3 Ciri Tempat Kerja yang Nyaman



Tempat kerja yang nyaman menjadi indikator keberhasilan bisnis, tetapi banyak pemimpin dan pemilik perusahaan yang belum menyadari hal ini. Mereka tidak memerhatikan kondisi karyawan, malah justru memikirkan laba terus menerus (profit oriented only). Pada kenyataannya, karyawan berperan penting dalam kegiatan perusahaan termasuk perolehan keuntungan. Para karyawan yang merasa nyaman dengan tempat bekerja pasti bersemangat untuk berkontribusi kepada perusahaan. Mereka akan berprestasi dalam pekerjaan karena mereka melakukannya dengan hati.

Karyawan yang tidak sehat terutama dari segi mental, dia pasti akan menjadi racun bagi karyawan lainnya (toxic person). Dia mungkin mengajak  teman-temannya untuk malas bekerja atau melakukan hal-hal yang tidak jujur. Salah satu hal utama yang memengaruhi kesehatan karyawan secara fisik dan mental adalah tempat kerja. Perusahaan harus memiliki tempat kerja yang sehat dan nyaman. Adapun ciri-ciri tempat kerja yang nyaman sebagai berikut.

Sumber: sewa-kantor.net



1.    Lokasi Kantor yang Strategis
Lokasi tempat kerja atau kantor harus strategis agar para karyawan bisa datang ke kantor tepat waktu atau malah lebih awal dari waktu kerja yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Indikator tempat kerja yang strategis adalah mudah dijangkau dari berbagai area timpat tinggal karyawan. Mudah dijangkau artinya dilewati oleh kendaraan umum atau dekat dari jalan raya sehingga mudah untuk naik bus Trans Jakarta, MRT, LRT, KRL, dan angkutan umum yang kecil seperti KWK atau APB. Dengan demikian, direksi dan manajer harus memilih lokasi yang strategis. Setelah yakin dan sesuai budget perusahaan, sewa kantor bisa segera dilakukan.

2.    Bentuk Tempat Kerja yang Mendukung

sumber: tempat-usaha.com

Bentuk tempat kerja atau kantor harus nyaman dan mampu meningkatkan gairah untuk bekerja. Tempat yang paling umum dijadikan tempat kerja adalah gedung bertingkat di kawasan elit seperti Sudirman, tetapi kantor seperti ini umumnya disewa oleh perusahaan-perusahaan besar. Namun, untuk perusahaan skala menengah sebaiknya memakai kantor berupa ruko. Karakteristik ruko yang tepat untuk dijadikan tempat kerja sebaiknya ruko yang memang dihuni oleh beberapa perusahaan lain. Dengan demikian, para karyawan akan merasa nyaman untuk bekerja karena mereka bisa bersosialisasi dengan karyawan-karyawan di perusahaan lain. Sewa ruko dengan karakteristik yang seperti ini tentunya sangat tepat untuk perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya.

3.    Kantor Harus Selalu Bersih
Kebersihan adalah hal terpenting dalam aspek kehidupan termasuk kebersihan kantor. Jika kantor tidak bersih tentunya para karyawan tidak akan betah. Setiap perusahaan harus memiliki office boys atau office girls untuk membersihkan kantor dan melakukan hal-hal lain seperti membelikan makanan untuk disantap ketika istirahat siang. Ruangan termasuk meja kerja yang bersih adalah tanda dari suasana kerja yang sehat. Bekerja di tempat yang berantakan akan menyebabkan produktivitas menurun. Meja kerja yang berantakan akan menyebabkan pikiran negatif. Dengan adanya office boys atau office girls tentunya suasana kerja menjadi lebih nyaman.

Kondisi fisik dari tempat kerja harus diperhatikan dengan saksama oleh perusahaan. Tu juannya adalah menjamin kenyamanan karyawan dalam bekerja. Gangguan kecil sekalipun dapat merusak mood para karyawan sehingga kinerjanya menurun. Pihak perusahaan yang diwakili oleh staf HRD harus berusaha menciptakan lingkungan kerja yang sesuai keinginan dan kebutuhan para karyawan. Kondisi fisik kantor yang harus diperhatikan antara lain pencahayaan dalam ruangan, sirkulasi udara, kadar suara atau kebisingan, tingkat radiasi udara seperti zat kimia dan polusi, nilai-nilai estetis seperti warna  dinding dan lantai atau penataan dekorasi.


Itulah 3 ciri tempat kerja yang nyaman sehingga kantor menjadi layak untuk dihuni dalam waktu lama. Apakah kantormu sudah memenuhi semua ciri tersebut? Jika belum, coba komunikasikan dengan atasan atau HRD ya. Happy working!


Komentar

  1. Mungkin yang bener2 nyaman kayak kantor google ya, kalo liat berita2nya

    BalasHapus
  2. Toxic people itu memang racun banget karena bisa menghabiskan energi kita yang seharusnya bisa digunakan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Kalau cuma 1-2 yang toxic sih nggak apa-apa, tapi kalau banyak banget yang toxic mungkin ada yang salah dengan culture perusahaannya.

    BalasHapus
  3. Sudah seharusmya perusahaan menyediakan tempat kerja yang bikin nyaman karyawannya jangan hanya meraup benefit aja tanpa memperhatikan kenyamanan untuk karyawan.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. setuju banget sama kalimat ini <>. Saya termasuk pusing kalau dengar keluhan. Teman kerja ngeluh, aku pasti sakit kepala. Kalau ada pelatihan pada gak mau ikut. Aku mah paling seneng seoalnya bisa belajar wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalimat ini maksudnya "Karyawan yang tidak sehat terutama dari segi mental, dia pasti akan menjadi racun bagi karyawan lainnya (toxic person)."" tadi kehapus sendiri pas makai tanda <>

      Hapus
  6. Strategis dan bersih pastinya jadi syarat wajib untuk sebuah hunian baik itu kantor apalagi rumah. Pada dasarnya kalau bikin betah, pekerjaan juga insyaallah lancar dan berkah ya

    BalasHapus
  7. Saya dulu pernah kerja di perusahaan yang menjadikan rumah sebagai kantor. Memang sih pegawainya cuma sedikit dan sebenarnya cukup menyenangkan karena rasanya jadi homey gitu. Tapi tetap aja masih lebih nyaman kerja di tempat yang memang diperuntukkan sebagai kantor.

    BalasHapus
  8. Tempat kerja yg nyaman emang bisa banget jadi booster tuk karyawan dalam bekerja. Secara yaah, sepertiga waktu itu dihabiskan di tempat kerja, 8 jam sehari lho ya jadi emang harus dibuat senyaman mungkin biar bisa semangat kerjanya :)

    BalasHapus
  9. Daku pernah kerja di tempat yg strategis di Thamrin. Enaknya ya transportasi banyak, meski ya pasti rebutan juga sama yang lain hahah

    BalasHapus
  10. Hihihi bener banget, aku pernah kerja freelance ditempat strategis dan gedungnya bagus pula. Dia itu dijulukin menara gedung tertinggi di jkt hihi u know. Ku berdoa semoga selepas lulus bisa kerja lagi disana, aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Urus Ganti Plat, STNK, dan Bayar Pajak Mobil

Menjadi Cantik Tanpa Sakit? Bisa Dong!

5 Serial Drakor Paling Seru 2018