Langsung ke konten utama

Self Pride is Needed!


Assalamualaikum universe,

Kali ini aku mau bahas soal self pride alias kebanggaan terhadap diri sendiri. Sudahkah kamu merasa bangga kepada diri sendiri?

Kalau aku... SUDAH !!!

When I was in Gyeongbok Gung Seoul South Korea

Kenapa ya kita harus bangga sama diri sendiri? But, bedakan ya self pride dengan sombong (arrogant). Emang apa sih bedanya?

Bedanya adalah....

Self pride itu merasa bangga terhadap diri sendiri sehingga membuat hati lebih bahagia, mencintai diri sendiri, dan lebih mawas diri. Berdasarkan pengalamanku, setelah aku punya self pride maka aku jadi lebih percaya diri untuk meyakinkan diri sendiri bahwa aku BISA. Aku mampu mengembangkan diri dan tidak mudah terpengaruh sama orang lain atau merasa iri dengan pencapaian orang lain. Because once again self pride is about loving yourself and be yoursel. Setiap orang itu punya jalan hidup yang berbeda sehingga cobaannya juga beda. Itulah hal yang selalu tanamkan dalam pikiranku.

Sedangkan sombong (arrogant) itu bentuk dari over self pride. Jadi ingat ya, segala sesuatu yang berlebihan itu buruk. Punya self pride yang pas dan seimbang aja. Orang yang terlalu percaya diri karena terlalu bangga sama dirinya sendiri pasti memunculkan rasa sombong. Orang yang sombong itu jarang bersyukur sama Alloh Swt (Tuhan Semesta Alam). Selain itu, orang yang sombong itu selalu meremehkan dan merendahkan orang lain. Orang yang sombong pasti lupa diri karena dia menganggap dirinya serba bisa sehingga tidak butuh orang lain. Oh No! BIG NO WAY!

RENUNGAN

Dengan adanya self pride, aku dan kita bisa yakin dan mudah untuk bangun mindset positif. Kekuatan dan kehebatan manusia ada pada pikiran. Manusia menjadi makhluk paling sempurna karena punya akal dan pikiran yang membedakan manusia dengan hewan. Kalau kehebatan itu ada pada kekuatan dan bobot badan maka gajah adalah makhluk paling hebat padahal kenyataannya tidak seperti itu.

5 years ago


Dengan adanya self pride, aku dan kita bisa menjadi sosok yang diinginkan atau sesuai cita-cita karena kita yakin kalau kita bisa. Aku adalah tipikal orang yang tidak suka dikasihani oleh orang lain, bahkan oleh orangtua kandungku. Aku tidak bisa menjadi diri sendiri dan tidak mau bangga dengan pemberian orang lain termasuk orangtua kandungku karena hal itu membuatku terlena dengan hidup. Contohnya, warisan harta mungkin bagi sebagian besar orang pasti bahagia dapat warisan. But for me, dapat warisan itu justru dapat beban karena amanah ini dibawa sampai mati. Lebih baik aku berusaha sendiri dengan bekerja dan melakukan banyak hal produktif untuk mendapatkan uang termasuk monetize my blog.

Dengan adanya self pride, aku menjadi orang yang jauh lebih bersyukur termasuk dengan hal-hal kecil yang aku dapat. Aku lebih menghargai hal-hal kecil yang aku dapatkan dari hasil jerih payahku sehingga aku tidak pernah meremehkan orang lain. Aku sering merasa kasihan dengan orang lain yang hidupnya lebih susah dari aku. Banyak hal-hal kecil yang mungkin selama ini aku cuekin jadi lebih berharga karena aku lebih mau memahami dan memerhatikan.



Dengan adanya self pride, aku menjadi punya self creation. Aku jadi lebih kreatif karena masalah-masalah dalam hidup begitu mendesak untuk segera diatasi. Seseorang akan lebih kreatif karena terdesak atau kita lebih rajin karena sudah mendekati deadline. Setuju? Aku sih yes. Banyak hal yang aku pikirkan termasuk mengerjakan hal-hal yang belum pernah aku kerjakan. Voilaaa.... semua hal itu terjadi dan sudah aku kerjakan karena punya self pride.

Dengan adanya self pride, I love myself more. Aku jadi lebih cinta sama diriku sendiri. Aku lebih percaya diri dan mau jadi diri sendiri tanpa rasa iri sama orang lain. Setelah berhasil melakukan sesuatu maka jangan lupa untuk memberi hadiah ke diri sendiri (self reward). Dengan begitu, diri kita akan menjadi lebih bahagia. Cara yang aku lakukan untuk memberi hadiah ke diriku adalah beli makanan kesukaan, traveling ke suatu tempat yang sudah aku idamkan, nonton film terutama k-drama, atau membeli barang yang sudah aku inginkan sejak lama. Uang yang didapatkan menjadi lebih bermanfaat untuk diri sendiri. Lalu aku pasti lebih semangat untuk kerja dan create contents more.


Sudahkah bersyukur? Sudahkah mencintai diri sendiri?


Yuk mulai dari sekarang... Semangat teman! ^____^




Komentar

  1. Saya suka memberikan hadiah tersendiri bagi saya sendiri setelah saya berhasil mencapai goal yang dicita-citakan. Yah sebagai bentuk penghargaan terhadap diri saya sendiri saja.

    Bersyukur dengan cara seperti itu dalam menjaga dan memanjakan diri, selain setelah berserah kepada Nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener teh.. biar tetep waras menjalani hidup haha.. kadang diri kita butuh untuk dihargai jadi bisa lebih produktif

      Hapus
  2. Aku senang memberikan reward ke diriku sendiri setelah berhasil meng-accomplish sesuatu, misalnya gofood makanan favorit, atau belanja di marketplace. Biar tetap fresh dan waras pikirannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nice.. kita butuh sesuatu untuk menghibur diri setelah lelah untuk mencapai sesuatu.

      Hapus
  3. Self pride nya ini perlu banget untuk diri sendiri, karena adakalanya kita perlu untuk menyenangkan diri dan membahagiakan diri. Kapan lagi kan 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup kapan lagi dan siapa lagi yg bisa begitu kalo bukan diri kita sendiri :D

      Hapus
  4. Self pride dan self esteem itu sama atau enggak sih? Seseorang yang memiliki self esteem yang baik biasanya juga akan membuatnya merasa percaya diri gituu

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda mba ajeng.. kalo self esteem itu harga diri yang harus dijaga.. tapi kalo self pride itu basic yg harus dimiliki untuk punya pede dan hal2 positif lainnya dalam diri...

      Hapus
  5. Self pride adalah salah satu bentuk menghargai diri sendiri yaa Mbak, kalo kita ngga menghargai diri sendiri bagaimana dengan orang lain :) alhamdulillah aku sudah merasa Memiliki self pride, tapi tetap Haus UTK terus berkarya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah.. semangat ya mba.. aku juga suka berkarya sampe dikatain aku tuh ambisius haha beda tipis lah.. aku becandain gitu aja

      Hapus
  6. Nggak mudah mencintai diri sendiri sepenuhnya. banyak orang yang belum bersahabat dengan kekurangan yang ada dalam dirinya, . Salut banget sama mbak retno . Keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasi kak Aini. Aku masih belajar kok. Suka khilaf juga hehe

      Hapus
  7. Iya juga, ya... Self pride bisa dikatakan sebagai bagian dari upaya kita menunaikan kewajiban diri kita untuk bersyukur. Kadang suka timbul godaan soalnya, seperti terlalu sering menyalahkan diri sendiri (yang lebih dari introspeksi maupun bersangka baik terhadap orang lain) atau bahkan menyakiti diri yang dianggap "tidak berguna".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak.. suka tiba2 insecure kalo lagi bad mood

      Hapus
  8. Aku sering ketika merasa insecure, aku suka meyakinkan diri aku sendiri dengan self pride atas semua yang sudah aku raih. And it works on me. Jadi lebih pede sih yg aku rasain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Aku setuju. Toss dulu deh hehe

      Hapus
  9. Melihat temen temen sukses tak jarang membuat diri ini minder. Self pride ini mengajarkan fokus pada kelebihan diri sendiri. Soalnya tiap orang punya prioritas dan line sendiri yang ngga bisa disamain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup kak.. itu tanda2nya insecure.. harus banyak bersyukur

      Hapus
  10. Biasanya aku menghargai diriku dengan membeli buku mba hwhwhwh
    biar semakin semangat belajar semakin baik. Wahhh aku pengen ke seoul. Mba keren udah sampe sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hueheeh iya alhamdulillah januari 2018 dapat rezeki ke sana. Semoga mba nyi bisa ke sana someday

      Hapus
  11. Nah ini yg Belum Saya tambah. Sudah Ada self pride tapi menurut Saya Masih sedikit. Saya lebih mementingkan orang lain (keluarga) hingga rela terus terusan mengalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah.. semoga bisa nambah porsi self pride.. aamiin

      Hapus
  12. Aku masih kadang-kadang, utk beberapa hal bangga tapi klo anak udah sakit, berat badannya kurang aku bisa ngerasa gagal bgt jadi ibu, ga bangga ama diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Alloh, jadi ibu emang begitu. Jangan terlalu nyalahin diri sendiri ya kak.. terus berjuang jadi ibu yg baik

      Hapus
  13. SETUJU! Self pride beda dengan sombong. Makannya setiap orang harus punya self pride supaya percaya diri, nggak minder, dan yang penting kemajuan diri juga. Aku sering bergaul sama orang-orang yang membawa citra positif supaya muncul self pride ku. Kalau ada porsi yang berlebih pun bisa direm. Yaa itu karena lingkungan aku yang mengingatkan. Boleh self pride, asal nggak berlebih karena berujung sombong. Apa-apa yang berlebih pun tidak baik bukan?

    Nice post, kak Re

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget kak Nisa. Semoga kita tetap jadi orang yg positif

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Pledge to God, Drama Korea yang Menyayat Hati

Anneyeong haseo chingu , Kali ini, aku mau share tentang  A Pledge to God , Drama Korea yang Menyayat Hati. Awalnya iseng, cari-cari di Viu karena udah bosen dengan drakor yang hits kayak Crash Landing on You (CLOY) dan The World of Married . Gak sengaja, benar-benar lagi iseng-iseng aja scroll daftar drakor di VIU, eh tau-tau muncul A Pledge to God. Padahal ini bukan drama baru karena mulai tayang ( kalo aku mulai tayang ama dia kapan ya? wkwk ) di MBC TV Korea selatan pada 24 November 2018. Baca sekilas sinopsisnya langsung jatuh cinta dan penasaran dengan jalan ceritanya. Cover A Pledge to God (Sumber: Asianwiki.com) Aku suka banget drakor yang sedih binti mengharukan gitu. Terngiang-ngiang sama ceritanya Endless Love (Autumn in My Heart ). Film yang dibintangi oleh Song Hye Kyo, Song Seung Heon, dan Won Bin benar-benar everlasting story deh. Mau nonton berapa kali juga ujung-ujungnya mewek. Nah sama nih, nonton drakor ini juga bawaannya pengen mewek. Oke cukup, yuk lanjut

Tuntaskan Ambeien dengan Ambewas

Duduk terasa tidak nyaman dan bokong sering berdarah adalah ciri-ciri utama seseorang menderita ambeien atau wasir. Ketidaknyamanan juga kerap terasa ketika buang besar karena anus biasanya terasa gatal dan panas. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan atau peradangan pembuluh darah di ujung usus (rectum) dan anus.  Ambeien terdiri dari 2 jenis, yaitu ambeien internal dan eksternal. Penjelasannya sebagai berikut. Internal haemorrhoid adalah jenis ambeien yang muncul di dalam saluran rectum dan tidak terasa nyeri, tetapi bisa menyebabkan feses berdarah. External hemorrhoid adalah jenis ambeien yang muncul di luar anus, terasa gatal atau nyeri, bahkan terkadang bisa robek dan berdarah. Sumber: halodoc.com Penyebab dan Faktor Pemicu Ambeien Pada dasarnya, ambeien bisa muncul karena berbagai kebiasaan sehari-hari seperti mengejan saat buang air besar atau terlalu lama duduk di toilet. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa mengganggu aliran darah sehingga darah akan menggumpal dan akhir

Ibis Style Hotel Jakarta Simatupang Benar-Benar Family Oriented

Alhamdulillah, Saya senang sekali bisa ikutan acara  #IHBLimaTahun, Sabtu 28 September 2019. Kalau diadakan pada weekday  pasti aku cuma bisa gigit jari karena harus bekerja.  Awalnya aku penasaran kenapa ya acaranya diadakan di hotel? Akhirnya rasa penasaranku terjawab setelah acara dimulai.  Usut punya usut Ibis Style Hotel Jakarta Simatupang ingin memperkenalkan diri ke khalayak karena hotel ini baru beroperasi secara resmi pada 15 Juli 2019 dengan menjadi sponsor utama acara ini. Hip hip hooraay... ^____^ Acara inti perayaan milad Indonesia Hijab Blogger (IHB) dimulai sekitar pukul 10 sesuai jadwal. MC acaranya adalah Kak Elly Nurul yang sudah aku tahu karena dia juga blogminceu IHB WAG. Acara utamanya berupa talkshow dengan beberapa pembicara keren yang diulas sebagai berikut. 1. Kak Andiyani Achmad Kak Aie (panggilannya) membahas tentang Optimasi Media Sosial dengan judul " How to Promote Your Content Through Social Media ". Selain seorang blogger, Kak Aie j