Miliki 6 Mindset Ini untuk Sukses SEO Blog


Hello bloggers,

Bahas tentang SEO blog yuk biar blognya bisa menghasilkan cuan….


SEO on Blog
sumber: pixabay.com


SEO penting diterapkan pada blog karena terbukti mampu mendatangkan trafik yang stabil dalam jangka panjang. Untuk bisa menguasai SEO dan menerapkannya dengan baik sangat penting bagi kita untuk mempunyai mindset yang benar. Inilah 6 mindset yang harus dimiliki oleh para blogger supaya sukses SEO.


#1 SEO Itu Investasi

Sebelum mulai mempelajari atau mempraktekkan SEO, perlu kita sadari bahwa SEO adalah investasi. Kita harus dengan senang hati menginvestasikan waktu, tenaga, pikiran, dan bahkan uang.

Seperti layaknya investasi, jika dilakukan dengan benar SEO di kemudian hari Insya Allah akan membuahkan hasil yang menyenangkan hati kita. Bisa berupa trafik yang tinggi, penjualan yang meningkat, jasa semakin laris, earning bertambah, atau blog semakin tenar.


#2 SEO Butuh Kesabaran

Tidak hanya satu dua, tapi banyak, orang yang buru-buru ingin melihat hasil dari SEO. Sedangkan SEO menuntut kesabaran. Seringkali hasil dari SEO baru bisa dilihat dalam hitungan bulan, bahkan tahun.

Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk bisa menempati rangking teratas di Google berbeda untuk setiap website. Ada cukup banyak faktor yang memengaruhi seperti kualitas website dan tingkat kompetisi.

Memang SEO juga bisa ditargetkan untuk jangka pendek, tetapi biasanya trafik yang diperoleh juga rendah. Sebagai contoh pada blog Fanicat yang bertema kucing. Sang pemilik membuat tulisan yang menargetkan keyword “kenapa induk kucing meninggalkan anaknya”. Artikel dipublikasi pada 30 Oktober 2020, lalu 5 hari kemudian keyword dengan search volume 140 ini langsung menempati rangking 5. Trafik yang didapatkan dari keyword tersebut kecil, cepat didapat, tetapi kecil.

Tampilan Rank pada Blog


Sedangkan keyword “gambar kucing” dengan search volume 110.000, butuh waktu hampir setahun untuk menaikkan rangkingnya jadi 16. Sampai saat ini pun belum bisa menembus page one. Dalam proses pengerjaan SEO kesabaran kita juga diuji. Kita akan melihat rangking sebuah keyword naik turun ketika sedang membangun backlink. Atau tiba-tiba website kompetitor naik rangkingnya beberapa poin.

Jangan panik dan jangan menyerah. SEO adalah permainan jangka panjang, ia adalah perlombaan lari marathon bukan sprint.


baca ini dulu 


#3 SEO Tidak Menjamin Rangking 1 atau Page One

SEO yang kita lakukan bisa saja gagal. Jika ditanya, “Ada jaminan pasti rangking 1 di Google nggak?” Selalu saya jawab tidak ada jaminan pasti rangking 1, bahkan page one di SERP (Search Engine Result Page) pun saya tidak bisa menjamin.

Hal yang bisa kita lakukan hanyalah melakukan SEO semaksimal mungkin. Kerja keras biasanya akan membuahkan hasil. Kenyataannya memang begitu, setiap kali sungguh-sungguh menerapkan SEO maka hasilnya biasanya juga bagus.

Seperti kita membuka pet shop, kita tidak bisa memastikan pet shop kita bakal laris. Hal yang bisa kita lakukan adalah berikhtiar maksimal. Kualitas produk dijaga, produk yang rusak dan expire segera diganti, toko dijaga kebersihannya, pembeli dilayani dengan ramah, kita pasang kipas angin atau AC agar nyaman.

Ikhtiar yang maksimal adalah pembeda antara pet shop yang laku dan tidak laku. Begitu juga antara SEO campaign yang berhasil dan gagal.


#4 SEO Tidak Bisa Dipelajari dalam Semalam

SEO adalah keterampilan sehingga dibutuhkan waktu untuk memahirkannya. Kita perlu mempelajari teori dan mempraktekkannya, berulang-ulang, hingga mendapatkan pemahaman.

Tutorial SEO mudah didapatkan, banyak sekali sumbernya, namun untuk menguasainya tetap diperlukan praktek dalam jangka panjang. Jangan takut gagal dan salah. Salah ya sudah, selanjutnya kita pelajari kesalahan itu agar lain waktu tidak mengulanginya lagi.

Monetisasi Blog
sumber: pixabay.com


#5 SEO Butuh Fokus

Fokus yang terbagi-bagi menyebabkan SEO tidak dilakukan dengan tuntas yang akhirnya menggiring kita pada kegagalan. Contoh, kita sedang menerapkan guest post untuk membangun backlink.

Suatu hari kita membaca artikel “membangun backlink dengan teknik broken link”. Kita tertarik mempraktekkannya sehingga meninggalkan guest post yang baru setengah jalan kita lakukan.

Di lain hari kita membaca artikel “membangun backlink menggunakan infografis”. Kita tertarik juga mempraktekkannya dan meninggalkan broken link yang baru seperempat jalan.

Hasilnya: semuanya gagal, tidak ada yang berhasil. Ibarat mendaki gunung kita tak pernah mencapai puncak karena selalu berpindah-pindah gunung di tengah pendakian.


#6 Miliki Teknik Andalan

Teori SEO itu banyak sekali. Contoh, untuk riset keyword dan link building banyak sekali caranya. Kita sebagai blogger tentu tidak mungkin semua waktu didedikasikan untuk mempraktekkan teori-teori SEO.

Awalnya mencoba menerapkan banyak teknik tidak apa. Untuk belajar dan mengetahui kelebihan dari masing-masing teknik. Lalu pilih beberapa teknik saja yang hasilnya bagus dan kita sukai, perdalam ilmunya.

Ada 11 teknik link building yang dihafal oleh pemilik blog  Fanicat dalam membangun backlink. Namun, dia berfokus mpada penggunaan teknik guest post seperti tulisan ini. Si pemilik blog tersebut menyukainya karena lebih gampang untuk mendapatkan backlink dari blog yang berkualitas dan berpotensi membangun network dengan blogger lain.

 

Jadi, kamu buka peluang untuk guest post gak nih di blogmu? Komen ya frens… :D


Komentar

  1. kalau aku sih belum buka mengingat blog aku pun masih dalam tahap belajar. banyak bangetv yang masih harus di perbaiki dan pelajari. Seo itu memang mengenai waktu dan keseriusan belajar ya. gak bisa sehari bisa.

    BalasHapus
  2. Yuk Mbak saling tukar link hehe aku baru sekali nih.

    Ngomongin SEO, meski udah 8 taun nyeblog tetap saja aku belum paham dan emang belum pnya cukup minta mempelajarinya kecuali kulitnya aja

    BalasHapus
  3. betul sekali mba, termasuk saat blog walking begini juga turut memengaruhi blog kita. SEO membantu banget artikel ku dikunjungi orang mba.

    BalasHapus
  4. fokus dan ngga ada yang instant ini penting banget harus diketahui dan jadi modal dasar untuk bisa sukses dalam seo ya.. semua itu butuh proses dan pembelajaran yang ngga sebentar.. kalo mau yang instant ya ngga bisa bertahan lama

    BalasHapus
  5. Setuju sama artikel ini. Belakangan keknya kok trendnya kyk belajar SEO tapi gak sabaran dan maunya nangkring di page one secara instan, pdhl itu jg tergantung kontennya bermanfaat gak, humanis gak, makin humanis makin sering diklik dan bisa naik peringkatnya ya. Dan bener kudu konsisten dan menunggu, gak bisa instan :D

    BalasHapus
  6. Ini dia nih aku masih terus belajar dan belajar memahami SEO, apakah SEO itu perempuan ya karena susah dimengerti hahahhaa

    BalasHapus
  7. Aku juga coba-coba SEO tapi masih yang gampang aja. Kalo yang sulit, bikin pusing kepala. Pernah ikutan lomba SEO eh gak menang. Susahnya minta ampun.

    BalasHapus
  8. "SEO tak bisa dipelajari dalam semalam" Nah ini bener banget, aku yang bertahun-tahun ngeblog aja masih gak paham sama SEO huhuhuuhu

    BalasHapus
  9. Dan SEO butuh sesuatu yang berkelanjutan. Harus kontinu dilanjutkan alias istiqomah ya kak. Kuy #SemangatCiee menulis dengan SEO

    BalasHapus
  10. Betul banget seo butuh kesabaran dan fokus. Aku lupaan nih sudah dikasih tahun ilmunya utak atik karena jarang praktekin huhuhu

    BalasHapus
  11. Asli aq masih belum ngerti belajar seo, katanya sudah bgt, masih belum mudeng2 🤭

    BalasHapus
  12. Wah memang harus fokus kalau bener2 ingin mendalami SEO ya, semoga kedepannya bisa lebih tekun lagi untuk mendalami 🥰

    BalasHapus
  13. Aku lagi belajar tentang SEO nih mbak, emang gak mudah dan bikin pusing. Harus diulang berkali-kali biar beneran ngerti. Tapi asik juga sih, bisa belajar hal baru.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Pledge to God, Drama Korea yang Menyayat Hati

Pengalaman Pertama Urus Ganti Plat, STNK, dan Bayar Pajak Mobil

Menjadi Cantik Tanpa Sakit? Bisa Dong!