Untuk Semua

Hello you,

Generasi muda yang dikenal dengan nama generasi milenial saat ini memang tidak bisa dipisahkan dari internet. Dari bangun hingga tidur lagi, internet selalu menjadi teman setia yang melekat pada smartphone yang memudahkan untuk mengakses berbagai informasi. Informasi tidak hanya positif, tetapi juga bernilai negatif sehingga orangtua, guru, orang-orang di sekitarnya yang lebih tua harus bisa mengawasi para remaja yang memakai internet di smartphone, komputer, laptop, dan gadget lainnya. Remaja masih sangat labil dan mudah terpengaruh sehingga harus diawasi oleh orang-orang yang lebih tua dan diberi pengarahan agar tidak terjebak di dalam masalah yang mungkin bisa menghancurkan masa depan.  

Dengan adanya fakta cukup miris tersebut, PT Telkomsel mengadakan Program CSR berupa internet BAIK di bidang kewarganegaraan digital. Telkomsel sebagai operator yang besar dan digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki tanggung jawab untuk menyadarkan ekosistem digital melalui pembentukan karakter manusia (penggunanya). Pembangunan negara bertujuan pada terwujudnya smart village dan smart country yang harus didahului dengan pembentukan smart people. Pada hakikatnya, pembangunan sumber daya manusia itu sulit sehingga membutuhkan keseriusan dan kesungguhan agar tercipta generasi yang berkualitas tinggi.

http://www.malukupost.com/2017/10/telkomsel-kampanye-internetbaik-2017.html

Program kampanye Telkomsel bertajuk #internetBAIK ini dilakukan untuk menciptakan ekosistem digital yang positif dan konstruktif dengan penggunaan internet bertanggung jawab, aman, inspiratif, dan kreatif. Tidak dapat dipungkiri bahwa internet bisa mencerdaskan, tetapi bisa juga menjerumuskan. Telkomsel ingin membentuk karakter pengguna internet yang bertanggung jawab. Seperti apa? Para pengguna harus bisa memanfaatkan internet secara tepat sesuai dengan norma dan etika. Para pengguna harus merasa aman yang artinya pengguna internet terlindungi dari segala potensi kejahatan dan dampak buruk internet. Internet harus inspiratif artinya mendorong pemanfaatan internet untuk hal-hal positif yang bisa meningkatkan kualitas hidup pengguna dan orang-orang di sekitarnya. Internet juga harus menjadikan kreatif yang artinya ekosistem digital harus produktif dengan menjadikan internet sebagai wadah pengembangan daya cipta dan kreasi yang bermanfaat secara luas bagi masyarakat.

https://zakybachtiar45.wordpress.com/manfaat-internet-di-sekolah/

Penggunaan internet secara BAIK akan meningkatkan produktivitas dan memberikan dampak positif bagi perkembangan bangsa. Telkomsel menjalankan kampanyenya sejak 2016 dengan melibatkan Yayasan Kita dan Buah Hati yang fokus dalam kegiatan konsultasi, pendampingan, pelatihan,  advokasi seputar isu keluarga, dan pengasuhan anak. Telkomsel juga menggandeng ICT Watch sebagai organisasi penggagas awal gerakan digital literasi 'Internet Sehat' dan Kakatu. Aplikasi yang dapat digunakan untuk memproteksi dunia digital anak agar terhindar dari kecanduan gadget, permainan online, dan konten negatif lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, Telkomsel juga memberi dukungan pada pemerintah untuk menyebarluaskan gerakan Agen Perubahan Informatika (API) untuk menjadi garda depan dalam melakukan pendidikan internet. 

Apa yang telah dilakukan oleh Telkomsel untuk menyebarkan Internet BAIK ini? Sudah banyak workshop, seminar, dan talkshow yang dihadiri oleh para guru dan orangtua agar bisa menjadi pengawas dan pembimbing anak-anak mereka dari keburukan internet. Program #internetBAIK ini diharapkan hadir sebagai role model dan acuan pendidikan literasi digital di Indonesia. Melalui konsep Digital Citizenship Education (DCE) atau Pendidikan #internetBAIK yang diterapkan oleh guru, orangtua dan komunitas pengguna ekosistem digital meliputi 4 aspek sebagai berikut.

  1. Kesadaran Perilaku Digital (Digital Awareness and Behavior)
  2. Hak Akses Informasi Digital (Digital Right and Netizenship)
  3. Keselamatan Digital (Digital Safety)
  4. Konten dan Kreatifitas Digital (Digital Content and Creativity)


Pencapaian dari program #internetBAIK dari tahun 2016 hingga tahun ini, Telkomsel telah melakukan edukasi ke 27 Kota di Indonesia, mulai dari Banda Aceh hingga Jayapura Papua yang melibatkan 84 sekolah, 6795 murid, 5897 orangtua, guru dan komunitas, serta 1630 duta #internetBAIK. Para pengguna internet diharapkan bisa lebih menahan diri, teliti kembali setiap info dan berita sebelum menyebarkannya kembali, serta melakukan kritik positif melalui internet untuk perbaikan bersama dengan bahasa yang baik dan tidak melanggar hukum dan norma sosial. Pikirkan secara seksama terlebih dahulu sebelum mengirimkan konten di internet karena setiap yang tersebar di dunia maya akan memiliki konsekuensi bagi diri sendiri dan orang lain. Kemampuan untuk menahan diri,  mengendalikan aksi dan reaksi secara bijaksana pada setiap aktivitas daring akan membuat kita menjadi bangsa yang produktif, efektif, dan inspiratif yang positif bagi sesama pengguna internet.

Jadilah baik di mana pun dan kapan pun dengan menggunakan Internet BAIK sehingga bisa memberikan dampak positif kepada para pengguna lainnya dan orang-orang di sekeliling kita. Semangat terus!

https://telset.id/141634/telkomsel-edukasi-internetbaik-di-ajang-icc-2016/





Komentar

Postingan Populer