Langsung ke konten utama

Miliki 6 Mindset Ini untuk Sukses SEO Blog


Hello bloggers,

Bahas tentang SEO blog yuk biar blognya bisa menghasilkan cuan….


SEO on Blog
sumber: pixabay.com


SEO penting diterapkan pada blog karena terbukti mampu mendatangkan trafik yang stabil dalam jangka panjang. Untuk bisa menguasai SEO dan menerapkannya dengan baik sangat penting bagi kita untuk mempunyai mindset yang benar. Inilah 6 mindset yang harus dimiliki oleh para blogger supaya sukses SEO.


#1 SEO Itu Investasi

Sebelum mulai mempelajari atau mempraktekkan SEO, perlu kita sadari bahwa SEO adalah investasi. Kita harus dengan senang hati menginvestasikan waktu, tenaga, pikiran, dan bahkan uang.

Seperti layaknya investasi, jika dilakukan dengan benar SEO di kemudian hari Insya Allah akan membuahkan hasil yang menyenangkan hati kita. Bisa berupa trafik yang tinggi, penjualan yang meningkat, jasa semakin laris, earning bertambah, atau blog semakin tenar.


#2 SEO Butuh Kesabaran

Tidak hanya satu dua, tapi banyak, orang yang buru-buru ingin melihat hasil dari SEO. Sedangkan SEO menuntut kesabaran. Seringkali hasil dari SEO baru bisa dilihat dalam hitungan bulan, bahkan tahun.

Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk bisa menempati rangking teratas di Google berbeda untuk setiap website. Ada cukup banyak faktor yang memengaruhi seperti kualitas website dan tingkat kompetisi.

Memang SEO juga bisa ditargetkan untuk jangka pendek, tetapi biasanya trafik yang diperoleh juga rendah. Sebagai contoh pada blog Fanicat yang bertema kucing. Sang pemilik membuat tulisan yang menargetkan keyword “kenapa induk kucing meninggalkan anaknya”. Artikel dipublikasi pada 30 Oktober 2020, lalu 5 hari kemudian keyword dengan search volume 140 ini langsung menempati rangking 5. Trafik yang didapatkan dari keyword tersebut kecil, cepat didapat, tetapi kecil.

Tampilan Rank pada Blog


Sedangkan keyword “gambar kucing” dengan search volume 110.000, butuh waktu hampir setahun untuk menaikkan rangkingnya jadi 16. Sampai saat ini pun belum bisa menembus page one. Dalam proses pengerjaan SEO kesabaran kita juga diuji. Kita akan melihat rangking sebuah keyword naik turun ketika sedang membangun backlink. Atau tiba-tiba website kompetitor naik rangkingnya beberapa poin.

Jangan panik dan jangan menyerah. SEO adalah permainan jangka panjang, ia adalah perlombaan lari marathon bukan sprint.


baca ini dulu 


#3 SEO Tidak Menjamin Rangking 1 atau Page One

SEO yang kita lakukan bisa saja gagal. Jika ditanya, “Ada jaminan pasti rangking 1 di Google nggak?” Selalu saya jawab tidak ada jaminan pasti rangking 1, bahkan page one di SERP (Search Engine Result Page) pun saya tidak bisa menjamin.

Hal yang bisa kita lakukan hanyalah melakukan SEO semaksimal mungkin. Kerja keras biasanya akan membuahkan hasil. Kenyataannya memang begitu, setiap kali sungguh-sungguh menerapkan SEO maka hasilnya biasanya juga bagus.

Seperti kita membuka pet shop, kita tidak bisa memastikan pet shop kita bakal laris. Hal yang bisa kita lakukan adalah berikhtiar maksimal. Kualitas produk dijaga, produk yang rusak dan expire segera diganti, toko dijaga kebersihannya, pembeli dilayani dengan ramah, kita pasang kipas angin atau AC agar nyaman.

Ikhtiar yang maksimal adalah pembeda antara pet shop yang laku dan tidak laku. Begitu juga antara SEO campaign yang berhasil dan gagal.


#4 SEO Tidak Bisa Dipelajari dalam Semalam

SEO adalah keterampilan sehingga dibutuhkan waktu untuk memahirkannya. Kita perlu mempelajari teori dan mempraktekkannya, berulang-ulang, hingga mendapatkan pemahaman.

Tutorial SEO mudah didapatkan, banyak sekali sumbernya, namun untuk menguasainya tetap diperlukan praktek dalam jangka panjang. Jangan takut gagal dan salah. Salah ya sudah, selanjutnya kita pelajari kesalahan itu agar lain waktu tidak mengulanginya lagi.

Monetisasi Blog
sumber: pixabay.com


#5 SEO Butuh Fokus

Fokus yang terbagi-bagi menyebabkan SEO tidak dilakukan dengan tuntas yang akhirnya menggiring kita pada kegagalan. Contoh, kita sedang menerapkan guest post untuk membangun backlink.

Suatu hari kita membaca artikel “membangun backlink dengan teknik broken link”. Kita tertarik mempraktekkannya sehingga meninggalkan guest post yang baru setengah jalan kita lakukan.

Di lain hari kita membaca artikel “membangun backlink menggunakan infografis”. Kita tertarik juga mempraktekkannya dan meninggalkan broken link yang baru seperempat jalan.

Hasilnya: semuanya gagal, tidak ada yang berhasil. Ibarat mendaki gunung kita tak pernah mencapai puncak karena selalu berpindah-pindah gunung di tengah pendakian.


#6 Miliki Teknik Andalan

Teori SEO itu banyak sekali. Contoh, untuk riset keyword dan link building banyak sekali caranya. Kita sebagai blogger tentu tidak mungkin semua waktu didedikasikan untuk mempraktekkan teori-teori SEO.

Awalnya mencoba menerapkan banyak teknik tidak apa. Untuk belajar dan mengetahui kelebihan dari masing-masing teknik. Lalu pilih beberapa teknik saja yang hasilnya bagus dan kita sukai, perdalam ilmunya.

Ada 11 teknik link building yang dihafal oleh pemilik blog  Fanicat dalam membangun backlink. Namun, dia berfokus mpada penggunaan teknik guest post seperti tulisan ini. Si pemilik blog tersebut menyukainya karena lebih gampang untuk mendapatkan backlink dari blog yang berkualitas dan berpotensi membangun network dengan blogger lain.

 

Jadi, kamu buka peluang untuk guest post gak nih di blogmu? Komen ya frens… :D


Komentar

  1. kalau aku sih belum buka mengingat blog aku pun masih dalam tahap belajar. banyak bangetv yang masih harus di perbaiki dan pelajari. Seo itu memang mengenai waktu dan keseriusan belajar ya. gak bisa sehari bisa.

    BalasHapus
  2. Yuk Mbak saling tukar link hehe aku baru sekali nih.

    Ngomongin SEO, meski udah 8 taun nyeblog tetap saja aku belum paham dan emang belum pnya cukup minta mempelajarinya kecuali kulitnya aja

    BalasHapus
  3. betul sekali mba, termasuk saat blog walking begini juga turut memengaruhi blog kita. SEO membantu banget artikel ku dikunjungi orang mba.

    BalasHapus
  4. fokus dan ngga ada yang instant ini penting banget harus diketahui dan jadi modal dasar untuk bisa sukses dalam seo ya.. semua itu butuh proses dan pembelajaran yang ngga sebentar.. kalo mau yang instant ya ngga bisa bertahan lama

    BalasHapus
  5. Setuju sama artikel ini. Belakangan keknya kok trendnya kyk belajar SEO tapi gak sabaran dan maunya nangkring di page one secara instan, pdhl itu jg tergantung kontennya bermanfaat gak, humanis gak, makin humanis makin sering diklik dan bisa naik peringkatnya ya. Dan bener kudu konsisten dan menunggu, gak bisa instan :D

    BalasHapus
  6. Ini dia nih aku masih terus belajar dan belajar memahami SEO, apakah SEO itu perempuan ya karena susah dimengerti hahahhaa

    BalasHapus
  7. Aku juga coba-coba SEO tapi masih yang gampang aja. Kalo yang sulit, bikin pusing kepala. Pernah ikutan lomba SEO eh gak menang. Susahnya minta ampun.

    BalasHapus
  8. "SEO tak bisa dipelajari dalam semalam" Nah ini bener banget, aku yang bertahun-tahun ngeblog aja masih gak paham sama SEO huhuhuuhu

    BalasHapus
  9. Dan SEO butuh sesuatu yang berkelanjutan. Harus kontinu dilanjutkan alias istiqomah ya kak. Kuy #SemangatCiee menulis dengan SEO

    BalasHapus
  10. Betul banget seo butuh kesabaran dan fokus. Aku lupaan nih sudah dikasih tahun ilmunya utak atik karena jarang praktekin huhuhu

    BalasHapus
  11. Asli aq masih belum ngerti belajar seo, katanya sudah bgt, masih belum mudeng2 🤭

    BalasHapus
  12. Wah memang harus fokus kalau bener2 ingin mendalami SEO ya, semoga kedepannya bisa lebih tekun lagi untuk mendalami 🥰

    BalasHapus
  13. Aku lagi belajar tentang SEO nih mbak, emang gak mudah dan bikin pusing. Harus diulang berkali-kali biar beneran ngerti. Tapi asik juga sih, bisa belajar hal baru.

    BalasHapus
  14. Tahun lalu aku udah pernah guest post sekali mba hehe. Pengen sih kapan2 nyobain lagi. Anyway, ternyata 6 mindset ini perlu banget aku catet nih Mba. Terima kasih yah mba atas info nya ;)

    BalasHapus
  15. betul banget, investasi karena bahagia banget rasanya artikel yang udah bertahun2 masih muncul di page one mba hehe

    BalasHapus
  16. SEO perlu praktek langsung, riset keyword jadi andalannya. Jika sudah terbiasa, pasti bisa dilakukan dan ternyata juga tidak sulit

    BalasHapus
  17. Selalu asyik belajar SEO tuh, yang penting konsisten dan sabar, rajin update terus karena algoritma terus berubah.
    Coz belajar SEO tuh senii, gimana kita meramunya agar bisa nongki di SERP sesuai target kita.
    Semangat belajar yaa..

    BalasHapus
  18. aku masih belum buka juga mba. masih banyak yang harus aku pelajari biar blognya bagus. salah satu resolusi nih di 2021 bisa belajar seo. belajar SEO itu emang gak bisa sebentar kan.

    BalasHapus
  19. Belajar SEO bisa tingkatkan skill dalam pe-rblogeran ya terutama menulis Artikel supaya dapat dilihat google dan mendapat peringkat serta terimdeks hehehe

    BalasHapus
  20. SEO ini bikin kepala nyut nyutan
    Tetapi harus dipelajari dan dikerjakan kalo mau rumah mu bagus dan nyaman

    BalasHapus
  21. Saya coba menikmati belajar SEO sebab berasa pusing kalo terlalu serius karena aku juga masih baru, tapi sebenernya suka banget belajar SEO karena suka penasaran, soal hasil aku juga gak terlalu terburu-buru. Yang penting ngerti dulu perlahan, slow but sure hehee...

    BalasHapus
  22. Sepakat banget kalau SEO itu nggak bisa dipelajari dalam semalam. Ada banyaaaaaakkkk sekali perintilannya dan bikin nggak kelar kelar belajarnya.

    BalasHapus
  23. Dan SEO juga sebagai seni. Harus betul-betul dinikmati prosesnya dan kita larut ke dalamnya. Kalau tujuannya semata-mata angka/teknikal, biasanya akan bosan belajar SEO.

    BalasHapus
  24. Semua hal yang disampaikan di postingan di atas bener semua.

    Tapi seru, karena bisa belajar hal baru, karena SEO cukup dinamis sistem kerjanya

    BalasHapus
  25. dari kemarin saya hanya memandangi hasil borok seo yang muncul dari aplikasi seobility. Bingung mulai ngebenerin dari mana, huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah nggak percaya sama aplikasi SEObility itu. Sebab banyak blogpost yang bisa nangkring di Page 1, dengan volume search keyword yang tinggi, tapi skor SEObility-nya sangat buruk :))

      Saya nggak buka guest post sih di blog saya. Kalau orang mau minta backlink kepada saya, saya suruh masuk perkumpulan Lingkaran Backlink aja :)

      Hapus
  26. oh ternyata yah, tak selamanya berada di page one itu menjamin popularitaa blog. ini masih pe er mempelajari SEO lebih fokus . guest di blog ku boleh banget

    BalasHapus
  27. bener banget teh renay, memang nerapin SEO ini butuh kesabaran. malah tulisan yang kupengen di page one ga berhail, eh tulisan lain ada yang g sengaja jadi page one hehe. semangat nulis terus ya

    BalasHapus
  28. Buka peluang guess post Kak :D kuyy!

    Btw untuk belajar lebih dalam soal SEO belum masuk priority ku nih hehe.

    BalasHapus
  29. Setuju banget, kita harus praktek dan fokus teknik SEO satu persatu ya mba, jadi bisa maksimal, jangan nemu tips seo baru udah mau praktek padahal yang sebelumnya aja belum maksimal

    BalasHapus
  30. Seo itu butuh kesabaran, dan saya orangnya malah gak sabaran. Belajar SEO udah beberapa hari pusing tinggalin aja. Padahal belajar SEO emang ga bisa instan dan harus konsisten ya...

    BalasHapus
  31. Setuju bgt mba, SEO tuh harus super sabaaar dalam praktik dan belajarnya, krn ilmunya cukup luas dan banyak yg harus dipelajari, tp worth it in the long term utk investasi di blog sendiri. Semangat kita ya mbaaa utk terus improve SEO kita :")

    BalasHapus
  32. nampaknya soal SEO ini adalah pe er semua umat blogger ya, hehehe. termasuk saya. walau sudha belajar SEO tapi masih belum paham sepenuhnya SEO itu harus bagaimana dan seperti apa trik triknya. semua berproses dan benar kata mba, butuh waktu lama dan bukan upaya instan

    BalasHapus
  33. hoo aku belum pernah guest post rasanya belum nyaman walau beberapa nawarin. guest post pribadi ya
    tapi ya bener, seo ityu kudu tekun pelajarinya. semangatt

    BalasHapus
  34. Sampai sekarang harus belajar terus soal SEO ini nih, semoga bisa diterapin selalu di tulisan

    BalasHapus
  35. Aku masih belajar pelan-pelan nih soal SEO. Selalu menarik membaca tulisan tentang SEO seperti ini :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Pledge to God, Drama Korea yang Menyayat Hati

Anneyeong haseo chingu , Kali ini, aku mau share tentang  A Pledge to God , Drama Korea yang Menyayat Hati. Awalnya iseng, cari-cari di Viu karena udah bosen dengan drakor yang hits kayak Crash Landing on You (CLOY) dan The World of Married . Gak sengaja, benar-benar lagi iseng-iseng aja scroll daftar drakor di VIU, eh tau-tau muncul A Pledge to God. Padahal ini bukan drama baru karena mulai tayang ( kalo aku mulai tayang ama dia kapan ya? wkwk ) di MBC TV Korea selatan pada 24 November 2018. Baca sekilas sinopsisnya langsung jatuh cinta dan penasaran dengan jalan ceritanya. Cover A Pledge to God (Sumber: Asianwiki.com) Aku suka banget drakor yang sedih binti mengharukan gitu. Terngiang-ngiang sama ceritanya Endless Love (Autumn in My Heart ). Film yang dibintangi oleh Song Hye Kyo, Song Seung Heon, dan Won Bin benar-benar everlasting story deh. Mau nonton berapa kali juga ujung-ujungnya mewek. Nah sama nih, nonton drakor ini juga bawaannya pengen mewek. Oke cukup, yuk lanjut

Tuntaskan Ambeien dengan Ambewas

Duduk terasa tidak nyaman dan bokong sering berdarah adalah ciri-ciri utama seseorang menderita ambeien atau wasir. Ketidaknyamanan juga kerap terasa ketika buang besar karena anus biasanya terasa gatal dan panas. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan atau peradangan pembuluh darah di ujung usus (rectum) dan anus.  Ambeien terdiri dari 2 jenis, yaitu ambeien internal dan eksternal. Penjelasannya sebagai berikut. Internal haemorrhoid adalah jenis ambeien yang muncul di dalam saluran rectum dan tidak terasa nyeri, tetapi bisa menyebabkan feses berdarah. External hemorrhoid adalah jenis ambeien yang muncul di luar anus, terasa gatal atau nyeri, bahkan terkadang bisa robek dan berdarah. Sumber: halodoc.com Penyebab dan Faktor Pemicu Ambeien Pada dasarnya, ambeien bisa muncul karena berbagai kebiasaan sehari-hari seperti mengejan saat buang air besar atau terlalu lama duduk di toilet. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa mengganggu aliran darah sehingga darah akan menggumpal dan akhir

Ibis Style Hotel Jakarta Simatupang Benar-Benar Family Oriented

Alhamdulillah, Saya senang sekali bisa ikutan acara  #IHBLimaTahun, Sabtu 28 September 2019. Kalau diadakan pada weekday  pasti aku cuma bisa gigit jari karena harus bekerja.  Awalnya aku penasaran kenapa ya acaranya diadakan di hotel? Akhirnya rasa penasaranku terjawab setelah acara dimulai.  Usut punya usut Ibis Style Hotel Jakarta Simatupang ingin memperkenalkan diri ke khalayak karena hotel ini baru beroperasi secara resmi pada 15 Juli 2019 dengan menjadi sponsor utama acara ini. Hip hip hooraay... ^____^ Acara inti perayaan milad Indonesia Hijab Blogger (IHB) dimulai sekitar pukul 10 sesuai jadwal. MC acaranya adalah Kak Elly Nurul yang sudah aku tahu karena dia juga blogminceu IHB WAG. Acara utamanya berupa talkshow dengan beberapa pembicara keren yang diulas sebagai berikut. 1. Kak Andiyani Achmad Kak Aie (panggilannya) membahas tentang Optimasi Media Sosial dengan judul " How to Promote Your Content Through Social Media ". Selain seorang blogger, Kak Aie j