Beli Apartemen untuk Investasi Jangka Panjang


Apartemen adalah jenis hunian yang banyak dicari oleh orang-orang yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Alasan utama memilih apartemen sebagai hunian adalah lokasinya yang strategis atau dekat dari tempat bekerja. Alasan kedua adalah harga yang murah. Jika membahas tentang harga tentunya tidak bisa dielakkan oleh semua orang. Setiap orang pasti memilih sesuatu terutama apartemen dengan harga murah daripada membeli rumah dengan harga yang jauh lebih mahal.

jual-apartemen.com


Tidak hanya dua alasan itu, tinggal di apartemen juga memiliki banyak keuntungan. Para penghuninya akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, tempat gym atau fitness, supermarket atau minimarket, keamanan terjamin karena ada satpam (security guard), dan masih banyak lagi. Selain itu, dengan menyewa atau membeli apartemen tentunya lebih aman karena bisa ditinggal untuk bepergian ke luar kota atau luar negeri dalam jangka waktu tertentu. Tentunya karena ada security system yang lengkap di kawasan apartemen.




Mengapa harus berinvestasi apartemen?

Pertanyaan itu pasti muncul dalam pikiran. Faktanya, apartemen memang bisa menjadi sarana investasi yang tepat asalkan direncanakan dengan matang. Lantas apa saja keuntungan dengan investasi apartemen? Tentu saja apartemen bisa dijual kembali atau disewakan layaknya rumah. Permintaan atau kebutuhan akan apartemen di kota-kota besar cukup tinggi sehingga harga jual kembali dan harga sewanya cukup menggiurkan. Harga apartemen naik setiap tahun sehingga keuntungan (return of investment) termasuk tinggi.

jual-apartemen.com


Cara untuk Investasi Apartemen

Ada cara-cara investasi apartemen yang harus dilakukan agar mendapatkan untung bukan buntung. Simak ulasannya berikut ini.

1.    Perhatikan Aspek Legalitas Apartemen yang Akan Dibeli
Legalitas dari segi izin lahan dan izin pembangunan apartemen harus diperhatikan. Jika tidak tentunya hal ini akan membawa banyak masalah pada masa yang akan datang. Apartemen tidak memiliki SHM (Sertifikat Hak Milik), tetapi hanya strata title atau sertifikat hak guna bangunan. Dengan demikian, pilihlah developer yang ternama sehingga memiliki track record yang bagus.

2.    Pilih Lokasi Apartemen yang Strategis
Karakteristik lokasi yang strategis adalah tidak harus berada di pusat kota asalkan dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti halte bus Trans Jakarta, stasiun kereta, sekolah, rumah sakit, dan tempat-tempat penting lainnya. Cobalah untuk mencari apartemen murah dengan lokasi yang strategis.

3.    Rawat Apartemen dengan Baik
Apartemen harus dirawat layaknya rumah tinggal. Bersihkan setiap ruangan di apartemen dan berikan dekorasi atau tambahan interior yang menarik. Penataan perabotan di dalam apartemen juga harus diperhatikan. Lakukan perawatan seperti perbaikan area yang rusak secara berkala. Apartemen yang terawat akan membuat nilai jual atau setidaknya nilai sewa menjadi tinggi.

4.    Sewakan Apartemen Jika Tidak Dihuni
Menyewakan apartemen adalah hal yang menguntungkan karena pemilik apartemen akan mendapatkan uang (income) setiap bulan atau sesuai periode kesepakatan sewa. Cara untuk menarik minat calon penyewa adalah promosikan di media sosial atau memasang iklan melalui portal khusus penyewaan apartemen, iklan baris, forum diskusi online, dan media lainnya. Selain itu, tetapkan harga sewa yang terjangkau. Cari tahu harga sewa apartemen lainnya dan lihat fasilitas yang diberikan. Jika ingin menarik minat tentunya harus diberi harga sewa yang murah. Cara lainnya adalah memasang harga seperti harga pada umumnya, tetapi memberikan tambahan fasilitas lain yang menarik sehingga menjadi nilai tambah tersendiri.

jual-apartemen.com

5.    Jual Kembali Apartemen dengan Harga yang Sesuai
Banyak orang yang mungkin belum tahu perkembangan atau informasi terkini tentang harga tanah di kawasan apartemen, juga kenaikan harga apartemen itu sendiri. Jual kembali apartemen harus mempertimbangkan tentang biaya-biaya yang sudah dikeluarkan selama memiliki apartemen seperti biaya maintenance. Jual apartemen di daerah strategis biasanya lebih mudah karena banyak orang yang mencari seperti jual apartemen Jakarta Barat.

Itulah sedikit ulasan tentang beli apartemen untuk investasi jangka panjang. Sudah setuju dan ingin mencoba untuk investasi? Pastikan pilihan Anda pada jual beli apartemen karena apartemen bisa disewakan sehingga terjamin menguntungkan. Selamat berinvestasi!




Komentar

  1. aaku masih bingung, ada yang bilang, punya investasi apartemen ga bisa lama. karena banyak biaya yg akan dikeluarkan, lbh baik investasi tanah atau bangunan milik sendiri.

    BalasHapus
  2. Lokasi strategis menurut saya jadi hal penting dimiliki oleh apartemen supaya orang atau klien bisa lebih maksimal dalam menjalankan usahanya.
    Termasuk harganya yg terjangkau pula. Hehehe

    BalasHapus
  3. Apartemen memang sekarang jadi pilihan generasi milenial untuk tempat hunian dan investasi ya. Lokasi yang strategis dan fasilitas yang lengkap jadi nilai plus daripada rumah. Tapi harus pandai cari apartemen berkualitas dengan harga yang terjangkau nih.

    BalasHapus
  4. Memiliki apartenen memang jadi pilihan untuk lain milenial mengingat mobilitas yang tinggi Dan lokasi tempat kerja yg berada si pusat kota

    BalasHapus
  5. Ini nih salah satu investasi yang bikin mupeng saat ini. Abisnya apartemen banyak yang suka. Mana sekarang mah bias sewa harian pula ya. Kalo punya, kalo liburan tiba, bias dipake sendiri. Kalo gak libur bias disewakan. Sangat menguntungkan.

    BalasHapus
  6. Aku dulu punya keinginan beli apartemen mbak, tapi sampai sekarang belum terwujud. Emang kelihatannya kayak lebih wah apartemen dibanding perumahan, apalagi kebanyakan apartemen dilengkapi dengan keamanan yang cukup ketat, desainnya juga modern-minimalis yg bikin enak dipandang. Semoga kesampaian dan bisa beli apartemen deh🤭

    BalasHapus
  7. Duly kukira apartmene itu ngga ada yang seluas rumah. Ternyata ku salah. Malah enaknya apartment itu udah furnished di dalannda.

    BalasHapus
  8. menarik bgt nih investasi di era sekarang ini jd pengen juga invest apart

    BalasHapus
  9. aku pernah ada mimpi pengen tinggal d apartemen jadi lebih simple, bisa jadi pertimbangan ah buat investasi yg oke

    BalasHapus
  10. mantaaappp, aku dulu waktu single pengen tinggal di apartemen...impian banget, soalnya simple dan lebih cocok sama kepribadianku.. namun, sejak punya anak mikir lagi, hehe.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Urus Ganti Plat, STNK, dan Bayar Pajak Mobil

5 Serial Drakor Paling Seru 2018

Menjadi Cantik Tanpa Sakit? Bisa Dong!