Aku Tetap Bahagia, Ramai Sepi Bersama Saat Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2020


Untuk pertama kalinya dalam sejarah, aku menjalani Ramadhan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Entah sampai kapan pandemik ini akan usai. Aku benar-benar rindu ritual yang biasanya dilakukan saat Ramadhan seperti ngabuburit atau buka puasa bersama teman-teman, tarawih-itikaf-ikut kajian di masjid, kumpul keluarga besar saat hari H Idul Fitri, kemudian keesokan harinya berangkat mudik. Semua kebersamaan terhalangi oleh jarak akibat pandemic Covid-19. Sebagai orang yang senang bersosialisasi, aku butuh silaturahmi setiap hari dengan keluarga, kerabat, dan teman-teman yang tidak bisa ditemui secara langsung. Ramai Sepi Bersama menjadi tema yang tepat untuk Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

With My Beloved Mom

Kebahagiaan itu diciptakan sehingga kita harus tetap bahagia menjalani Ramadhan rasa baru ini. Tak bisa dipungkiri, sedih itu pasti ada. Kita adalah manusia, makhluk sosial sehingga kita butuh untuk berkumpul dengan orang lain. Sedikit mengenang tahun-tahun sebelumnya, hampir setiap hari terutama weekend pasti ada jadwal bukber. Mulai dari teman SD hingga teman kuliah pasti punya jadwal bukber. Tidak hanya makan bersama, kami juga bercerita tentang berbagai hal termasuk nostalgia saat sekolah. Rasanya sepulang dari acara-acara bukber, aku pasti senang karena ada banyak hal yang bisa dikenang ulang bersama mereka.


Walking Tour with Bestie

Namun, Allah Swt punya kehendak lain tahun ini. DIA ingin semua umat muslim merefleksi diri tanpa hingar bingar dan derai tawa yang berlebihan. DIA ingin kita semua lebih mendekat kepada-Nya. Jika tahun-tahun sebelumnya kita punya quality time bersama manusia, tahun ini kita diminta untuk punya quality time bersama-Nya. Ya, hanya bersama-Nya. Bermesraan dalam ibadah yang khusyuk di rumah. Tidak ada kumpul tahunan dengan keluarga besar dan komunitas. Namun, manusia sebagai makhluk berakal pasti punya acara untuk berkumpul, walaupun secara virtual. Beruntung kita hidup pada zaman modern, semua bisa dilakukan melalui smartphone. Kita tetap bisa melihat wajah orang-orang tersayang, walau hanya dari layar gadget. Tetap bersyukur itu kuncinya. 



Naik Becak Bareng Sahabat

Ada cara mudah nih untuk melancarkan silaturahmi dan melakukan berbagai kegiatan virtual lainnya. Cukup mengandalkan kuota dan koneksi internet, kita bisa berkomunikasi lewat platform chat, video call, dan email. Seperti halnya kolaborasi musik yang dilakukan oleh IM3 Ooredoo bersama 4 musisi keren, yaitu Baskara Putra (Hindia), Kunto Aji, Yura Yunita, dan Sal Priadi. Mereka melakukan produksi musik melalui email, chat, video call dengan lancar. Fenomena pandemik saat ini tidak menghalangi mereka untuk berkolaborasi dan tetap bisa menciptakan karya positif, meskipun sama-sama tak bisa ke mana-mana, di rumah saja.

Aku sih terenyuh, langsung auto mewek saat lihat video ini dan dengarkan lagunya. Benar-benar mewakili perasaan hati kita semua. Seolah mereka bercerita kalau kondisi ini tidak kita hadapi sendiri. Kita bersama pasti bisa melalui cobaan ini. Semua pasti ada hikmahnya. Kalau tidak percaya, coba dengarkan lagu “Ramai Sepi Bersama” yang bisa jadi penyemangat sekaligus mengingatkan kita semua bahwa apapun yang terjadi, tidak ada yang lebih penting dari silaturahmi. Check ‘em out guys




Penasaran versi lengkapnya? Ini nih guys ditonton ya ;) 



Guys, untuk menjaga silaturahmi setiap hari dengan orang yang kita sayangi atau mendukung aktivitas internet harian yang dijalani mending pakai IM3 Ooredoo yang menghadirkan Freedom Kuota Harian. Penasaran kan seperti apa paketnya? Jadi, begini ceritanya.

Freedom Kuota Harian adalah paket terbaru dengan harga terjangkau yang dapat digunakan untuk internetan 24 jam (di semua jaringan) dengan benefit kuota utama 1GB per hari. Dilengkapi fitur pulsa save, internetan nyaman dan pulsa tetap aman, meski kuota utama telah habis digunakan. Cara mengaktifkan paket melalui *123# atau melalui aplikasi myIM3. Untuk perpanjang paket bisa dilakukan secara otomatis selama pulsa mencukupi. Hebatnya, IM3 Ooredoo akan mendonasikan Rp 2,000 untuk membantu menanggulangi Covid-19 dari setiap pembelian pake. Ini. Wah berarti kita ikut menyumbang, kalau pakai IM3 Ooredoo setiap hari.

Aktivitas silaturahmi setiap hari di tengah pandemik yang membuat kita harus melakukan physical distancing tetap bisa berjalan lancar. Semua aktivitas ada kuotanya sebesar 1 GB guys! Untuk video call saat bukber online bareng teman, video call orangtua karena tidak bisa mudik, kirim pesan silaturahmi/e-card via chat/social media, kajian atau meet up komunitas secara online, tentunya work from home, dan aktivitas internetan lainnya selama Ramadhan.


IM3 Ooredoo mendukung kita menjaga #SilaturahmiSetiapHari dengan orang-orang yang disayang. Silaturahmi lancar, pahala mengalir terus. Thank you IM3 Ooredoo! :D





Komentar

  1. Setuju banget.
    Semua pasti ada hikmahnya.dan kita masih bisa melakukan silaturahmi meski hanya di rumah.

    BalasHapus
  2. Emang sedih banget yaa kalo bandingin ramadhan tahun ini sama sebelum2nya. Tapi, yang penting masih tetep bisa silaturahmi yaa. Semangat untuk kita semua!

    BalasHapus
  3. Selama ada kuota internet , semua akan jadi lebih dekat ya.
    Apalagi dengan freedom kuota harian dari IM3Ooredoo ini, bikin silaturahmi jadi lebih mudah dan murah :)

    BalasHapus
  4. Selama Ramadan dan idul fitri memang terasa ya kangen berjumpa keluarga besar. Tetapi dengan adanya pandemi ini lebih aman di rumah saja.

    BalasHapus
  5. Videonya udah kutonton yang ramai sepi bersama itu, emang ngena banget. Meski ramai, meski sepi, kita tetap bersama meski dalam jarak jauh

    BalasHapus
  6. Semoga pandemi ini cepet berlalu yaa dan kita jumpa lagi sama orang-orang tersayang :')
    Btw videonya emang ngena banget siiiii, bikin semangat tersendiri karena kita ga sendirian

    BalasHapus
  7. Tetap bersyukur dan tetap bisa ambil hikmahnya bulan puasa tahun ini ya mbak. Silaturahmi masih bisa berjalan walau lewat vidcall, ibadah juga jadi lebih khusyuk. Insya Allah semua akan segera membaik. Aamiin.

    BalasHapus
  8. Yang kurindukan dari Ramadan tahun ini adalah silaturahmi dengan teman-teman, karena banyak yang karena kesibukan hanya bisa bertemu setahun sekali pada saat momen buka puasa bersama. Namun sepertinya memang Allah menghendaki kita agar ramadhan tahun ini berdiam tanpa hingar bingar duniawi.

    BalasHapus
  9. Bahagia itu diciptakan. Bener banget ini mba. Meskipun terpisah jarak tapi silaturahmi harus tetap berjalan, untung ada paket Freedom Kuota Harian yang kece itu ya mbas

    BalasHapus
  10. Saya juga pake im3 ooredpo ni mba, smoga sinyal tetap lancar saat lebaran nanti yaa

    BalasHapus
  11. Sedih banget sih Ramadhan tahun ini gak bisa mudik😭, kangen banget sama nenekku di Banyuwangi. Tapi alhamdulillah sih sekarang jaman serba modern, meskipun gak bisa bertemu, tapi masih bisa video call (asal koneksi lancar😂😂)

    BalasHapus
  12. Huhu sedihnya bukan main:( aneh dan gaenak banget kak menurutku. Tapi mau gimana lagi kalau dipikirin terus gaakan membantu menyelesaikan masalah ini juga. Ya satu2nya jalan kita harus ikuti aturan dan khusu berdoa di bulan yg insyaallah makbul ini supaya pandemi covid cepat berakhir. AAMIIN

    BalasHapus
  13. Ini lagunya nancep banget di ingatanku Mba. Selalu terngiang dan pesannya dalam yah. Ternyata musisi yang nyanyi juga keren-keren.

    BalasHapus
  14. Semangat yaaa teh, semoga pandemi ini cepat berlalu. Ramadhan kali ini memang berkesan dan berbeda. Walau berjauhan, selalu ada cara untuk tetap bisa bahagia dengan orang-orang tersayang di tengah pandemi :)

    BalasHapus
  15. Aku juga kerasa banget dwngan kuota 3 bulan ini, berkat freedom kuota jadi kebantu banget untuk ngerjain laporan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Serial Drakor Paling Seru 2018

Pengalaman Pertama Urus Ganti Plat, STNK, dan Bayar Pajak Mobil

Menjadi Cantik Tanpa Sakit? Bisa Dong!