Mission Impossible, Jaminan Jiwa Aman dan Nyaman

Alohaaa teman-teman,

Aku lagi berusaha nulis nih seminggu sekali alias one week one post. Udah berjalan hampir sebulan nih, semoga konsisten aamiin… sesungguhnya mempertahankan (konsistensi) itu jauh lebih sulit daripada memulai. Setuju?

Mission Impossible, Jaminan Jiwa Aman dan Nyaman sebenarnya mau bahas apa sih? Pastinya bukan bahas film yang berjudul Mission Impossible apalagi Tilik (Bu Tedjo) hahahaa 



Sumber: www.manulife.co.id


Apa Itu Mission?

Mission adalah singkatan dari Mi Smart Insurance Solution. Sebuah produk asuransi Manulife yang tergolong baru dengan sistem unit link. Ada yang sudah tahu apa itu unit link? Unit link adalah sistem asuransi yang dibuat sepaket dengan investasi. Sistem ini sangat cocok untuk orang-orang masih ragu atau belum berani berinvestasi secara langsung di pasar saham atau obligasi.  Dana investasi yang termasuk paket unit link Manulife ini dikelola oleh manajer investasi yang andal sehingga tidak perlu khawatir tentang keuntungan yang akan didapatkan.

4 Kebutuhan Keuangan
sumber: dokumen pribadi (program NEXT)


Sistem pembayaran unit link adalah seumur hidup. Baik Mission maupun asuransi unit link juga sama, yaitu masa pembayaran premi seumur hidup. Tidak usah khawatir karena premi Mission yang khusus asuransi jiwa tergolong murah. Mulai dari Rp 300ribuan saja per bulan. Coba dibagi dengan 30 hari, alhasil kita hanya menabung sekitar Rp 10ribuan per hari. Cuti jajan boba biar kondisi kesehatan tubuh dan keuangan lebih baik kan harus dilakukan. Betul tidak?

baca juga: ingat proteksi ingat manulife

Saya pribadi sudah memiliki asuransi Mission ini untuk melindungi uang saya supaya nanti bisa dipakai oleh anak-anak saya kelak setelah saya tiada. Saya membeli asuransi jiwa saja, tanpa embel-embel asuransi kesehatan. Uang pertanggungan akan cair setelah saya tiada. Namun, sisi baiknya dari Mission ini adalah saya bisa mengambil uang hasil investasi sewaktu-waktu ketika saya butuh. Misalnya, membayar biaya sekolah atau kuliah anak-anak saya nanti.  

Keunggulan Investasi dalam Mission

Jujur, saya yang kurang mahir berinvestasi saham, obligasi, atau reksadana melalui pasar saham atau pasar uang. Saya kurang jeli memerhatikan kenaikan atau penurunan harga instrumen-instrumen  investasi sehingga saya tidak bermain ini lagi. Terakhir setahun yang lalu saya bermain reksadana sebelum saya mempunyai Mission ini. Keuntungannya sih lumayan, cuma karena BU (butuh uang) akhirnya aku cairin dananya hehe.. Alhamdulillah itu jadi keputusan yang sangat tepat karena Maret 2020 pandemi. Semua saham dkk anjlok.

sumber: dokumen pribadi (program NEXT)

Menjelang akhir tahun, setelah beberapa pertimbangan berdasarkan masalah pribadi yang terjadi, saya putuskan untuk meminang Mission. Investasinya dikelola oleh Manajer Investasi yang andal sehingga saya yakin hasilnya akan baik setiap tahun. Saya sudah pantau langsung dan lihat hasilnya, hanya turun sangat kecil selama pandemi alias nyaris tidak ada masalah yang berarti. Aku merasa ini pilihan hati yang paling tepat. Aku gak repot mantau hasil investasi setiap hari hehe karena bisa dipantau sesekali saja melalui aplikasi Mi-Account. Semua nasabah Manulife harus punya aplikasi ini supaya tidak ada dusta di antara kita. Semua bisa tahu perkembangan dananya. Laporannya terpampang nyata dan bisa diakses kapan saja di mana saja.

Keunggulan Mission Lainnya

Keunggulan Mi Smart Insurance Solution

sumber: dokumen pribadi (program NEXT)


·      Harga premi yang terjangkau mulai dari Rp4.000.000/USD400 saja per tahun.

·      Uang pertanggungan yang optimal sesuai dengan pengajuan pada awal mendaftar).

·      Penggantian biaya rumah sakit sesuai tagihan tanpa pengurangan apapun (jika memiliki asuransi tambahan/rider Mi Smart Health Care/ Proteksi Kesehatan).

·      Alokasi investasi mulai tahun pertama adalah 50% pada tahun polis pertama, 100% pada tahun polis kedua hingga ke-10, 102% pada Tahun Polis ke-11, dan seterusnya.

·      Manfaat Loyalitas di Tahun Polis ke-10 dan ke-25, 50% dari Premi Dasar Tahun Pertama di Akhir Tahun Polis ke-10, 700% dari Premi Dasar Tahun Pertama di Akhir Tahun Polis ke-25.

 

Kekurangan Mission

Semua hal pasti punya kekurangan dong, gak mungkin gak punya kekurangan. So inilah beberapa kekurangan Mission.

 

·      Bayar Premi Seumur Hidup

Semua produk unit link di perusahaan asuransi mana saja pasti pembayarannya seumur hidup. Namun tenang, bisa cuti premi kok setelah 7 tahun membayar full. Aku juga berencana cuti premi setelah 10 tahun, tetapi gak cuti lama-lama biar hasil investasinya tetap bagus. Kalau teman-teman tergolong orang yang gak suka bayar premi seumur hidup, mending beli asuransi kesehatan jiwa murni Manulife, yaitu Manulife Essential Assurance (MEA) yang cuma bayar 10 tahunan.

 

·      Tidak Ada Jaminan Nilai Tunai

Jaminan nilai tunai adalah nilai dari uang tunai dijamin dari inflasi dan kemungkinan buruk kondisi ekonomi negara lainnya seperti resesi. Kalau jaminan nilai tunai berlaku di asuransi jiwa murni (MEA) itu tadi.

 

·      Hasil Investasi Tidak Menentu

Investasi di mana saja pastinya tidak menentu. Pada masa pandemi atau resesi tentunya ada kemungkinan nilai investasi akan menurun atau anjlok. Kalau aku sih tipikal yang gak ambil pusing soal hal itu asalkan ada uang pertanggungan utama yang pasti dibayarkan.  

 

Mi Smart Insurance

sumber: dokumen pribadi (program NEXT)


Itulah Mission Impossible, Jaminan Jiwa Aman dan Nyaman yang ditawarkan oleh Manulife. Produk ini memang dikhususkan kepada keluarga milenial. Benar-benar menjawab pertanyaan soal pengelolaan keuangan. Yuk segera amankan uang supaya tidak tergerus inflasi dan kondisi ekonomi yang tidak menentu lainnya.

Kalau mau punya Mission harus gimana? Hubungi penulis saja ya. Retno 089688888698. Feel free buat tanya-tanya soal pengelolaan keuangan. Stay healthy, happy, wealthy!    

Komentar

  1. Sama banget mba sama aku. Emang paling gak bisa ber investasi model reksadana, obligasi dan sejenis itu.

    Asuransi pun aku masih bingung banget nih nyari yang cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asuransi manulife aja.. nanti aku jelasin lebih lanjut via wa ya hehe

      Hapus
  2. berinvestasi itu ga bisa jangka pendek sih yaa dan ga mudah tergoda buat jual, hihi
    yah tergantung tujuannya apa berinvestasi jadi bisa piliih instrumen yang tepat

    BalasHapus
  3. Sekarang pilihan untuk investasi banyak juga ya, dan aku nih lagi ngumpulin sih buat bacaan dan dijadikan pilihan untuk investas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuiih kereen.. investasi emang lagi trend nih, bener bgt harus cari banyak info dulu baru cus invest.. kalo ragu mending beli mission melalui aku hehe

      Hapus
  4. Zaman sekarang investasi tu penting banget dan emang kudu pilih yang benar2 terpercaya dan menghasilkan utk masa depan ya?
    Kalau mission ini seaindainya bukan nasabah Manulife apa bisa ikutan? Atau kalau mau inves ini auto ya kyknya jd pemegang polis Manulife?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo mba april, iya harus jadi nasabah manulife dulu dengan beli polis mission baru bisa ikutan investasi

      Hapus
  5. Wah lagi berusaha untuk konsisten nulis ya Mba? Sama nih aku juga lagi berusaha konsisten. Semangat nulisnya ya Mba. Soal investasi ini kita harus paham dulu kebutuhan kita apa ya Mba. Supaya tepat sasaran.

    BalasHapus
  6. Mbak, pas banget aku lagi butuh info investasi. Ini lagi pilih-pilih sih setelah kemarin aku ikutan kelas finansial online jadi sadar kalau wajib banget punya investasi. Tapi memang harus kumpulin dana darurat dulu, kalau udah cukup baru beralih ke investasi.

    BalasHapus
  7. aku pernah ikut webinarnya Mission dan memang benar ya mba plus minus nya, tapi untuk yang sudah punya asuransi utama, boleh banget Mission ini dijadikan second protection.

    BalasHapus
  8. Sepertinya menarik juga nih bisa ikut asuransi sekaligus berinvestasi. Memang jika ada uang lebih baiknya dikelola seperti ini ya, bisa diwariskan sama keturunan kita.

    BalasHapus
  9. Keluarga milenial wajib melek investasi ya kak. Kalau soal asuransi aku memang kurang detail sedangkan suamiku itu paling detail bahkan isi surat perjanjian juga hapal. xixixi

    BalasHapus
  10. Beberapa bulan terakhir sering denher istilah unit link dan investasi yang digabung dengan asuransi. Ternyata keduanya sama ya.

    BalasHapus
  11. Wah keren ya Mission Impossible, salah satu program dari Manulife yang merupakan Jaminan Jiwa Aman dan Nyaman dan dikhususkan kepada keluarga milenial

    BalasHapus
  12. Sepertinya menarik juga nih bisa ikut asuransi sekaligus berinvestasi. Sebaiknya memang wajib dikelola dg baik untuk keturunan kita.

    BalasHapus
  13. investasi itu emang harus dipertimbangkan matang-matang, dihitung dengan baik sih kalau kata saya, karena toh itu juga semua nanti akan kembali ke kita juga kan ya.

    BalasHapus
  14. Wah, masalah investasi kaya begini udah tahu sejak kuliah. Tapi sampe sekarang belum kelar belajarnya. Tertarik banget sebenarnya, tapi karena masih kurang ilmunya jadi mungkin nanti dulu hehe.

    BalasHapus
  15. Sampai sekarang masih maju mundur aku perkara asuransi. Makasih yaa mom udah ngasih info yg informatif bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mom.. asuransi itu penting banget.. aku udah ngalamin susahnya ga punya asuransi dan tabungan terkuras. Kalo udah yakin mau beli asuransi hubungi aku aja ya mom

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Pledge to God, Drama Korea yang Menyayat Hati

Pengalaman Pertama Urus Ganti Plat, STNK, dan Bayar Pajak Mobil

Menjadi Cantik Tanpa Sakit? Bisa Dong!