Konsultasi Mudah dan Cepat dengan Dokter Melalui Aplikasi SehatQ

Selamat pagi,

Saya bersyukur hidup pada masa digital seperti saat ini karena semua hal menjadi lebih mudah dan cepat. Tidak hanya urusan belanja, teknologi juga sudah merambah ke hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan. Dahulu sepertinya tidak pernah terpikir untuk bertanya dengan dokter layaknya teman yang bisa diajak chat. But now, kita bisa chat dokter di mana saja sesuai waktu yang ditetapkan.

Masih bingung bagaimana caranya? Kali ini, saya mau bahas tentang bagaimana aplikasi menolong saya yang sedang kebingungan harus bertanya atau konsultasi kepada siapa. Setelah melihat iklan di Instagram akhirnya saya tertarik untuk mencoba aplikasi ini. Namanya adalah SehatQ. Alhamdulillah aplikasi SehatQ bisa diinstal pada smartphone Android karena tersedia di Google Playstore.

Tampilan Dashboard SehatQ
Ada Banyak Artikel dan Layanan Kesehatan yang Bisa Dipilih 

Setelah diinstal, saya penasaran seperti apa sih aplikasi ini bekerja. Kebetulan seminggu yang lalu saya lagi galau dengan siklus menstruasi saya yang tak menentu, padahal saya mau melakukan program hamil. Awalnya saya bingung kalau datang ke Rumah Sakit harus ke dokter apa atau harus hal-hal apa saja yang harus dikonsultasikan? Alhamdulillah akhirnya terjawab semua kebingungan saya dan suami. Hanya dengan Tanya Dokter maka semua keluhan dan kebimbangan bisa terjawab.

Layanan Dokter yang Tersedia


Saya melakukan 2 kali konsultasi dengan 2 dokter berbeda di aplikasi SehatQ. Caranya dengan chat saja. Hanya tunggu maksimal 5 menit, dokter akan segera menjawab pertanyaan dalam chatbox. Oh iya kalau mau konsultasi seperti saya ada jadwalnya ya karena dokter juga manusia. Mereka butuh waktu istirahat atau menangani pasien secara riil di klinik atau rumah sakit. Jadwalnya dari Senin hingga Jumat pada pukul 9 hingga 17.00 saja seperti jadwal orang bekerja di kantoran. Jadinya, tidak bisa chat kapan saja.

Pertama kali saya chat dengan dokter laki-laki. Saya memberitahukan kondisi yang saya rasakan. Menurut dokter yang pertama, siklus haid saya masih tergolong normal dan tidak ada yang perlu dicemaskan. Saya hanya perlu santai dan menikmati waktu manis bersama suami sebelum si kecil hadir di dalam rahim. Setelah itu, saya jelaskan kondisi ini kepada suami saya. Lalu kami sepakat untuk menyetujui saran dokter yang pertama ini.

Cuplikan Obrolan dengan Dokter Kebidanan yang Menenangkan

Namun, setelah jeda hampir sebulan dan ternyata haid saya masih tidak menentu maka suami saya kembali khawatir. Dia menyarankan saya untuk konsultasi lagi ke dokter lain melalui aplikasi yang bisa juga dikunjungi melalui situs SehatQ.com . Saya menurut saja daripada suami gelisah karena mengkhawatirkan saya. Setelah download aplikasi android, kemudian saya chat dengan dokter kedua. Kebetulan dokter yang kedua ini perempuan jadi saya merasa lebih nyaman untuk menceritakan secara detail tentang hal-hal yang terjadi kepada saya termasuk tentang masalah kewanitaan.

Dokter yang kedua ini menyarankan saya untuk melakukan USG karena dikhawatirkan ada PCOS atau penyakit lainnya yang berhubungan dengan rahim atau kelamin. Saya agak kaget mengetahui hal ini, tetapi setidaknya ada sedikit kemajuan, yaitu saran untuk melakukan aksi atau tindakan yang lebih jauh. Dengan melakukan USG, menurut dokter ini akan bisa terlihat kondisi di dalam rahim saya. Setelah bercerita kepada suami, akhirnya didapatkan keputusan untuk melakukan USG ke dokter kebidanan di RSUD yang lokasinya di dekat dari rumah saya.


Saran Dokter Vina untuk USG

Alhamdulillah ternyata ada jadwal dokter kebidanan pada akhir pekan, yaitu Sabtu. Jadinya kami tidak perlu cuti atau bolos kerja. Janjian dengan dokter juga bisa dilakukan lho melalui aplikasi sehatQ sehingga kita tidak usah antri lama karena dokter akan mendahulukan pasien yang sudah booking dokter melalui aplikasi sehatQ. Alhamdulillah senang sekali karena saat ini bisa konsultasi plus janjian ketemu dokter dengan mudah dan cepat. Saya sangat berterima kasih kepada SehatQ.

Setelah menelepon ke rumah sakit dan sudah memastikan jadwal dokternya setelah melakukan melalui aplikasi SehatQ. Selanjutnya, saya datang ke RSUD Koja bersama suami pada pukul 9 karena dokternya dijadwalkan pada pukul 9. Tidak perlu menunggu lama, kami segera dilayani oleh dokter. Proses USG berlangsung cepat karena dokternya begitu bersahabat dan mau diajak berdialog seperti teman. Rasa senang saya semakin bertambah karena hasil USG saya menyatakan kalau tidak ada hal-hal berbahaya di dalam rahim sehingga saya siap untuk hamil. Hanya menunggu waktu yang tepat menurut Alloh Swt. Kami hanya perlu banyak berdoa dan yakin bahwa anugerah terindah akan segera datang.


I am ready to be a pregnant woman and a mom :D




Komentar

  1. SehatQ ini benar-benar membantu banget, khususnya buat saya seorang mamak-mamak, yang selalu jadi dokter keluarga.
    Apa-apa selalu saya yang usahakan.
    Anak nggak boleh sakit, kalau sakit kudu ditangani sendiri dulu, dengan aplikasi ini, saya bisa konsultasi kapan saja dengan dokter tanpa harus keluar ke rumah sakit :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes bener banget mba.. jadi kita bisa chat dokter kapan aja dan di mana aja bahkan sambil gendong anak atau nyuapin anak hehe.. ga perlu repot antri dokter di klinik deh..

      Hapus
  2. Fitur tanya dokter ini boleh juga nih dicoba. Soalnya kadang kalau berkonsultasi secara langsung kan belum tentu tepat waktunya. Misalnya kitanya bisa tapi belum tentu pas dengan jadwal dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bener tuh kak fenni.. aku juga suka begitu.. mau ke dokter tapi jadwalnya bentrok sama kerjaan.. repot deh kalo dulu.. skrg mah udah ga gitu lagi deh

      Hapus
    2. Yes, jadi lebih mudah ya kak konsul nya sekarang. Dan semoga harapan Kak Renay insyaAllah terwujud dengan mudah dan tampa hambatan, aamiin

      Hapus
    3. aamiin.. makasi kak Fenni

      Hapus
  3. Buat kmai yang tinggal di derah, cukup jauh ke akses dokter adanya aplikasi seperti ini sangat membantu. Saya juga malah baru tahu ini dengan adanya aplikasi sehatq

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh.. cuus download aplikasinya

      Hapus
    2. Semakin praktis saja ya jaman sekarang. Berkat kecanggihan teknologi, konsultasi dokter saja bisa bermodalkan ponsel hehehe
      Asyik banget...

      Hapus
  4. Dengan adanya aplikasi Sehatq makin mudah aja ya, nggak pake antri lagi buat konsultasi ke dokter selain itu jamnya pun fleksibel antara kedua belah pihak juga.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah banget makin kesini teknologi makin canggih. Ini bisa dibuat opsi kalau lagi gak ada waktu ke dokter, tinggal buka smartphone dan bisa konsultasi langsung. Tapi kata temanku yang kerja di dunia medis, kayaknya konsultasi kayak gini hasilnya gak seakurat kalau bertemu langsung dengan dokter. But at least kekhawatiran kita sedikit berkurang karena sudah berkonsultasi meskipun lewat smartphone.

    BalasHapus
  6. Zaman sekarang ya akses mendapatkan informasi kesehatan makin mudah. Aku juga sering baca artikel di sehatq kalau nyari referensi tulisan mbak :D
    Pernah makai fitur daftar dokternya jg pas ndaftarin anakku periksa ke dokter gigi :D

    BalasHapus
  7. Bermanfaat sekali ya mba karena bisa digunakan dengan hanya klik. klik, klik. Ini berarti free konsultasi mba? Belum pernah coba kalau konsultasi melalui aplikasi SehatQ, biasanya langsung nanya by wa ke teman yang profesi dokter atau datang langsung tatap wajah hehe

    BalasHapus
  8. Semangat Mba 😆 InsyaaAllah semoga segera ya Mba, aamiin. Sehat-sehat selalu Mbak 😆 Btw Aplikasinya baru ya belum pernah tahu. Bagus bisa sekalian janjian ama Dokter ya Mbak

    BalasHapus
  9. Wah aplikasi sharQ benar2 dibutuhkan yaa dijaman ini membantu sekali apalagi ketika panic anak sakit

    BalasHapus
  10. Oh ternyata bisa langsung daftar ke rumah sakitnya via aplikasi Sehat Qu . Rumah sakit nya khusus yg terdaftar Di aplikasi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak.. rumah sakit yang rekanan sama SehatQ aja yang bisa booking dokter hehe

      Hapus
  11. Aplikasi sehatq ini andalan banget apalagi kalau pas butuh informasi kesehatan dan informasi lainnya, lengkap semuanya,

    BalasHapus
  12. Makin banyaknya aolikasi yang memudahkan kita untuk menjaga kesehatan dan mendapat berbagai akses kesehatan dengan mudah. Apalagi kalau ingin konsultasi ya, khususnya untuk konsultasi awal atau cuma cari tau soal penyakit. Cari dokter aja langsung di SehatQ. selesai deh ga perlu antri di rumah sakit. Hehehe.

    BalasHapus
  13. Keren banget ya zaman sekarang, tanya dokter aja sudah bisa via aplikasi. Jadi nggak khawatir misal tiba-tiba ada keadaan urgent di rumah terkait kesehatan.

    BalasHapus
  14. Konsultasi via aplikasi emang gak bisa menggantikan tatap muka tapi setidaknya jd panduan utk melakukan apa gtu ya mbak saat nanti periksa ke dokter. Sehaq ini aplikasi kesehatan yg lg trend di kalangan ibuk2 milenial :D

    BalasHapus
  15. Setuju kak, dokter juga manusia butuh istirahat. Amiinn.. semoga segera diberikan rezeki ya kak. Btw, aplikasinya boleh juga nih, akan sangat membantu

    BalasHapus
  16. Keren banget nih mbak, makin kesini makin canggih dong. Jadi kalo lagi sibuk banget dan gak ada waktu konsul ke dokter, bisa langsung konsul konsul via smartphone.

    BalasHapus
  17. Aku masih belum donlot aplikasi kesehatan apapun nih mbak. Tapi dari kemarin sliweran tentang aplikasi SehatQ, aku jadi makin penasaran. Nanti aku coba ya mbak

    BalasHapus
  18. Aplikasi sepert8 ini membantu bgt ya sebenarnya. Sayangnya, di kota aku agak sulit cari dokter yg satu kota juga, jadi cuma bisa konsultasi aja deh.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Serial Drakor Paling Seru 2018

Pengalaman Pertama Urus Ganti Plat, STNK, dan Bayar Pajak Mobil

Menjadi Cantik Tanpa Sakit? Bisa Dong!