Langsung ke konten utama

Rambutku adalah Mahkotaku

Apa kabar semua? Semoga sehat-sehat ya. Semoga orang-orang yang sedang sakit apapun, terutama terserang covid 19 bisa segera sembuh dan pulih seperti sedia kala.

Aku udah lama gak update blog nih. Btw, kali ini aku mau bahas tentang rambut nih. Rambutku adalah mahkotaku. Yup ini berlaku bagi para wanita, termasuk para hijabers seperti aku. Oleh sebab itu, kita harus senantiasa merawat rambut supaya selalu sehat, indah, dan tidak bermasalah. Namun faktanya, para hijabers kerap mengalami masalah utama pada rambut seperti berketombe, rambut rontok, dan rambut lepek.

Pasalnya, keramas dan pakai conditioner saja tidak cukup. Kita juga harus melakukan perawatan lain seperti creambath, hair spa, dan memakai hair tonic. Namun, segudang aktivitas kerap membuat para wanita jarang merawat rambutnya. Setuju gak nih?

rambutku mahkotaku
pixabay.com

Cara Mengatasi Masalah Rambut

Seberapa penting perawatan rambut? Tentu saja sangat penting. Pasalnya, rambut yang bermasalah tentunya akan merepotkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

1.    Pemilihan Shampoo yang Tepat

shampoo untuk rambut
pixabay.com

Hal pertama dan utama yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah rambut adalah memakai shampoo yang tepat. Kabar baiknya, sudah ada banyak pilihan shampoo untuk hijabers. Pada awalnya, Cuma ada 2 atau 3 merk shampoo hijab. Karena sudah memilih sejak awal kemunculan merk shampoo hijab tersebut, aku tetap memakainya sampai sekarang.

Aku pernah 2 atau 3x berganti merk shampoo. Alhasil, rambutku muncul uban. Huaah masa masih muda begini rambutku beruban hiks. Oleh sebab itu, aku tidak berani lagi berganti merk shampoo. Kesetiaan itu penting, bukan cuma setia sama pasangan, tapi juga setia dengan produk perawatan tubuh, terutama rambut.

Ada banyak jenis shampoo yang bisa dipilih sesuai dengan masalah rambut. Ada shampoo untuk rambut yang berketombe, rambut rontok, rambut diwarnai, dan lain-lain. Jadi, kita harus jeli memilih produk yang tepat supaya tidak salah pilih. Salah pilih menyebabkan masalah rambut tidak pernah selesai. Malah bisa muncul masalah baru.

NB: Aku tidak merekomendasikan merk shampoo ya di tulisan ini karena tidak ada unsur endorse hehe.. pokoknya pilih shampoo yang dirasa cocok dan membawa perubahan baik ke rambut kalian masing-masing.

2.  Pemilihan Conditioner

Ada hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan conditioner, yaitu keberadaan conditioner dengan shampoo. Ada shampoo yang sudah mengandung conditioner sehingga tidak perlu lagi memakai conditioner tambahan. Jika shampoo yang dipakai tidak mengandung conditioner, barulah pakai conditioner tambahan.

Ciri-ciri shampoo yang tidak mengandung conditioner adalah rambut menjadi lebih keras atau kaku setelah keramas. Sebaliknya, shampoo yang mengandung conditioner akan membuat rambut terasa halus atau lembut setelah keramas. Ciri-ciri tersebut dijabarkan karena ada merk shampoo yang tidak menuliskan adanya conditioner atau tidak.

pemilihan conditioner
pixabay.com

Pemakaian conditioner juga harus diperhatikan karena kesalahan bisa membuat kulit kepala atau rambut berketombe. Cara pakainya adalah conditioner tidak boleh dipakai hingga ke kulit kepala seperti shampoo. Oleskan conditioner ke permukaan rambut saja. Jika dipakai sampai kulit kepala, kamu bisa ketombean. Percaya deh 😉

Oh iya kalau pilih conditioner sebaiknya pilih yang satu merk dengan samponya ya. Jika beda merk biasanya kandungan atau komposisinya kurang tepat/cocok sehingga bisa menimbulkan ketombe juga. Aku sudah mencobanya sendiri hihi jadinya bisa menyimpulkan seperti ini.

3.  Melakukan Hair Spa/Cream Bath

Menurut pengalamanku melakukan kedua hal tersebut di salon, hair spa atau creambath juga harus dilakukan sesuai kebutuhan dan selera. Kebutuhan mengarah kepada masalah yang sedang terjadi pada rambut dan kulit kepala. Sedangkan selera tentunya mengarah kepada kesukaan setiap orang pada setiap treatment tersebut.

creambath or hair spa
pixabay.com

Jika rambut rontok sebaiknya tidak melakukan creambath karena rambut bisa lebih rontok. Penyebabnya adalah pijatan pada creambath yang kadang terlalu kuat justru membuat rambut rapuh. Creambath lebih cocok untuk orang-orang yang berambut tebal dan kuat. Treatment ini tidak hanya menyehatkan rambut, tetapi bisa juga membuat rileks karena sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Hair spa sebenarnya cocok untuk semua masalah rambut. Namun, ada orang yang tidak cocok dengan cream yang dipakai sehingga menyebabkan ketombe (aku pernah mengalaminya). Menurutku, sekedar coba-coba sih gak apa supaya kita dapat pengalaman. Kalau sudah tau hasilnya yang mungkin tidak baik buat kita, sebaiknya tidak diulangi lagi.


Itulah sedikit ulasan tentang perawatan rambut yang aku ketahui dan berdasarkan pengalamanku juga. Kalau ada yang punya pengalaman lain, boleh banget share di kolom komentar ya. Terima kasih. Salam hangat dari Renayku.

 

 

 

Komentar

  1. Ya ampuun baca ini aku jadi kangeen banget hair spa. Jaman masih single bisa hairspa 2 minggu sekali, habis itu kepala jadi enteng banget dan rambut super wangi. Mood jadi enak seharian.

    BalasHapus
  2. Bener banget, pakai condisioner sampai kulit kepala akan menyebabkan rambut jadi berketombe. Sebelum aku tau triknya pakai condisioner ku pikir ngga cocok pakai condisioner itu ngga tau nya karena salah cara pakainya.

    BalasHapus
  3. ngerawat rambut itu gak bisa asal-asalan ya. kalau gak mau rambut rusak. kalau rambut rusak butuh biaya yang lebih besar lagi. sedih deh

    BalasHapus
  4. Wah.. Thanks banget nih tentang perawatan rambut bagi hijabers...
    Emang perawatan rambut perlu di perhatian karena rambut yg sehat juga bisa menunjang penampilan bagi seseorang wanita

    BalasHapus
  5. Wah jadi ingat sejak awal pandemi belum perawatan ke salon buat rambut lagi nih... Terlalu parno Kali ya Saya, enak nih hair spa kayaknya ya

    BalasHapus
  6. Aku tambahkan hair tonic ya Kak...Aku pakai biasanya setelah keramas saat rambut sudah kering. Atau sebelum tidur biar meresap khasiatnya. Memang rambut mesti dirawat karena mahkota kita

    BalasHapus
  7. Wah serius ini aku baru tau. Maklum anak cowok jarang perawatan. Taunya sampo ya sampo aja. Pas di hotel ada sampo dan conditioner jadi bingung haha.. oke sip, mngkn conditioner ini yg sebabkan saya ketombean karena dipake kayak sampo wkwkwk

    BalasHapus
  8. entah kenapa, setelah berhijab justru males rawat rambut huhu.. waktu awal dulu sempat rontok paraaaaah banget :( sampai kaya orang penyakitan huhu.. Alhamdulillah sekarang udh mulai rajin hair mask, jadi keliatan hasilnya ya :)

    BalasHapus
  9. iya betul mbaa kudu rajin juga ngerawat rambut yaa.. kalau rambut bermasalah, kayak gatal, ketombean, apalagi rontok, itu bener2 bikin gak nyaman meskipun pakai hijab

    BalasHapus
  10. Nah lho, setuju banget! Rambut tuh penting banget, karena bisa mempengaruhi ke penampilan kita. Jelas kalau rambut bagus, penampilan pun jadi lebih cantik. Jadi mesti banget rawat rambut selain rawat wajah!

    BalasHapus
  11. Betul banget deh, pemilihan shampo dan conditioner yang tepat itu penting banget, kalau enggak bisa bikin kacau si rambut.

    rambut saya nih panjang nyaris sepinggang, dan saya berjuang banget cari shampo yang cocok, karena kulit kepala saya sensitif.
    Salah sampho, ketombean parah, pilih shampo ketombe yang salah, rontok dan kaku kek singa hahaha

    Tapi saya belom pernah sih creambat di salon, kudet to the max memang hahaha

    BalasHapus
  12. Ini permasalahan ku juga. Karena sering gonta ganti shampoo jadi beruban, dan ada faktor turunan juga. Dan aku rontok banget rambutnya, emang perlu perawatan ekstra kalah yang di jilbab tuh

    BalasHapus
  13. karena berhijab, banyaaakkk bgt dah masalah rambut.
    belakangan ini rontok mayan banyak
    baiklah, aku mau terapkan tips ini
    makasiiii

    BalasHapus
  14. Benar sekali kak. Rambut adalah mahkota perempuan, merawat rambut dari masalah itu wajib banget. Rambut rontok dan ketombe poko masalah utama. Terimakasih infonya kak

    BalasHapus
  15. Jadi teringat rambutku lagi rontok parah nih🥲

    BalasHapus
  16. Rambutku abis di cat jadi perlu penanganan ekstra haha. Gak bisa skip conditioner sama serum rambut

    BalasHapus
  17. Pengalaman aku setelah cat rambut kulit wajahku penuh jerawat itu karena alergi. Jadi sekarang saya stop untuk cat rambut

    BalasHapus
  18. Merawat rambut itu memang penting. Dan gak bisa asal asalan. Saya dulu memanjangkan rambut setahun bisa cepet panjang sebahu. Karena memang dirawat biar tumbuh bagus.

    BalasHapus
  19. Semenjak pandemi yang masih rutin dua poin aja nih mba, shampoo n conditioner dirumah, belum berani hair spa di salon atau manggil orang kerumah huhu.. tapi meski begitu alhamdulillah rambut terawat..

    BalasHapus
  20. Biasanya nih permasalah para perempuan adalah rambut rontok ya, aku tuh beberapa kali deh gonta ganti produk dan akhirnya nemu yang cocok beberapa tahun belakangan ini dan happy banget.

    BalasHapus
  21. Permasalahan rambutku banget tuh sekarang rontok, dah coba berkali-kali gonta ganti belum nemu yang cocok ditambah lagi jadi busui makin menjadi-jadi huhuhu

    BalasHapus
  22. Merawat rambut itu tentunya penting banget ya karena memang rambut itu harus dirawat gitu kalau aku sendiri sih emang selalu melakukan perawatan rambut rutin

    BalasHapus
  23. Udah lama banget ga cream bath, jadi di rumah pakai hair mask aja hehe. Biar gampang diatur dan ga lepek atau rontok, merawat rambut itu penting ya mba

    BalasHapus
  24. Sebagai pria hanya kepikiran shampoo apa yang nggak gampang bikin rambut rontok hehehe

    BalasHapus
  25. saya nih paling suka skip conditioner, padahal kan bagus ya dan gak semua shampoo udah 2in1
    udah lama banget ini pengen hair spa ataupun cream bath tapi belum juga terlaksana, rambut rontoknya parah, minta diperhatikan juga huhuhuh

    BalasHapus
  26. Mba Rey aku masih jarang make conditioner bahaya nggak sih? Heheheh tapi kadang make sampo yang udah plus conditioner juga. Cuma kesalahan aku tuh gonta ganti sampo jadi biji ketombe singgah kadang

    BalasHapus
  27. Kenapa ya ampe sekarang conditioner tuh selalu aku skip, padahal di rumah ada.. kalo pake conditioner gitu bilasnya bisa lama krn terasa licin terus

    BalasHapus
  28. Aku akhirnya pake hari tonic nih mba buat ngatasin rontok parah, klo cukup oles cream creambath aja tanpa pijat apa jga bsa bkin makin rontok?

    BalasHapus
  29. Aku tuh tim yang dulu kalau ke salon lebih milih creambath karena emang suka pijitannya. Karena rambut juga super tebal, jadi masih aman-aman saja XD.

    BalasHapus
  30. nah ini kalo aku tuh kadang suka males banget perawatan rambut padahal ya sama pentingnya dengan kulit ya

    BalasHapus
  31. Jadi kangen nyalon dan pengen nyalon lagi apalagi merawat rambut rontok sangat penting

    BalasHapus
  32. Jadi miris dengan kondisi rambut sendiri yang kayaknya kurang optimal dirawat nih. Wkwk. Sebelum nikah rajin banget pakai conditioner, vitamin rambut, hair tonic. Sekarang keramas pakai shampoo aja sudah. Hiks. Padahal enak banget merawat rambut itu loh, abis baca artikel ini jadi tersadar pentingnya rambutku tersayang ini..

    BalasHapus
  33. Aku termasuk yang ketipu sama salon hahaha ternyata justru ga boleh creambath kalo ketombean ya mom

    BalasHapus
  34. aku daricjaman gadis memang agak tomboy jadi jarang banget perawatan, baru baru ini aja nih mom ngerti dunia perskincarean

    BalasHapus
  35. Waaah aku baru tau pemilihan shampoo penting juga dalam merawat rambut. Makasih tipsnya kak

    BalasHapus
  36. Sebelum pandemi aku suka hairspa 1-2 bulan sekkali, Tapi kini sudah nggak lagi. heu heu

    BalasHapus
  37. Aku udah pakai semua produk itu tapi masih ga puas sama kesehatan rambutku hahaha pasrah aja, serahkan ke salon jadinya

    BalasHapus
  38. Hari spa sama cream bath sama nggak sih kak? Aku udah jarang sekarang creambath. Dulu rajin banget karena pindah ikut suami aku belom paham salon yang tepat.

    BalasHapus
  39. bener banget pemilihan produk rambut yang sesuai dengan kondisi rambut kita itu berguna banget buat jaga kesehatan rambut kita, gak asal pakai shampoo aja

    BalasHapus
  40. Ada lagi nih kak, menyisir rambut katanya bagus untuk kulit kepala. Gimanapun aku sepakat rambut adalah mahkota wanita. Harus banget dirawat. Termasuk gak sering-sering diikat.

    BalasHapus
  41. Masalah rambutku dari dulu ga kelar2 kak, rontok mulu. Padahal udah coba berbagai treatment. Jd iklasin aja deh skrg

    BalasHapus
  42. Rambut aku juga bermasalah banget sama hairfall kayaknya susah banget mengatasinya ini bisa jadi salah satu referensi sih thank you ya

    BalasHapus
  43. Meskipun tertutup kerudung hampir sepanjang hari. Bagian tubuh paling pwnting dan merupakan kebanggaku itu adalah rambut mbak.. hehe

    Penuh perjuangan nih bisa punya rambut panjang, lurus dan hitam hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Pledge to God, Drama Korea yang Menyayat Hati

Anneyeong haseo chingu , Kali ini, aku mau share tentang  A Pledge to God , Drama Korea yang Menyayat Hati. Awalnya iseng, cari-cari di Viu karena udah bosen dengan drakor yang hits kayak Crash Landing on You (CLOY) dan The World of Married . Gak sengaja, benar-benar lagi iseng-iseng aja scroll daftar drakor di VIU, eh tau-tau muncul A Pledge to God. Padahal ini bukan drama baru karena mulai tayang ( kalo aku mulai tayang ama dia kapan ya? wkwk ) di MBC TV Korea selatan pada 24 November 2018. Baca sekilas sinopsisnya langsung jatuh cinta dan penasaran dengan jalan ceritanya. Cover A Pledge to God (Sumber: Asianwiki.com) Aku suka banget drakor yang sedih binti mengharukan gitu. Terngiang-ngiang sama ceritanya Endless Love (Autumn in My Heart ). Film yang dibintangi oleh Song Hye Kyo, Song Seung Heon, dan Won Bin benar-benar everlasting story deh. Mau nonton berapa kali juga ujung-ujungnya mewek. Nah sama nih, nonton drakor ini juga bawaannya pengen mewek. Oke cukup, yuk lanjut

Review Singkat Mamas Choice Rash Cream

  Mama's Choice Bayi yang berusia kurang dari 2 tahun sangat rentan terkena ruam karena kulitnya masih sangat sensitif. Ada banyak faktor penyebab munculnya ruam di kulit bayi. Beberapa penyebab yang utama antara lain biang keringat, gigitan serangga seperti nyamuk, dan pemakaian popok yang tidak cocok. Yuk kita bahas penyebab ruam kulit pada kulit dan cara mengatasinya dengan produk yang tepat. Penyebab Ruam Kulit pada Bayi Ada banya penyebab ruam kulit pada bayi, tetapi tulisan ini hanya akan membahas beberapa penyebab yang paling sering dialami oleh bayi. Ulasannya sebagai berikut. 1.    Biang Keringat Biang keringat terjadi akibat pori-pori kulit bayi lebih kecil daripada pori-pori orang dewasa sehingga ketika banyak berkeringat, bayi mungkin mengalami ruam terutama pada area lipatan tubuh yang tertutup pakaian. Area-area yang paling sering terjadi ruam akibat biang keringat antara lain leher, lengan, perut, paha, dan bokong.    2.    Dermatitis Kontak Dermatitis k

Sweet Honeymoon in Malang

Assalamualaikum. Wr, Wb Alhamdulillah aku sedang berbahagia karena telah menikah pada 4 Agustus 2019. Setelah nikah tentu saja langsung honeymoon dong, secara aku suka banget traveling. Jalan-jalan alias traveling kali ini tentu saja berbeda karena akhirnya aku merasakan bepergian bersama lelaki spesial yang telah resmi menjadi suamiku. Bahagia rasanya....Bagiku, honeymoon itu harus dilakukan untuk lebih mengenal pasangan kita. Perjalanan dimulai pada 5 Agustus 2019. Kami sengaja memilih kereta untuk alat transportasi yang memakan waktu sekitar 16 jam karena kami ingin puas menikmati perjalanan. Aku kangen banget udah lama gak naik kereta dengan durasi perjalanan yang lama. Benar saja, kami banyak bertemu dengan orang dan melihat pemandangan dari kereta. Kami mengobrol dengan suami istri yang sudah lawas, mungkin sebaya dengan orangtua kami. Logat dan gayanya sangat khas Batak karena benar mereka memang berasal dari Sumatera Utara. Awalnya agak kesal karena si ibu suka duduk seen