Langsung ke konten utama

Covid Test Mudah Melalui Aplikasi Halodoc



Sumber: covid19.kemkes.go.id


Corona Virus Disease (Covid 19) adalah wabah penyakit yang berawal dari Wuhan China, tetapi kini sudah menyebar di berbagai negara sehingga virus ini menjadi pandemi.  Virus ini sudah merasuki masyarakat Indonesia sekitar 3 bulan lamanya. Kondisi semua hal berubah, perekonomian lumpuh karena banyak usaha yang harus gulung tikar sehingga banyak karyawan yang dirumahkan.  Pemerintah sudah memberlakukan fase new normal saat ini, tetapi kewaspadaan harus ditingkatkan karena fase lockdown #dirumahsaja sudah selesai. Banyak orang yang sudah bepergian ke sana ke mari sehingga kemungkinan penyebaran virus ini meningkat.

Virus ini menyebar dengan sangat cepat sehingga harus dipastikan keberadaannya di tubuh seseorang melalui pemeriksaan medis yang bernama covid test atau rapid test. Jika ingin bepergian ke luar kota dan luar negeri dengan noda transportasi seperti pesawat dan kereta harus menyertakan hasil covid test sebagai syarat mutlak untuk bepergian jauh. Faktanya beberapa waktu yang lalu, ada beberapa orang yang pulang ke kampung halaman dengan membawa covid 19, padahal dia sudah melakukan covid test. Oleh karena itu, keakuratan hasil tes covid 19 sangat diperlukan agar penyebaran virus ini tidak bertambah banyak dan parah.


Sekilas tentang Rapid/Covid Test

sumber: beritasatu.com


Apa itu rapid test?

Rapid test adalah pemeriksaan kondisi tubuh seseorang dengan memakai sampel darah untuk mendeteksi immunoglobulin, yaitu antibodi yang dibentuk oleh tubuh ketika mengalami infeksi virus. Setelah itu, seseorang yang dinyatakan terinfeksi covid 19 bisa ditangani dengan cepat. Jadi, rapid atau covid test adalah tes risiko tertular covid 19.

Siapa yang harus melakukannya?

Orang-orang yang bertemu atau berkumpul dengan orang banyak setiap hari, bisa karena pekerjaan atau keperluan lainnya. Selain itu, seseorang yang mengalami atau menunjukkan gejala covid 19 atau mirip dengan gejala covid 19 harus melakukan tes ini.

(sumber valid: halodoc.com)


Layanan Covid Test Halodoc

Sumber: halodoc.com

Halodoc sudah menyediakan layanan rapid/covid test  yang bekerja sama dengan banyak rumah sakit di Jabodetabek. Tujuannya adalah membantu pemerintah menekan kenaikan kasus COVID-19.

Melakukan covid test Jakarta melalui halodoc sangat mudah. Hanya perlu download dan install aplikasi halodoc di smartphone Android atau Iphone. Simak cara mudah melakukan rapid test melalui Halodoc sebagai berikut.

1.   Buka aplikasi Halodoc yang sudah diinstal pada smartphone, lalu klik tombol "COVID-19 Test" dan pilih Lokasi Rapid Test Drive.
2.  Pilihlah tempat dan waktu yang diinginkan untuk melakukan rapid test.
3. Upload foto/scan informasi diri (KTP untuk orang dewasa atau Kartu Keluarga untuk anak di bawah umur 17 tahun), kemudian pemesanan bisa dilakukan.
4. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Biaya tes ini berbeda-beda sesuai dengan biaya jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang disediakan oleh pihak rumah sakit. 
5. Setelah pembayaran berhasil, Anda akan menerima SMS konfirmasi tentang jadwal tes dan detail pesanan. SMS ini harus ditunjukkan kepada petugas medis saat melakukan pemeriksaan di rumah sakit.  

halodoc icon
Sumber: halodoc.com


Hal-Hal yang Harus Dilakukan saat Covid Test

Lakukan beberapa hal berikut ketika melakukan covid test.
  • Datang tepat waktu berdasarkan jadwal yang telah dikonfirmasi (sebaiknya tidak datang terlalu awal). Jangan datang sendirian! Mintalah orang terdekat untuk menemani di lokasi tes.
  • Wajib memakai masker selama perjalanan dan selama di lokasi tes.
  • Setibanya di lokasi tes, pihak RS akan memeriksa KTP atau Kartu Keluarga dan SMS konfirmasi di Pos 1. Bawalah smartphone yang dipakai untuk melakukan booking. Tes berlaku untuk 1 (satu) pasien sesuai dengan KTP/KK yang telah didaftarkan saja.
  • Selanjutnya dilakukan pengambilan sampel darah dan penamaan test kit di Pos 2. 


Setelah serangkaian tes selesai, Anda harus segera meninggalkan area tes. Tidak perlu menunggu hasil tes karena hasilnya akan dikirimkan melalui SMS atau notifikasi pada aplikasi Halodoc dalam smartphone sekitar satu hari setelahnya. Gunakan aplikasi Halodoc dalam smartphone versi terbaru. Lakukan update aplikasi jika diperlukan.

Sumber: halodoc.com


Mudah sekali kan? Yuk gunakan aplikasi halodoc untuk melakukan covid test Jakarta. Selamat mencoba! 



Komentar

  1. Di halodoc bisa cek ya, makasih infonya nanti dicoba. Simpel juga ya cara-caranya.

    BalasHapus
  2. Simpel banget ya sekarang semua serba mudah. Pantesan pas buka
    aplikasi hallodok ada iklannya gitu.

    BalasHapus
  3. aku suka banget sama aplikasi Halodoc, masi bertahan di handphone karena emang kepake banget dan ngebantu kalo pas lagu mau beli obat.

    BalasHapus
  4. Aku sudah pernah coba nih via Halodoc, tapi belum sampai booking untuk rapid test sih. Dengan Halodoc urusan kesehatan jadi lebih praktis.

    BalasHapus
  5. Ini tuh sebelum melakukan test Covid bisa konsultasi dulu berartikan ya dengan dokter yang ada di Halodoc ini. Bagusnya lagi tuh kalau pakai Halodoc bisa langsung diarahkan ke rumah sakit terdekat ya.

    BalasHapus
  6. Udah beberapa kali baca review rapid test Halodoc. Cukup recommended ay sepertinya

    BalasHapus
  7. Di halodoc emang lengkap pilihan rumah sakit buat test covid begini. Harganya pun transparan

    BalasHapus
  8. Halodoc memang pilihan yang bagus bgt, bisa tau harga dan menentukan jadwal, jd mudah :)

    BalasHapus
  9. keberadaan halodoc ini sangat membantu karena bisa diakses secara mudah dan praktis bisa dimanapun dan kapanpun

    BalasHapus
  10. Halodoc ini andalan aku buat konsultasi kesehatan. Sekarang makin lengkap aja ya bisa tes covid juga. Praktis dan mudah.

    BalasHapus
  11. Halo doc ini keren banget ya, aku udah pernah pake sebelum mada pandemi malah Mba memudahkan kita. Sekaarng ada test covidnya pula ini

    BalasHapus
  12. Praktis ternyata kalau mau tesnya lewat Halodoc, ya. Udah jadi satu gitu, enggak perlu keluar masuk aplikasi berbeda dari mulai pilih, cari tahu, sampai pengiriman hasilnya.

    BalasHapus
  13. Adanya halodoc sangat membantu ya mbak, praktis kalau mau test bisa via test gak perlu bingung lagi

    BalasHapus
  14. Apps halodoc membantu banget nih, khususnya kalau butuh informasi terkait test rapid saat ini. Efisien dan enggak perlu searching sana-sini, tinggal klik beres.

    BalasHapus
  15. Sekarang jadi praktis tanpa perlu ke dokter menghemat waktu ya

    BalasHapus
  16. Wah simpel banget ya kalau mau rapid test. Efisien lagi. Aku ada aplikasi halodok, tapi belum pernah coba yang rapid ini. Jadi tahu sekarang, thank you mbak..

    BalasHapus
  17. wah aq baru tau nih halodoc bisa test covid, thanks ya infonya 🙏

    BalasHapus
  18. Bagus Halodoc yg merupakan aplikasi bisa memberikan pelayanan untuk rapid test. Jadi orang ngga perlu antri ke rumah sakit, tapi cukup daftar dulu baru datang.

    BalasHapus
  19. Untuk rapid test antigen bisa juga gak lewat halodoc ? Sekarang kebanyakan pake yang antigen kan karena prosesnya cepat gak perlu nunggu berhari-hari dan hasilnya akurat juga.

    BalasHapus
  20. Asik banget nih di Halodoc memang segala ada seputar kesehatan, termasuk covid test.
    Gampang pula ya caranya, makin dipermudah jaman now untuk selalu sehat hanya dalam genggaman

    BalasHapus
  21. Kalau aplikasi kesehatan seperti Halodoc ini semakin digencarkan, bukan tidak mungkin banyak orang yang akan melakukan covid test, terlebih cara nya yang gampang banget. Thanks for sharing this ;)

    BalasHapus
  22. Dulu sering banget saya pake Halodoc sebelum masa pandemi ini, Halodoc benar-benar keren dan lengkap banget dengan tersedia berbagai info kesehatan menarik dan bisa pesan obat langsung sedara online tanpa harus ke rumah sakit untuk mengantri nunggu obat. Terus biaya untuk konsul dokternya juga murah :)

    BalasHapus
  23. sekarang semakin mudah untuk akses tes covid tuh bisa praktis via halodoc, sudah banyak yang coba dan infoin juga sih di sosmed tuh, semoga ya ada vaksin bisa meredakan pandemi ini, lelah hayati gak sih rasanya

    BalasHapus
  24. keren ya halodoc, ngga hanya artikel2nya bermanfaat juga menyediakan layanan rapid/covid test

    sangat membantu masyarakat yang sedang kebingungan

    dulu sih selalu ke rumah sakit, tapi sekarang ngga berani deh deket2 rumah sakit ya?

    BalasHapus
  25. Denagn aplikasi semua kebutuhan bisa terjawab apalagi di kondisi seperti ini, kita agak kuatir bila harus langsung ke tempat praktek bila tidak mendesak. Pasti akan merasa aman berkonsultasi melalui aplikasi tanpa perlu meninggalkan rumah.

    BalasHapus
  26. lewat halodoc jadi memudahkan kita mendapat layanan kesehatan ya Daku baru mencoba membeli obat di halodoc, untuk tes itu belum pernah.

    BalasHapus
  27. Ini nanti diarahkannya ke rumah sakit terdekat atau kita bisa pilih lokasi rumah sakitnya ya?

    BalasHapus
  28. wah hebat ya halododc ada layanan rapid testnya keren nih

    BalasHapus
  29. Punya app halodoc di hp is a must. Apalagi ternyata untuk test covid pun sudah bisa membuat appointment dari app. Keren terobosan dari halodoc.

    BalasHapus
  30. Aplikasi halodoc ini memang memudahkan banget, ya. Selain bisa rapid tes kita juga bisa konsultasi ke dokter dan beli obat lewat halodoc

    BalasHapus
  31. Membantu sekali Halodoc untuk tes rapid. Praktis dan efisien sehingga nggak perlu menunggu lama di tempat tes.

    BalasHapus
  32. Kalau ada ada tinggal hubungi dokter lewat halodoc bisa, skrg bahkan untuk test pun bisa janjian dulu sama halodoc. Praktisi bgt sih.. Halodoc tahu bgt kebutuhan masyarakat kita yaa

    BalasHapus
  33. Semakin dimudahkan ya melalui halodoc sudah bisa pesan layanan rapid rest.
    Terima kasih infonya

    BalasHapus
  34. Aku mau coba rapid test antigen juga ah di Halodoc, lengkap soalnya ya

    BalasHapus
  35. Bagus ada layanan rapid dari Halodoc, proses daftar secara online membantu kita engga berlama2 antre di lokasi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Pledge to God, Drama Korea yang Menyayat Hati

Anneyeong haseo chingu , Kali ini, aku mau share tentang  A Pledge to God , Drama Korea yang Menyayat Hati. Awalnya iseng, cari-cari di Viu karena udah bosen dengan drakor yang hits kayak Crash Landing on You (CLOY) dan The World of Married . Gak sengaja, benar-benar lagi iseng-iseng aja scroll daftar drakor di VIU, eh tau-tau muncul A Pledge to God. Padahal ini bukan drama baru karena mulai tayang ( kalo aku mulai tayang ama dia kapan ya? wkwk ) di MBC TV Korea selatan pada 24 November 2018. Baca sekilas sinopsisnya langsung jatuh cinta dan penasaran dengan jalan ceritanya. Cover A Pledge to God (Sumber: Asianwiki.com) Aku suka banget drakor yang sedih binti mengharukan gitu. Terngiang-ngiang sama ceritanya Endless Love (Autumn in My Heart ). Film yang dibintangi oleh Song Hye Kyo, Song Seung Heon, dan Won Bin benar-benar everlasting story deh. Mau nonton berapa kali juga ujung-ujungnya mewek. Nah sama nih, nonton drakor ini juga bawaannya pengen mewek. Oke cukup, yuk lanjut

Pengalaman Pertama Urus Ganti Plat, STNK, dan Bayar Pajak Mobil

Wonder woman does exist, yeah it's me ! hahaha narsis dulu dikit Jadi tuh kemarin 7 Feb 2019 menjadi pengalaman pertama dan tentunya berkesan bagi aku karena harus mengurus kelengkapan negara yang berhubungan dengan pajak mobil. Pada awalnya aku cuma mau bayar pajak tahunan mobil di Samsat Jakarta Utara tepatnya di Mall Artha Gading Lantai 3. Ternyata pemirsa, plat mobil aku udah kadaluwarsa tahun ini jadi gak bisa bayar pajak sebelum platnya diganti. Jadilah aku disuruh sama petugasnya untuk mengurus semua itu di Samsat induk Jakarta Utara dan Jakarta Pusat yang berlokasi di Pademangan seberang Mangga Dua Square. Ketentuan untuk mengganti plat mobil tuh harus cek fisik mobil dulu jadi aku harus bawa mobil. Oke jadinya kuputuskan keesokan harinya (7 Feb 2019) saja aku mengurus semuanya dengan cuti dari kantor. The day is coming. .. jeng jeng jeng,,, Aku nyetir mobil sendirian sambil pelan-pelan pas udah sampe di belokan seberang Ancol menuju lokasi. Sebenarnya aku masih ragu

Menjadi Cantik Tanpa Sakit? Bisa Dong!

Dear pretty, Setiap wanita pasti ingin cantik terutama bagi wanita yang belum memiliki pasangan yang sah (suami). Tidak bisa dipungkiri karena kaum lelaki pasti melihat perempuan untuk didekati apalagi diseriusi tentu saja hal yang pertama dilihat adalah fisik. Wajah adalah bagian utama yang dilihat oleh kaum adam. Jika kulitnya bagus dan bersinar ( glowing ) tentu saja kaum adam akan tertarik. Wajah cantik (ciptaan Tuhan YME) yang tidak dirawat tentu akan kalah menarik dengan wajah biasa (ciptaan Tuhan YME) yang bersinar karena dirawat. Beauty is pain? Oh No! Sekarang ada dong cara untuk mempercantik diri tanpa rasa sakit. Wow bagaimana caranya? Pakai apa? eng.. ing... eng.... jawabannya adalah pakai paket Ageloc Nu Skin yang ada di dalam paket Power of One (Home Spa) . Beruntung akhirnya aku bisa kenal sama Nu Skin. Punya paket Power of One (Home Spa) membuat aku bisa melakukan treatment wajah sendiri di rumah. Tak perlu repot-repot pergi ke salon, malahan aku bisa buka