Langsung ke konten utama

Doa Setelah Sholat Tahajud dan Keutamaan Sholat Tahajud

Seorang muslim yang rutin melaksanakan sholat tahajud pada sepertiga malam akan mendapatkan banyak manfaat karena sholat tahajud memiliki banyak keutamaan. Sangat dianjurkan membaca dzikir dan doa karena diyakini doa setelah sholat tahajud akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Doa-Setelah-Shalat-Tahajud
Doa Setelah Shalat Tahajud

Membaca doa setelah menunaikan sholat tahajud merupakan hal yang sangat penting dilakukan karena dipercaya doa akan diijabah dan mendapatkan pahala berlimpah bagi yang melaksanakannya. Apalagi sholat tahajud hukumnya sunnah muakkad, yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan bagi setiap muslim. Berikut bacaan doa yang dianjurkan setelah sholat tahajud seperti dibagikan Indozone.


Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Dengan membaca doa setelah sholat tahajud senantiasa segala hajat akan diijabah dengan mudah, serta diberikan keselamatan. Adapun bacaan doa yang dianjurkan setelah menjalankan sholat tahajud adalah sebagai berikut:

Allaahumma rabbana lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu 'alaihi wasallama haqqun wassaa'atu haqqun."

"Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa 'alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wabika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu, wama asrartu, wamaa a'lantu, wama anta a'lamu bihi minni. Antal muqaddimu, wa antal muakhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah."

Artinya : "Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk didalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk didalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk didalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar."

 "Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku menghadapi musuhku. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang (mungkin) akan kulakukan kemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

Itulah bacaan doa setelah sholat tahajud yang dianjurkan agar setiap hajat yang ingin dilaksanakan bisa terkabul dan diijabah oleh Allah SWT. Maka dari itu, setiap setelah sholat tahajud bisa baca doa di atas sehingga bisa mempermudah setiap urusan.


Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaan-Shalat-Tahajud
Keutamaan Shalat Tahajud

Ada banyak keutamaan sholat tahajud yang disebutkan dari berbagai sumber, salah satunya menjadi salah satu media yang mustajab mengantarkan doa untuk kehidupan yang barokah. Adapun keutamaan lainnya sebagai berikut. 

  1. Menghapus dosa-dosa yang diperbuat semasa hidup
  2. Mendatangkan kesehatan dan keselamatan dunia akhirat
  3. Menjamin kebutuhan hidup bisa terpenuhi
  4. Membawa ke tempat terpuji dan mulia di sisi Allah SWT
  5. Dilindungi Allah dari segala macam marabahaya
  6. Dibangkitkan dari kubur dengan wajah bercahaya
  7. Berjalan di atas Shirat bagaikan kilat

 

Demikian penjelasan tentang doa setelah sholat tahajud dan keutamaan saat rutin melaksanakannya, senantiasa selalu diberkahi Allah SWT, serta diberikan kemudahan dalam menjalankan kehidupan. Semoga informasinya bermanfaat.


Komentar

  1. Alhamdulillah terimakasih atas artikel menampar kita agar rajin sholat malam dekat dengan yang menciptakan kita sebagai manusia di bumi ini

    BalasHapus
  2. Bermanfaat ren.. makasih udah saling mengingatkan ya

    BalasHapus
  3. Masha Allah, semoga kita semua dimudahkan dalam melaksanakan sholat tahajud secara rutin..

    BalasHapus
  4. masya Allah semoga kita bisa melaksanakannya dan makasih ya mbak

    BalasHapus
  5. Sedih aku skr ini jadi ga pernah solat malam lagi -_- . Angot2an gitu , kadang kalo rajin, bisa rutin. Tapi kalo udh bablas, kelamaan juga balasnya :(.

    Baca ini jadi pengen dirutinin lagi solat malam, Ama Dhuha sekalian

    BalasHapus
  6. masyaAllah banyak banget memang kelebihan sholat tahajud, sayang banget kl dilewatin sehari aja

    BalasHapus
  7. MasyaAllah mb semoga Allah terus mudahkan mb dan keluarga, bermanfaat banget ini sharingnya, jadi pengingat diri juga kalo tahajuud punya banyak keutamaan

    BalasHapus
  8. Huhu.. makasih pengingat nya mbak. Dulu waktu single bisa sholat malam, tapi sekarang bablas tidur sampai pagi. Hiks. Harus berusaha lebih semangat lagi nih

    BalasHapus
  9. inginnya rutin shalat tahajud tapi tuh suka takut bangun tengah malam, hihihi tapi memang bener deh mba shalat tahajud ini banyak sekali manfaatnya selain memang untuk mempermudah hajat kita tapi untuk aku sendiri secara pribadi juga membiasakan diri kita untuk lebih banyak mengingat dengan segala berkah yg Allah berikan

    BalasHapus
  10. Aduh jadi reminder nih buat aku yang jarang solat tahajud. Sekarang sering kecapean kerja jadi nggak pernah bisa bangun tengah malam. Semoga nanti bisa rutin lagi kayak dulu.

    BalasHapus
  11. MasyaAllah, begitu banyak keutamaan Shalat Tahajjud ini ya, bahkan di antara shalat sunnah lainnya, shalat Tahajjud inilah yang menjamin kita di hari akhir ya.

    BalasHapus
  12. Makasih beb diingatkan, semoga terus dimudahkan buat bangun malam sholat tahajud yaaa..

    BalasHapus
  13. Makasih mba reminder nya, walaupun masih mengandalkan alarm hape atau dibangunin orang rumah, yg penting shalat tahajud tetep jalan. Doanya wajib dihafal nih!

    BalasHapus
  14. Jadi reminder banget nih artikelnya, sholat tahajud ku masih jarang-jarang, jadi pengen banget dirajinin karena keutamaan sholat tahajud luar biasa banget

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Pledge to God, Drama Korea yang Menyayat Hati

Anneyeong haseo chingu , Kali ini, aku mau share tentang  A Pledge to God , Drama Korea yang Menyayat Hati. Awalnya iseng, cari-cari di Viu karena udah bosen dengan drakor yang hits kayak Crash Landing on You (CLOY) dan The World of Married . Gak sengaja, benar-benar lagi iseng-iseng aja scroll daftar drakor di VIU, eh tau-tau muncul A Pledge to God. Padahal ini bukan drama baru karena mulai tayang ( kalo aku mulai tayang ama dia kapan ya? wkwk ) di MBC TV Korea selatan pada 24 November 2018. Baca sekilas sinopsisnya langsung jatuh cinta dan penasaran dengan jalan ceritanya. Cover A Pledge to God (Sumber: Asianwiki.com) Aku suka banget drakor yang sedih binti mengharukan gitu. Terngiang-ngiang sama ceritanya Endless Love (Autumn in My Heart ). Film yang dibintangi oleh Song Hye Kyo, Song Seung Heon, dan Won Bin benar-benar everlasting story deh. Mau nonton berapa kali juga ujung-ujungnya mewek. Nah sama nih, nonton drakor ini juga bawaannya pengen mewek. Oke cukup, yuk lanjut

Review Singkat Mamas Choice Rash Cream

  Mama's Choice Bayi yang berusia kurang dari 2 tahun sangat rentan terkena ruam karena kulitnya masih sangat sensitif. Ada banyak faktor penyebab munculnya ruam di kulit bayi. Beberapa penyebab yang utama antara lain biang keringat, gigitan serangga seperti nyamuk, dan pemakaian popok yang tidak cocok. Yuk kita bahas penyebab ruam kulit pada kulit dan cara mengatasinya dengan produk yang tepat. Penyebab Ruam Kulit pada Bayi Ada banya penyebab ruam kulit pada bayi, tetapi tulisan ini hanya akan membahas beberapa penyebab yang paling sering dialami oleh bayi. Ulasannya sebagai berikut. 1.    Biang Keringat Biang keringat terjadi akibat pori-pori kulit bayi lebih kecil daripada pori-pori orang dewasa sehingga ketika banyak berkeringat, bayi mungkin mengalami ruam terutama pada area lipatan tubuh yang tertutup pakaian. Area-area yang paling sering terjadi ruam akibat biang keringat antara lain leher, lengan, perut, paha, dan bokong.    2.    Dermatitis Kontak Dermatitis k

3 Tipe Karakter Manusia

Ohayo Gozaimasu, Pagi2 mau bahas tentang tipe karakter dasar manusia. Apakah itu? Sebagian besar orang mungkin hanya tahu 2 tipe karakter, yaitu ekstrovert dan introvert. Eittss, ternyata sebenarnya ada 3 tipe lho. Satu tipe lagi yang mungkin belum diketahui adalah ambivert. Kebetulan aku termasuk tipe ambivert, jadi menurutku ketiga karakter ini penting buat dibahas. Tiba-tiba ingin membahas tentang hal ini karena aku lagi suka bahas karakter orang-orang bareng teman-teman. Dahulu aku masih bingung sebenarnya aku termasuk karakter ekstrovert atau introvert karena aku merasa memiliki beberapa sifat dan kebiasaan dari kedua tipe tersebut. Lalu aku berpikir, apakah aku ini sejenis alien? Hahaha baru-baru ini akhirnya aku menemukan jawabannya. Ternyata aku masuk ke ambivert yang merupakan irisan dari introvert dan ekstrovert. Introvert, Extrovert, dan Ambivert pertama kalinya diperkenalkan oleh seorang psikolog terkenal dari Swiss yang bernama Carl Gustav Jung (C.G Jung). Men