Langsung ke konten utama

Reading is My Life Style

Hello Readers, 

Membaca itu sudah jadi bagian hidup aku sedari kecil. Rasanya kalau belum membaca dalam sehari maka aku merasa ada yang kurang dalam keseharianku. Bisa dibilang kayak ada perasaan bersalah karena tidak melakukan ritual membaca. Ritual ? Iya ritual karena membaca memang harus aku lakukan setiap hari. 





Bagi kamu yang belum terbiasa untuk membaca, pasti merasa aneh ya kalau melihat orang di tempat umum seperti taman, kafe, bus kota, dan tempat umum lainnya sedang sibuk membaca. Mungkin kamu merasa orang itu seperti alien karena dia asik dengan dunianya sendiri. Padahal orang yang seperti itu keren lho, tetap asik tanpa merasa terusik dengan keramaian. Daripada sibuk dengan gadget mending sibuk membaca buku. Kalau di luar negeri, pemandangan seperti itu sangat lumrah karena tingkat kesadaran masyarakatnya untuk membaca sudah sangat tinggi.

Kenapa sih kita tuh harus membaca buku? Alasannya ya supaya menambah pengetahuan dan wawasan. Jadi orang yang gak tau apa-apa itu gak banget deh. Baca itu bisa dilakukan di mana saja. Menurutku, membaca buku juga bisa mengusir rasa bosan. Membaca bisa kita lakukan di waktu luang seperti saat menunggu orang atau bus, ketika bepergian sendiri di kendaraan, atau di rumah saat tidak ada yang dikerjakan. Selain itu, membaca juga bisa membuatmu keliling dunia melalui pikiran kamu. Banyak buku-buku tentang traveling atau kisah suatu negara yang seolah mengajak kamu ikut berkeliling ke tempat-tempat yang tertulis di buku.




Untuk membiasakan baca buku bisa dimulai dengan buku-buku ringan terlebih dahulu seperti novel. Kamu bisa membeli novel-novel atau buku kumpulan cerpen yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Perempuan. Apalagi sedang ada Stiletto Shocking Sale, kamu bisa membeli buku di Stilletto Book dengan harga yang lebih murah dari biasanya. Ayo mulai sekarang sisihkan penghasilan atau uang jajan kamu untuk membeli buku. Jangan terlalu banyak digunakan untuk belanja, makan, atau hura-hura yang gak jelas.





Mengoleksi buku bisa diturunkan ke anak-anak atau bisa dipinjamkan ke orang lain dan kita mendapat pahalanya kalau memang buku itu bermanfaat bagi yang membacanya. Selain itu, kita juga bisa membaca kembali buku-buku yang kita punya kalau memang merasa ada hal menarik yang harus dibaca kembali. Dengan demikian, ingatan kita akan informasi penting dalam buku bisa direfresh ulang.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai kebaikan. Membaca itu berlangsung seumur hidup. Jika kita rajin membaca maka nanti anak-anak kita juga akan terbiasa membaca seperti aku yang suka membaca karena orangtuaku pun demikian.


Jangan ngaku anak gaul kalau kamu gak suka membaca... Yuk budayakan membaca di lingkunganmu, paling tidak tularkan budaya membaca buku kepada teman-teman dekatmu.






Nama Lengkap: Retno Ayu Kusumaningtyas
Akun Sosial Media: Twitter ID dan instagram @renayku (Retno Ayu Kusuma)
Alamat Email: retnoayukusuma.25@gmail.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Pledge to God, Drama Korea yang Menyayat Hati

Anneyeong haseo chingu , Kali ini, aku mau share tentang  A Pledge to God , Drama Korea yang Menyayat Hati. Awalnya iseng, cari-cari di Viu karena udah bosen dengan drakor yang hits kayak Crash Landing on You (CLOY) dan The World of Married . Gak sengaja, benar-benar lagi iseng-iseng aja scroll daftar drakor di VIU, eh tau-tau muncul A Pledge to God. Padahal ini bukan drama baru karena mulai tayang ( kalo aku mulai tayang ama dia kapan ya? wkwk ) di MBC TV Korea selatan pada 24 November 2018. Baca sekilas sinopsisnya langsung jatuh cinta dan penasaran dengan jalan ceritanya. Cover A Pledge to God (Sumber: Asianwiki.com) Aku suka banget drakor yang sedih binti mengharukan gitu. Terngiang-ngiang sama ceritanya Endless Love (Autumn in My Heart ). Film yang dibintangi oleh Song Hye Kyo, Song Seung Heon, dan Won Bin benar-benar everlasting story deh. Mau nonton berapa kali juga ujung-ujungnya mewek. Nah sama nih, nonton drakor ini juga bawaannya pengen mewek. Oke cukup, yuk lanjut

Nippon Paint Semarakkan Ramadan 2022

Assalamualaikum Wr. Wb, Alhamdulillah sudah masuk bulan  Ramadan lagi . Apa saja nih persiapan yang sudah dilakukan? Persiapan yang utama tentunya adalah persiapan batin dengan meningkatkan ibadah dan memperbanyak perbuatan baik lainnya. Lalu apa lagi nih hal-hal yang biasa dilakukan? Ramadan Kareem Mubarak (sumber: kalam.sindonews.com) Kalau saya dan keluarga biasanya menata rumah dan membersihkannya lebih maksimal untuk menyambut Ramadan . Salah satu hal yang dilakukan adalah mengecat tembok rumah. Kebetulan, kami ingin mengganti suasana rumah supaya lebih Islami dan asri. Hingga akhirnya diputuskan untuk mengecat rumah dengan warna hijau lagi seperti sebelumnya. Kondisi Tembok Luar Rumah Sebelum Dicat Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah cat yang akan digunakan. Ada banyak pertimbangan untuk memilih cat yang cocok, terutama dari segi warna ya. Kami mencari tahu dan membandingkan beberapa brand cat yang ternama. Kami ingin warna cat yang sejuk dan nyaman untuk dilihat. Di

Bolu Nusa Rasa, Beda dari Bolu Lainnya

Hi foodies, Kalian suka makanan yang seperti apa nih? Manis, asin, atau perpaduan dari keduanya? Btw, kalian sering bingung gak kalau mau kasih hadiah atau bingkisan ke relasi atau saudara? Dijawab masing-masing ya karena aku juga gak tahu jawaban kalian gimana haha, lalu baca tulisan ini sampai habis karena kalian akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut nih. Setelah baca tulisan ini sampai selesai, aku yakin nih pasti kalian akan terinpirasi, lebih tepatnya terkontaminasi pikirannya karena terbayang-bayang dengan kudapan lezat ini.   Tak Kenal Maka Tak Sayang Kali ini aku akan bahas Bolu Nusa Rasa yang beda dari bolu lainnya. Ah masa sih beda? Beda dari segi apanya nih? (Aku yakin kalian pasti bertanya seperti itu dalam hati iya kan? Hohoho) Varian Bolu Nusa Rasa Alasan utama yang membuat Bolu Nusa Rasa beda dari bolu lainnya adalah bolu ini dibuat dari bahan baku pilihan bermutu tinggi sehingga tekstur bolu ini super lembut. Udah gitu, bolu ini dilengka