Songgo Langit, Wisata Jogja yang Instagramable Bingits


Sesuai dengan namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta, kota ini selalu istimewa di hati banyak orang Indonesia. Setuju? Jika lama tidak berwisata di kota ini rasanya ada rindu di hati yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Rasa rindu membuat kota ini selalu terlintas di dalam pikiran. Setidaknya setahun sekali harus berkunjung ke Jogja karena banyak tempat wisata yang harus dikunjungi. Walaupun bukan kampung halaman, tetapi kota ini harus masuk daftar kunjungan rutin supaya kepenatan sirna dan tenaga kembali terisi ulang sehingga lebih semangat untuk menjalani rutinitas harian lagi di Jakarta.

Tidak perlu waktu lama untuk merencanakan wisata Jogja ini karena teman-teman yang diajak biasanya langsung setuju untuk ikut serta berwisata murah. Jogja terkenal dengan wisata murah karena memang benar biaya hidup seperti harga penginapan, harga tiket masuk wisata, terutama harga makanan di Jogja benar-benar murah. Ada sebuah kawasan di Jogja yang menarik hati sejak lama, yaitu Mangunan. Kenapa begitu menarik? Alasannya adalah Mangunan itu sejuk karena terletak di kaki gunung dan dikelilingi dengan hutan-hutan yang rindang termasuk hutan pinus.

Eiitss, tapi kali ini tidak membahas hutan pinus. Tempat wisata yang akan dibahas adalah Songgo Langit yang artinya "Penyangga Langit". Aku sudah lama penasaran dengan tempat wisata Jogja ini karena foto-fotonya bertebaran di instagram. Benar-benar instagramable, tempat wisata Seribu Batu Songgo Langit dibuat seperti negeri dongeng. Tempat ini begitu unik karena rumah-rumah yang terbuat dari jerami tersusun rapi bertangga-tangga. Saat tiba di tempat ini, aku sempat bengong karena merasa tempat ini seperti khayalan. Tak sabar untuk mengabadikan sudut-sudut keren tempat ini terutama menjadi model di antara deretan rumah-rumah lucu di Songgo Langit.





Sebaiknya datang pagi agar tempatnya tidak terlalu ramai, Kalau mau foto di area rumah-rumah lucu harus rela antri atau bergantian karena banyak orang yang mau mengabadikan momen dan diri baik swafoto (selfie) atau foto beramai-ramai dengan teman atau keluarga di lokasi yang instagramable bingits. Disarankan pakai baju yang keren supaya hasil fotonya bagus dan mendukung background rumah kurcaci yang memang sudah indah. Contohnya seperti fotoku ini, hasil fotonya jadi cemerlang.

Hello It's Me

Kalau mau uji adrenalin di tempat ini bisa cobain Flying Fox di tempat ini lho, hanya merogoh kocek sebesar Rp15.000 per orang, murah banget kan? Yaiyalah Jogja gitu lho... Kalau kamu berniat untuk berwisata ke tempat ini juga, lokasinya di Dusun Sukarame, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jadi, gak usah bingung kalau mau berkunjung. Sewa mobil plus supir seperti yang aku lakukan, tau-tau sampe deh di lokasi. Jangan sedih, kalau mau ala backpacker dengan naik motor juga bisa karena tempat ini mudah ditemukan dengan mengandalkan GPS smartphone atau GPS lokal (penduduk asli). But, kalau gak ngerti arah mata angin, ga tau selatan atau utara dll di mana mending ga usah nanya warga lokal. Soalnya orang Jogja tuh kalau ditanya arah atau lokasi pasti jawabnya, ke selatan terus aja lalu ke timur, dll... Pusing deh kepala Barbie,,, hehehe

Ini area yang mirip rumah hobbiton

Asyiknya tempat ini cukup bayar biaya Rp 5.000 per orang lho. Murah? Banget, soalnya tempat ini masih tergolong baru jadi belum dipasang tarif yang mahal kali ya. Kalau naik kendaraan pribadi harus bayar parkir juga. Normal kok untuk motor Rp 2000 dan mobil Rp 5.000 aja. Hayuk eksplor Mangunan terutama Songgo Langit ini. Rasanya damai dan bahagia deh kalau berada di sini. Buruan mumpung belum banyak banget yang ke sana trus harga tiketnya jadi mahal. Oh iya, kalau lagi bingung nih mau ke mana ya daerah yang sejuk tapi gak terlalu dingin, jawaban untuk kebingunganmu adalah Mangunan.


Happy traveling good people... !



Komentar

  1. Waaaa....bagus banget nih, mau ah kesini kalo ke Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes harus alias wajib ke area mangunan klo ke jogja.. jgn main ke daerah yg itu2 aja hehe.. sejuk banyak pohon pinusnya daerah ini...

      Hapus
  2. waa keren. pengen ikutan foto di situ juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.. kudu pake outfit kece biar hasil fotonya kecee juga hehe skalian bawa kamera yg bagus

      Hapus
  3. Kalau berfoto di antara rumah kurcaci slalu kliatan bagus ya mba. Pas dengan penataaan foto. Biaya masuknya pun terjangkau :). Moga suatu saat aku bisa ke sana ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumahnya lucu-lucu banget.. rasanya ga mau pindah atau pulang dari tempat itu... harus direncanakan ke Mangunan... banyak tempat wisata kece di sana

      Hapus
  4. Wah asik banget tempatnya mba, maret nnt.aku mau rame2 sama geng kuliah ke jogya, semoga bisa kesini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik bgt... agendakan ke Mangunan ya.. di sana ada hutan pinus mangunan, songgo langit ini, ga jauh dari sana ada tebing breksi juga...

      Hapus
  5. Wih asik banget tempatnya ya
    Suasana alami. Bentuk rumah-rumahnya unik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya unik banget,,, ga akan nyesel kalau ke sana... pengunjungnya bukan cuma anak2 muda tapi ibu2 zaman now juga suka selfie2 di tempat unik kayak gitu...

      Hapus
  6. Wah Tunik yaks, cakep buat foto-foto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Andri komennya beda sendiri nih ke tunik yang saya pakai... Kebetulan saya emang tipe orang yang selalu rencanakan pakaian yang mau dipakai biar bagus hasil fotonya...

      Hapus
  7. Bisa jadi alternatif Hutan Pinus nih. Duh menyesal baca ini pas udah pulang dari Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jogja selalu istimewa mbak, pasti kangen deh pengen ke Jogja lagi... Kalau ke Jogja lagi ubah haluan destinasi ke Mangunan karena banyak banget tempat kece di sana...

      Hapus
  8. Harus persiapan nih pakaiannya kalau mau ke sana. Biar fotonya maksimal hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha bener banget... kenang2an yang akan terus bisa dilihat dan bikin inget cuma foto...

      Hapus
  9. bisa sebagai tempat kemping juga gak sih kak? kayaknya seru tuh..

    sae

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehmm,,,asoy bgt kynya bisa kemping di sana tp kynya ga bisa karena areanya penuh sama rumah2 unik itu..

      Hapus
  10. Oke sssip, harus kesini kalo nanti ke jogja :D. Mendengar tempatnya sejuk aja aku udh semangat. Paling suka ama tempat wisata berbau alam gini mba, apalagi kalo ada wahana ekstremnya seperti flying fox. Udh pasti hrs aku coba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sejuk karena banyak pohon pinus.. betah lama2 di sana...

      Hapus
  11. Makin banyak tempat menarik di Jogja nih :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer