Covid Test Mudah Melalui Aplikasi Halodoc



Sumber: covid19.kemkes.go.id


Corona Virus Disease (Covid 19) adalah wabah penyakit yang berawal dari Wuhan China, tetapi kini sudah menyebar di berbagai negara sehingga virus ini menjadi pandemi.  Virus ini sudah merasuki masyarakat Indonesia sekitar 3 bulan lamanya. Kondisi semua hal berubah, perekonomian lumpuh karena banyak usaha yang harus gulung tikar sehingga banyak karyawan yang dirumahkan.  Pemerintah sudah memberlakukan fase new normal saat ini, tetapi kewaspadaan harus ditingkatkan karena fase lockdown #dirumahsaja sudah selesai. Banyak orang yang sudah bepergian ke sana ke mari sehingga kemungkinan penyebaran virus ini meningkat.

Virus ini menyebar dengan sangat cepat sehingga harus dipastikan keberadaannya di tubuh seseorang melalui pemeriksaan medis yang bernama covid test atau rapid test. Jika ingin bepergian ke luar kota dan luar negeri dengan noda transportasi seperti pesawat dan kereta harus menyertakan hasil covid test sebagai syarat mutlak untuk bepergian jauh. Faktanya beberapa waktu yang lalu, ada beberapa orang yang pulang ke kampung halaman dengan membawa covid 19, padahal dia sudah melakukan covid test. Oleh karena itu, keakuratan hasil tes covid 19 sangat diperlukan agar penyebaran virus ini tidak bertambah banyak dan parah.


Sekilas tentang Rapid/Covid Test

sumber: beritasatu.com


Apa itu rapid test?

Rapid test adalah pemeriksaan kondisi tubuh seseorang dengan memakai sampel darah untuk mendeteksi immunoglobulin, yaitu antibodi yang dibentuk oleh tubuh ketika mengalami infeksi virus. Setelah itu, seseorang yang dinyatakan terinfeksi covid 19 bisa ditangani dengan cepat. Jadi, rapid atau covid test adalah tes risiko tertular covid 19.

Siapa yang harus melakukannya?

Orang-orang yang bertemu atau berkumpul dengan orang banyak setiap hari, bisa karena pekerjaan atau keperluan lainnya. Selain itu, seseorang yang mengalami atau menunjukkan gejala covid 19 atau mirip dengan gejala covid 19 harus melakukan tes ini.

(sumber valid: halodoc.com)


Layanan Covid Test Halodoc

Sumber: halodoc.com

Halodoc sudah menyediakan layanan rapid/covid test  yang bekerja sama dengan banyak rumah sakit di Jabodetabek. Tujuannya adalah membantu pemerintah menekan kenaikan kasus COVID-19.

Melakukan covid test Jakarta melalui halodoc sangat mudah. Hanya perlu download dan install aplikasi halodoc di smartphone Android atau Iphone. Simak cara mudah melakukan rapid test melalui Halodoc sebagai berikut.

1.   Buka aplikasi Halodoc yang sudah diinstal pada smartphone, lalu klik tombol "COVID-19 Test" dan pilih Lokasi Rapid Test Drive.
2.  Pilihlah tempat dan waktu yang diinginkan untuk melakukan rapid test.
3. Upload foto/scan informasi diri (KTP untuk orang dewasa atau Kartu Keluarga untuk anak di bawah umur 17 tahun), kemudian pemesanan bisa dilakukan.
4. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Biaya tes ini berbeda-beda sesuai dengan biaya jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang disediakan oleh pihak rumah sakit. 
5. Setelah pembayaran berhasil, Anda akan menerima SMS konfirmasi tentang jadwal tes dan detail pesanan. SMS ini harus ditunjukkan kepada petugas medis saat melakukan pemeriksaan di rumah sakit.  

halodoc icon
Sumber: halodoc.com


Hal-Hal yang Harus Dilakukan saat Covid Test

Lakukan beberapa hal berikut ketika melakukan covid test.
  • Datang tepat waktu berdasarkan jadwal yang telah dikonfirmasi (sebaiknya tidak datang terlalu awal). Jangan datang sendirian! Mintalah orang terdekat untuk menemani di lokasi tes.
  • Wajib memakai masker selama perjalanan dan selama di lokasi tes.
  • Setibanya di lokasi tes, pihak RS akan memeriksa KTP atau Kartu Keluarga dan SMS konfirmasi di Pos 1. Bawalah smartphone yang dipakai untuk melakukan booking. Tes berlaku untuk 1 (satu) pasien sesuai dengan KTP/KK yang telah didaftarkan saja.
  • Selanjutnya dilakukan pengambilan sampel darah dan penamaan test kit di Pos 2. 


Setelah serangkaian tes selesai, Anda harus segera meninggalkan area tes. Tidak perlu menunggu hasil tes karena hasilnya akan dikirimkan melalui SMS atau notifikasi pada aplikasi Halodoc dalam smartphone sekitar satu hari setelahnya. Gunakan aplikasi Halodoc dalam smartphone versi terbaru. Lakukan update aplikasi jika diperlukan.

Sumber: halodoc.com


Mudah sekali kan? Yuk gunakan aplikasi halodoc untuk melakukan covid test Jakarta. Selamat mencoba! 



Komentar

  1. Di halodoc bisa cek ya, makasih infonya nanti dicoba. Simpel juga ya cara-caranya.

    BalasHapus
  2. Simpel banget ya sekarang semua serba mudah. Pantesan pas buka
    aplikasi hallodok ada iklannya gitu.

    BalasHapus
  3. aku suka banget sama aplikasi Halodoc, masi bertahan di handphone karena emang kepake banget dan ngebantu kalo pas lagu mau beli obat.

    BalasHapus
  4. Aku sudah pernah coba nih via Halodoc, tapi belum sampai booking untuk rapid test sih. Dengan Halodoc urusan kesehatan jadi lebih praktis.

    BalasHapus
  5. Ini tuh sebelum melakukan test Covid bisa konsultasi dulu berartikan ya dengan dokter yang ada di Halodoc ini. Bagusnya lagi tuh kalau pakai Halodoc bisa langsung diarahkan ke rumah sakit terdekat ya.

    BalasHapus
  6. Udah beberapa kali baca review rapid test Halodoc. Cukup recommended ay sepertinya

    BalasHapus
  7. Di halodoc emang lengkap pilihan rumah sakit buat test covid begini. Harganya pun transparan

    BalasHapus
  8. Halodoc memang pilihan yang bagus bgt, bisa tau harga dan menentukan jadwal, jd mudah :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Serial Drakor Paling Seru 2018

Pengalaman Pertama Urus Ganti Plat, STNK, dan Bayar Pajak Mobil

Menjadi Cantik Tanpa Sakit? Bisa Dong!