5 Cara Asyik Menyambut Ramadhan


Islam is not just a religion, it is the way of life

- Renayku - 


Alhamdulillah, tak terasa sudah masuk bulan Rajab. Dua bulan lagi Ramadhan akan datang. Kalau dalam bulan Islam, setelah Rajab akan datang Sya'ban. kemudian Ramadhan yang mulia akan datang. Sedangkan kalau dalam bulan kabisat, Ramadhan akan datang sekitar 23 atau 24 April 2020 yang tentu saja kita sebagai muslim diwajibkan untuk puasa.

https://pixabay.com/id/vectors/ramadan-kareem-bulan-masjid-4145167/


Kalau boleh jujur, saya sebenarnya belum terlalu menyiapkan diri untuk menyambut kedatangan Ramadhan. Malu aku malu.. sungguh sungguh malu... Namun, tidak ada kata terlambat untuk kebaikan. Saya mulai mengajak diri untuk lebih giat beribadah. Jadi, saya mau berbagi cara apa saja yang lakukan supaya jiwa dan raga siap menyambut Ramadhan. Simak 5 cara asyik menyambut Ramadhan berikut ini. 

1. Nonton Youtube 

Hah? Kok nonton youtube? Pasti bingung ya kok malah nonton youtube. Eiiitss... jangan kzl dulu hihii jangan salah ya, nonton youtube itu banyak manfaatnya asalkan video-video yang ditonton berfaedah. Kalau saya lagi suka banget nonton youtube "Muslim Traveler Net Tv" dan "Jazirah Islam Trans 7". 

https://www.trans7.co.id/programs/jazirah-islam

Kalau ditanya, saya lebih suka acara yang mana? Saya jawab, Jazirah Islam. Why? Bcoz perjalanan host ke negara-negara minoritas Islam begitu bikin saya terenyuh. Bahkan, saya pernah meneteskan air mata ketika menonton video tentang anak-anak muslim di Yunani dan negara-negara lain sudah dididik untuk hafal Alquran. Banyak yang sudah menjadi hafidz dan hafidzah pada usia sangat muda. Belasan tahun. Lalu bagaimana dengan saya? Juz 30 saja belum saya hafal semua. Bagaimana saya tidak menangis ketika menonton? Lagi dan lagi saya sangat malu, Islam sudah saya peluk sejak lahir, tetapi aplikasi masih minim. Istigfar banyak2 yuk guys... :(

Jadi ga sabar nih mau nonton kisah-kisah perjalanan ketika Ramadhan di televisi... :D

Oh iya, ada alasan lain kenapa saya milih nonton youtube dulu. Bcoz once again, saya mau mengajak diri ini untuk terbiasa dengan kegiatan islami, Jadi, saya harus memulai dari kebiasaan yang suka, yaitu nonton youtube. Faktanya, saya merasa sudah melakukan langkah yang benar karena saya mulai tergerak dan semangat untuk ibadah-ibadah sunnah yang tentunya harus semakin giat ketika Ramadhan hingga seterusnya sampai akhir hayat.

2.  Puasa Sunnah

Berpuasa selama satu bulan harus dilatih terlebih dahulu dengan puasa sunnah tentunya. Kalau saya lebih suka puasa Senin-Kamis, kalau teman-teman boleh pilih puasa sunnah yang mau dilakukan. Misalnya, 3 hari pada pertengahan bulan dan puasa Nabi Daud. Saran dari saya: pilih puasa yang paling mudah dilakukan. Semangat teman2! Semoga Allah Swt memberkahi hidup kita.. aamiin

3.  Baca Quran Tiap Hari

https://pixabay.com/id/photos/quran-ramadhan-ramadan-muslim-4178711/


Jujur, saya masih belum bisa membaca quran tiap hari. Self toyor atuhlah.. malu banget.. Hal ini mau saya rutinkan dulu, kalau sudah berhasil mudah-mudahan bisa juga membiasakan diri ODOJ (One Day One Juz) karena ODOJ jauh lebih penting daripada ODOP (One Day One Post) #colekblogger hihiii.. btw, saya ODOP juga belum bisa, ODOJ juga belum, haduuuh saya harus atur waktu lebih baik lagi nih. Huft.. 

4.  Jadikan Sholat Sunnah Sebagai Rutinitas

Kalau sholat sunnah masih lebih mudah daripada baca quran setiap hari. Untuk teman-teman, coba yuk kita biasakan sholat dhuha dan sholat rawatib sebelum atau sesudah sholat wajib. Kalau sudah terbiasa, percaya deh. rasanya sholat sunnah berasa sholat wajib kalau tidak dikerjakan. Saya pribadi suka gelisah kalau tidak sempat atau kelupaan sholat sunnah. Kalau teman2 bagaimana? Share pengalaman di kolom komentar ya biar kita sama2 belajar. 

5.  Dengarkan Murottal

Kalau ini, masih jarang banget saya lakukan. Padahal dengerin murottal tuh bikin hati adem banget. Bahkan, bisa memudahkan kalau kita sedang menghafalkan surat-surat Alquran. Kita bisa sambil murojaah (mengulang kembali) juga lho. Enak banget deh dengerin murottal Al Kahfi kalau Jumat, kita sekalian bisa sambil komat kamit ikutan baca. Nah, kalau begini jadi bisa hafal, masya Allah dan alhamdulillah banget.

Itulah 5 cara asyik menyambut Ramadhan yang bisa kita lakukan dengan riang gembira tanpa keterpaksaan. Saya juga baru mulai kok, kalau teman2 belum mulai hayuk atuh dimulai sebelum Ramadhan yang penuh berkah datang. Semoga Ramadhan tahun ini bisa menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalankan ibadah.. Aamiin Ya Rabb

Btw, untuk teman2 muslimah segera dilunasi hutang puasanya ya, mumpung masih Rajab dan masih ada Sya'ban.. Semangat! 







Komentar

  1. Wuahhhh bentar lagi masuk bulan Ramadhan. Bulan paling dinantikan umat muslim. Thanks mbak tulisan ini alarm, pengingat buat saya untuk mempersiapkan dan beribadah lebih baik lagi.

    BalasHapus
  2. Sedih bahagia ya menyambut Bulan Suci Ramadhan
    Semalam anak mengaji di tempat saya selesai mengadakan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Selalu digaungkan Allahumma bariklana firojaba wasa'bana wabaligna sahrur romadhona. Semoga kita bisa sampai di bulan Ramadhan... Amin.

    BalasHapus
  3. moga kita selalu dikasih kesehatan , bisa ibadah lancar bln ramadhan.. amin

    BalasHapus
  4. Masya Allah baca ini jadi inget kalau Ramadhan sebentar lagi. Semoga bisa raih Ramadhan terbaik kali ini. Bisa mulai dari nonton Youtube yang cerita Islam kali ya hehehe

    BalasHapus
  5. Saya juga lagi pengen banget bisa segera hafal juz 30, juz Amma. Biar klo shalat bacaannya gak itu lagi,vlagi lagi itu dan itu saja, huhuhuh
    Apalagi belakangan saya shalat Tarawihnya lbh banyak sendiri saja di rumah secara emak rempong beranak 3 ini klo mau paksain shalat di Masjid kasian dgn jamaah lain, ntar dikiranya saya mau ke sirkus lagi, hikss.
    Bener tuuh, ayooo hutang puasa segera diselesaikan *ngomong ma diri sendiri juga ini* 😂

    BalasHapus
  6. mashaa Allah mbak makasih lho jadi self remainder buat aku pribadi nih hehe

    BalasHapus
  7. MashaAllah mbak, baca tulisan ini semakin diingatkan lho.. supaya kita bisa lebih bersiap diri dari sekarang ya.. latihan puasa nih, senin kamis dan ayamulbid ya.. semoga kita semua bisa bertemu dengan Ramadhan.. aamiin YRA

    BalasHapus
  8. iya nih utang puasa masih banyak waktu hamil ama menyusui dulu, hiks. Semoga kita bisa dipertemukan di Ramadhan nanti aamiin

    BalasHapus
  9. Subhanallah, Ramadhan sebentar lagi menyapa. Semoga Kita diberikan kesehatan, Iman Dan islam utk bertemu Ramadhan dengan penyambutan yg lebih baik lagi. Aamin

    BalasHapus
  10. Nggaknkerasa ya udah mau ramadhan.. Seneng banget rasanya.. Duh tapi hutang puasa belum lunas nih hiks.. Masih nyelesaiin huhuhu

    BalasHapus
  11. Masyaallah, gak kerasa Ramadhan akan datang lagi. Semoga aja bisa ikut lebaran tahun ini. Aku jadi pengen prepare buat Ramadhan nih mbak🤭. Semoga berhasil, bismillah.

    BalasHapus

Posting Komentar