Jurus Jitu Cari Kost Sesuai Kantong di Jakarta

Orang yang merantau di Jakarta tanpa saudara atau teman yang dikenal tentu saja menjadi kendala tersendiri untuk mencari kost murah yang sesuai kantong. Ketersediaan tempat yang bisa disewa tentu banyak, tetapi tempat yang murah dan nyaman cukup sulit untuk ditemukan. Sebagai ibukota, Jakarta cukup terkenal dengan julukan “apa-apa serba mahal” terutama bagi orang yang gajinya tidak besar. 

Kost Jakarta

Lokasi kost yang strategis dan dekat dengan tempat kerja atau kampus biasanya diminati, tetapi masalahnya justru tempat kost seperti itu pasti laris manis. emacetan dan biaya transportasi adalah aspek yang harus dipertimbangkan sebelum memilih tempat kost. Proses mencari kost Jakarta murah tidaklah mudah. Waktu yang dibutuhkan bisa lebih dari satu minggu jika dicari secara manual, yaitu berkeliling ke banyak tempat dengan penuh pengorbanan. Thanks to technology, sekarang mencari kost murah menjadi lebih mudah. Cukup browsing dengan koneksi internet, tak berapa lama pasti akan segera menemukan. Simaklah jurus jitu cari kost sesuai kantong di Jakarta berikut ini agar tidak buang waktu dan tenaga lebih banyak.

1. Tentukan Budget Sewa
Harga sewa rumah di Jakarta bervariasi, dari murah hingga mahal nan mewah juga ada. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan anggaran (budget) untuk kost. Buatlah anggaran dengan range harga tertentu sesuai gaji atau uang bulanan dari orangtua, misalnya Rp 500.000 hingga Rp 700.000 per bulan. Perhatikan juga tentang fasilitas yang disediakan dengan harga kost tertentu. Jika ventilasi udara dan aliran air kurang baik sebaiknya tidak menyewa di tempat itu. Keamanan dan kenyamanan juga harus diperhatikan agar uang atau barang yang diletakkan di kamar kost tidak hilang dicuri. Terkadang hal-hal seperti itu kurang diperhatikan oleh para penyewa.

Kost Jakarta


2.  Tentukan Lokasi yang Strategis
Kemacetan Jakarta harus dipertimbangkan saat mencari lokasi kost. Pilihlah tempat yang dekat dengan lokasi kerja atau kampus sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Cukup berjalan kaki sebentar, tak berapa lama telah tiba di tempat tujuan. Pertimbangkan juga lokasi yang dekat dengan pasar tradisional agar tidak kesulitan saat membutuhkan barang-barang tertentu dan membeli bahan makanan. Dekat dengan warung atau tempat makan harus diperhatikan karena anak kost biasanya tidak sempat masak atau tempat kost tidak menyediakan dapur untuk memasak. Jika lokasi kost agak jauh dari kantor atau kampus sebaiknya lokasi kost dekat dengan akses kendaraan umum seperti halte Trans Jakarta atau stasiun kereta (KRL). Alternatif lainnya, pilih tempat kost yang tidak terlalu jauh sehingga saat harus memesan ojek online, jarak dari kos ke tempat kerja atau kampus masih dalam tarif minimum (biasanya 5 km).

3.  Cari Tempat Kost secara Online
Dengan memanfaatkan teknologi saat ini, carilah tempat kost secara online setelah menentukan budget dan perkiraan lokasi. Kita bisa mengandalkan beberapa aplikasi atau website pencari kos jika tidak ada referensi teman. Ada dua website yang disarankan, yaitu www.kostjakarta.com dan www.sewa-rumah.net yang bisa dikunjungi untuk mencari referensi kost. Kedua website tersebut menyediakan informasi yang lengkap. Setelah menemukan tempat yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah survey tempat. Sebaiknya tidak langsung percaya dengan gambar, datangi terlebih dahulu supaya yakin, barulah membayar uang DP sebagai pengikat agar tempatnya tidak disewa oleh orang lain. Terkadang gambar atau foto yang ditampilkan dalam website/aplikasi tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Sebelum datang ke lokasi sebaiknya hubungi pemilik kost terlebih dahulu untuk memastikan tempat kosong masih tersedia atau tidak dan harganya sesuai informasi website atau tidak.

Itulah 3 jurus jitu yang harus diterapkan oleh para pencari kost yang tidak punya rekan atau saudara di Jakarta agar bisa mendapatkan tempat kost nyaman dan murah dalam waktu singkat. Jika merasa informasi ini sangat bermanfaat, sebaiknya sebarkan link artikel ini kepada teman atau kerabat agar mereka tidak merasakan kesulitan yang sama. Tolong menolong dalam kebaikan akan memudahkan segala urusan kita lho. Jadi, jangan ragu untuk menyebarkan berita baik agar tidak tertimpa dengan berita buruk dan hoax. Buat kalian yang sedang mencari tempat kost, semoga artikel ini membantu ya. Semangat!


Komentar

  1. Duh Mbak, cari kos di Jakarta itu benar-benar susah deh. Dulu awal-awal kerja, saya sampai kelimpungan cari kos karena harganya yang mahal, atau murah tapi fasilitasnya kurang. Alhamdulillah ya sekarang sudah ada website pencarian kost dan rumah jadi mempermudah para pencari hunian sementara :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mba diani pengalaman banget ya. Aku juga dulu pernah ngekos trus dapet sebrang kantor jadinya jalan dikit nyampe. Kalo kasus kayak mba diani repot juga ya

      Hapus
  2. Walaupun kadang belum sesuai dengan kenyataan, tapi setidaknya aplikasi seperti ini membantu untuk filtering awal, ya, Mba. Apalagi kalau seperti yang disebutkan tadi, tidak ada kenalan yang bisa merekomendasikan. Jadinya lebih hemat waktu agar tidak berlama-lama melakukan pencarian, di saat biasanya perlunya kan urgent untuk bisa segera ditempati.

    BalasHapus
  3. Aku Juha pernah cari kos di Jakarta buat 2 minggu doang. Susah banget karena dulu belum begitu familiar dengan website .Dan dulu belum ada sih, :D

    BalasHapus
  4. Cari info kost yang kosong bisa dari orang-orang. Cuma kan kadang bayangan fotonya nggak ada. Kalau lewat online biasanya kan lengkap ada foto tempat kosnya jadi lebih memikat

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah aku masih belum harus nyari kosan di Jakarta, kabarnya sih mahal banget biaya sewanya ya.. biaya hidup di kota besar memang lebih besar juga daripada di daerah

    BalasHapus
  6. Web seperti itu membantu banget ya untuk cari kos. Apalagi kalau dari daerah dan nggak tahu lokasi. Tapi minta rekomendasi dari teman atau orang sekitar juga tetap penting.

    BalasHapus
  7. Wah wah wah sekarang segalanya jadi lebih mudah banget ya, nyari kost kost an juga bisa online hehe

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Hari Gini Cari lost sudah gampang yah, Gak door to door seperti Jaman Saya bekerja 10 tahun lalu. Tinggal cari Di "sewa rumah" lalu sesuaikan dengan budget .

    BalasHapus
  10. Info nya bermanfaat mbaa, kebetulan kemarin temen ada yg mau pindah kosan dan aku mau share tulisannya untuk jadi pertimbangan kalo milih kosan d Jakarta ya

    BalasHapus
  11. Wah mantap infonya Mbak. Kemarin aku nyari onlinenya lewat mamikos.com. ada appnya juga. Sangat terbantu banget. Sempat cuma mau makai kos 2 bulan di sby

    BalasHapus
  12. Aku seringnya cari kost-an pakai mamikos itu sih, hihhi. Soalnya tahunya itu doang, dan wajar juga kalau di Jakarta agak sulit mencari tempat kost, waktu itu pernah, sih, susah banget cari tempat kost.

    BalasHapus
  13. Dulu waktu masih di Jakarta, pernah iseng cari-cari tempat kost secara online. Tapi harganya cukup bikin woww juga sih. diatas 1jtan. Mungkin tergantung lokasi ya

    BalasHapus
  14. wah ini bener bener berguna kak buat kami yang masih kost di jegardah hehe kadang itu pun dapet harga yang bikin ahh, kayaknya aku 1 bulan aja di sini hahah makasih ya kak infonya :)

    BalasHapus
  15. Jadi ingat 2011 yg lalu pernah ke Jakarta dan niatnya mau kerja disana, udah keliling cari kostan tapi harga kostan dekat PIK harganya bikin shock juga.

    BalasHapus
  16. Jadi 8ngat jaman aku ngekost, carinya yang deket tempat kerja dan strategis kalo butuh2 apa pergi kemana biar gampang.
    Makasih tipsnya mbaa

    BalasHapus
  17. Jadi ingat sama teman-teman yang ngekost waktu jaman kerja, mereka nyari kost dekat kantor agak susah karena kebetulan kantor saya di Kuningan Jakarta Selatan. Jadi harga kostan waktu itu udah lumayan banget, jadi kadang mereka kost agak jauh dari kantor.

    BalasHapus

Posting Komentar