Jurus Jitu Cari Kost Sesuai Kantong di Jakarta

Orang yang merantau di Jakarta tanpa saudara atau teman yang dikenal tentu saja menjadi kendala tersendiri untuk mencari kost murah yang sesuai kantong. Ketersediaan tempat yang bisa disewa tentu banyak, tetapi tempat yang murah dan nyaman cukup sulit untuk ditemukan. Sebagai ibukota, Jakarta cukup terkenal dengan julukan “apa-apa serba mahal” terutama bagi orang yang gajinya tidak besar. 

Kost Jakarta

Lokasi kost yang strategis dan dekat dengan tempat kerja atau kampus biasanya diminati, tetapi masalahnya justru tempat kost seperti itu pasti laris manis. emacetan dan biaya transportasi adalah aspek yang harus dipertimbangkan sebelum memilih tempat kost. Proses mencari kost Jakarta murah tidaklah mudah. Waktu yang dibutuhkan bisa lebih dari satu minggu jika dicari secara manual, yaitu berkeliling ke banyak tempat dengan penuh pengorbanan. Thanks to technology, sekarang mencari kost murah menjadi lebih mudah. Cukup browsing dengan koneksi internet, tak berapa lama pasti akan segera menemukan. Simaklah jurus jitu cari kost sesuai kantong di Jakarta berikut ini agar tidak buang waktu dan tenaga lebih banyak.

1. Tentukan Budget Sewa
Harga sewa rumah di Jakarta bervariasi, dari murah hingga mahal nan mewah juga ada. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan anggaran (budget) untuk kost. Buatlah anggaran dengan range harga tertentu sesuai gaji atau uang bulanan dari orangtua, misalnya Rp 500.000 hingga Rp 700.000 per bulan. Perhatikan juga tentang fasilitas yang disediakan dengan harga kost tertentu. Jika ventilasi udara dan aliran air kurang baik sebaiknya tidak menyewa di tempat itu. Keamanan dan kenyamanan juga harus diperhatikan agar uang atau barang yang diletakkan di kamar kost tidak hilang dicuri. Terkadang hal-hal seperti itu kurang diperhatikan oleh para penyewa.

Kost Jakarta


2.  Tentukan Lokasi yang Strategis
Kemacetan Jakarta harus dipertimbangkan saat mencari lokasi kost. Pilihlah tempat yang dekat dengan lokasi kerja atau kampus sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Cukup berjalan kaki sebentar, tak berapa lama telah tiba di tempat tujuan. Pertimbangkan juga lokasi yang dekat dengan pasar tradisional agar tidak kesulitan saat membutuhkan barang-barang tertentu dan membeli bahan makanan. Dekat dengan warung atau tempat makan harus diperhatikan karena anak kost biasanya tidak sempat masak atau tempat kost tidak menyediakan dapur untuk memasak. Jika lokasi kost agak jauh dari kantor atau kampus sebaiknya lokasi kost dekat dengan akses kendaraan umum seperti halte Trans Jakarta atau stasiun kereta (KRL). Alternatif lainnya, pilih tempat kost yang tidak terlalu jauh sehingga saat harus memesan ojek online, jarak dari kos ke tempat kerja atau kampus masih dalam tarif minimum (biasanya 5 km).

3.  Cari Tempat Kost secara Online
Dengan memanfaatkan teknologi saat ini, carilah tempat kost secara online setelah menentukan budget dan perkiraan lokasi. Kita bisa mengandalkan beberapa aplikasi atau website pencari kos jika tidak ada referensi teman. Ada dua website yang disarankan, yaitu www.kostjakarta.com dan www.sewa-rumah.net yang bisa dikunjungi untuk mencari referensi kost. Kedua website tersebut menyediakan informasi yang lengkap. Setelah menemukan tempat yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah survey tempat. Sebaiknya tidak langsung percaya dengan gambar, datangi terlebih dahulu supaya yakin, barulah membayar uang DP sebagai pengikat agar tempatnya tidak disewa oleh orang lain. Terkadang gambar atau foto yang ditampilkan dalam website/aplikasi tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Sebelum datang ke lokasi sebaiknya hubungi pemilik kost terlebih dahulu untuk memastikan tempat kosong masih tersedia atau tidak dan harganya sesuai informasi website atau tidak.

Itulah 3 jurus jitu yang harus diterapkan oleh para pencari kost yang tidak punya rekan atau saudara di Jakarta agar bisa mendapatkan tempat kost nyaman dan murah dalam waktu singkat. Jika merasa informasi ini sangat bermanfaat, sebaiknya sebarkan link artikel ini kepada teman atau kerabat agar mereka tidak merasakan kesulitan yang sama. Tolong menolong dalam kebaikan akan memudahkan segala urusan kita lho. Jadi, jangan ragu untuk menyebarkan berita baik agar tidak tertimpa dengan berita buruk dan hoax. Buat kalian yang sedang mencari tempat kost, semoga artikel ini membantu ya. Semangat!


Komentar