Langsung ke konten utama

Usaha Ultra Mikro, Pelopor Kemajuan Ekonomi Masyarakat

Selamat pagi Indonesia, 

Perwujudan kondisi ekonomi yang kuat berawal dari kokohnya kondisi usaha mikro sebagai pondasi kegiatan ekonomi masyarakat. Faktanya, ada 64,2 juta UMKM, termasuk usaha ultra mikro memiliki kontribusi sebesar 61,07 persen terhadap PDB Indonesia. Bahkan, UMKM juga mampu menyerap tenaga kerja sekitar 97 persen dari total tenaga kerja dan investasi sekitar 60 persen dari total investasi di Indonesia.

Pemerintah tengah berusaha untuk mendukung dan mendorong kegiatan umkm supaya lebih maju melalui Pusat Investasi Pemerintah. Ini adalah salah satu lembaga yang mendukung perkembangan usaha ultra mikro di Indonesia yang ikut membantu upaya menggerakkan ekonomi di sektor usaha mikro dan usaha ultra mikro sebagai pelopor kemajuan ekonomi masyarakat. 

Pusat Investasi Pemerintah mengadakan Kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” yang terdiri dari beberapa program pendukung pada akhir Agustus 2021 lalu. Semua program ini dilakukan untuk mendorong kinerja para pelaku usaha kecil, menengah, dan mikro supaya tetap bertahan pada masa pandemi ini.

sumber: cekaja.com

Sekilas tentang Pusat Investasi Pemerintah (PIP)

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) adalah unit organisasi non-eselon di bidang pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Direktur Jenderal Perbendaharaan. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Pusat Investasi Pemerintah menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

Sebagai Badan Layanan Umum (BLU), Pusat Investasi Pemerintah melaksanakan koordinasi dana (coordinated fund) pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dengan memberikan fasilitas maksimal Rp 20 juta kepada debitur yang selama ini tidak dapat mengakses pembiayaan perbankan dan program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

UMi disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) dengan pola langsung (one step) atau two step melalui linkage koperasi/lembaga keuangan mikro Untuk memudahkan dan mempercepat penyaluran. Lembaga-lembaga yang menyalurkan pembiayaan UMi antara lain PT Pegadaian (Persero), PT Bahana Artha Ventura, serta PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Adapun sumber pendanaan berasal dari APBN, hibah, serta kerjasama pendanaan dan investasi.

Program UMi Buka Peluang Kesuksesan

Salah satu program dalam kampanye adalah pembentukan Ekosistem UMi yang bertujuan mendorong peningkatan dan pendampingan usaha khususnya untuk segmen usaha mikro dan Ultra Mikro (UMi). Ekosistem UMi yang terdiri dari Wadah Usaha UMi, Inkubasi UMi, dan rencana ekosistem Kampung UMi yang akan dilakukan tahun depan telah dibentuk di beberapa daerah seperti Ternate, Maluku Utara, Majalengka dan Bandung Barat (Jawa Barat) serta Malang, Jawa Timur.

Program ini telah memberikan hasil positif bagi para pelaku usaha ultra mikro di lokasi masing-masing. Contohnya di Ternate, Maluku Utara, program Wadah Usaha UMi telah memberikan lapak usaha dengan biaya sewa yang lebih murah kepada para pelaku usaha ultra mikro. Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi para pelaku usaha karena biaya operasional tentunya menurun sehingga laba yang didapatkan bisa lebih besar.

Menurut salah satu pelaku usaha ultra mikro di Ternate yang bernama Rahma Kharie, usaha Tahu Tunanya mampu bertahan hingga saat ini berkat bantuan Pusat Investasi Pemerintah melalui Wadah Usaha UMi. Bahkan, dia juga mendapatkan beberapa saran dan bimbingan untuk mengembangkan usahanya tersebut.

Selanjutnya, Program Inkubasi UMi yang dilakukan di Jawa Barat dan Jawa Timur telah membantu para pelaku usaha berupa pemberian pinjaman dan pengetahuan teknis usaha. Ternyata hasilnya juga baik, para debitur tersebut mampu meningkatkan usaha mereka. Para pelaku usaha tersebut semakin giat untuk mengembangkan usahanya.

Menurut kabar dari Ai Khodijah, seorang pelaku usaha Seblak Mak Ai di Majalengka, Jawa Barat, program Inkubasi UMi telah berhasil membuat usahanya lebih berkembang. Saat ini, dia sudah mulai mempromosikan jualannya secara online.

seblak-mak-ai
Seblak Mak Ai

Ai juga menambah variasi produk yang dijualnya, yaitu jajanan lainnya seperti basreng, kacang, dan cemilan-cemilan sejenisnya. Penambahan varian produk tersebut juga didukung dengan perbaikan sanitasi warung yang jauh lebih baik. Hasilnya, Ai mendapat peningkatan omset hingga dua kali lipat setelah pendampingan Inkubasi UMi ini.

Seblak-Mak-Ai-Bangkit
Seblak Mak Ai Bangkit

Debitur UMi lainnya di Majalengka yang mendapatkan program Inkubasi UMi adalah Nia Anriani. Ia membantu suaminya untuk berjualan Siomay Sinar Rejeki. Pada awalnya, Nia dan suami hanya berjualan menggunakan gerobak motor yang digunakan untuk berkeliling kampung. Setelah adanya pendampingan UMi, mereka mampu membuat satu gerobak permanen dan menambah varian produk yang dijual, yaitu batagor.

Siomay-dan-Batagor-Nia-Anriani
Siomay dan Batagor Nia Anriani

Menurut Nia, pendampingan ini membantu dirinya dan suami untuk meningkatkan omset usaha. Sebelum ikut program Inkubasi UMi, omset usahanya sebesar Rp 7.700.000 saja per bulan. Setelah menjadi bagian dari program Inkubasi UMi, usaha mereka telah meningkat hingga meraih omset Rp 9.900.000 dalam sebulan.

Penjual-Siomay-dan-Batagor
Penjual Siomay dan Batagor

Perluasan Program UMi ke Beberapa Daerah Lainnya

Pusat Investasi Pemerintah akan terus menyediakan layanan yang mudah dan cepat bagi para pelaku usaha ultra mikro di seluruh Indonesia. Adapun layanan yang diberikan berupa pinjaman beserta berbagai pendampingan dan pelatihan yang diperlukan oleh para pelaku usaha. Hal ini tentunya sejalan dengan misi Pusat Investasi Pemerintah untuk menjadi koordinator pendanaan dan pembiayaan ultra mikro yang profesional dan kredibel. Pusat Investasi Pemerintah telah menyalurkan Rp17,89 triliun pinjaman ultra mikro (UMi) kepada lebih dari 5,3 juta orang debitur hingga akhir November 2021.

Berdasarkan data, sebaran pinjaman terbanyak berada di pulau Jawa dengan jumlah Rp 12,57 triliun dan 3,7 juta debitur, diikuti Sumatera, Bali – Nusa Tenggara dan Sulawesi masing-masing dengan jumlah pinjaman sebesar Rp 3,15 Triliun, Rp 764 miliar, dan Rp 760 miliar. Selanjutnya, Pusat Investasi Pemerintah telah menargetkan untuk dapat menyalurkan pinjaman sebesar Rp 7,2 Triliun kepada 2 juta debitur di tanah air.

Sosialisasi Program Ultra Mikro (sumber: panduanbank.com)

Sinergi Antar Lembaga dalam Program UMi

Pusat Investasi Pemerintah berusaha untuk memperluas penyaluran pinjaman UMi dengan menjalin kerjasama antarlembaga. Ada beberapa Kementerian dan Lembaga (K/L) lainnya yang telah digandeng oleh Pusat Investasi Pemerintah. Sebagai contoh, Kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” yang dilakukan sebagai awalan, Pusat Investasi Pemerintah melaksanakan program lelang produk UMi berkolaborasi dengan lembaga di bawah Kementerian Keuangan seperti Koperasi Pegawai Kantor Pusat Perbendaharaan (Koppbn) – Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) – Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN).

Pusat Investasi Pemerintah juga melakukan kerjasama dengan Ditjen Pajak dan Kementerian Pertanian dalam kegiatan sosialisasi pinjaman ultra mikro (UMi) dan kredit usaha rakyat (KUR), serta edukasi perpajakan bagi Gabungan Petani Organik Sekarlangit, Grabag, Magelang pada November 2021. Program baik ini memang harus ditangani secara serius untuk membantu masyarakat supaya lebih kompetitif dan berdaya.

Pusat Investasi Pemerintah sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Badan 3 Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB). Penandatanganan MoU ini untuk mendukung pengembangan UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya pelaku industri kreatif Desa Penyangga Borobudur Highland melalui sosialisasi pinjaman ultra mikro (UMi) dan pelatihan usaha sehingga kemajuan usaha pada era digitalisasi ini bisa terwujud.

Tujuan mulia lainnya adalah ingin meningkatkan kualitas dan nilai usaha para pelaku usaha ultra mikro. Mereka harus bisa maju dan naik kelas sehingga bisa memberikan manfaat bagi lingkungan mereka juga. Oleh sebab itu, program hebat ini harus terus dijalankan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Indonesia. 

Itulah pembahasan tentang program pemberdayaan Usaha Ultra Mikro (UMi) karena sektor usaha ini memang menjadi pondasi ekonomi masyarakat. Jika sektor ini terus dikembangkan maka usaha ultra mikro akan menjadi pelopor kemajuan ekonomi masyarakat. 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

  1. ternyata pembiayaan ada juga yang untuk super mikro dengan limit maksimal Rp 20 juta begini ya. Bener-bener ini Pemerintah menggerakkan ekonomi melalui UMi karena usaha-usaha super kecil ini bisa mendukung sistem ekonomi kita untuk meningkat

    BalasHapus
  2. Terharu lho aku kalo ada yg inisiatif bantu pelaku UMKM dan UMi ini.

    Dengan adanya dukungan PIP dan gerakan Kampanye "Bersama Sahabat - UMi Bangkit", terbukti pelaku UMKM dan UMi bisa kembali produktif.

    BalasHapus
  3. Rasanya bersyukur sekali ada program UMi ini. Adikku buka warung bakso di desa. Mungkin bisa coba mengajukan pembiayaan ini di pegadaian. Thanks infonya kak.

    BalasHapus
  4. program umi ini nambah peluang orang utk bisa berdagang yaa, jadi bisa nambah peluang penghasilan juga terutama untuk orang rumahan nih

    BalasHapus
  5. Dengan ada umi para umkm bisa bangkit kembali dan semangat untuk berkarya lagi..

    Cintailah produk Indonesia

    BalasHapus
  6. Salut sama program UMI ini, bisa membantu mikro UMKM untuk berkembang kedepannya. Semoga program ini makin maju untuk mendongkrak ekonomi negeri

    BalasHapus
  7. Dilihat dari program-programnya saya yakin banget akan banyak UMKM yang berkembang dan maju karena didukung dan dibina

    BalasHapus
  8. UMKM yang bergerak di bidang kuliner dan produk kebutuhan sehari-hari memang sangat berpotensi untuk terus berkembang. bahkan di masa sulit seperti sekarang, UMKM dan usaha Ultra Mikro yang bergerak di bidang kuliner terbukti lebih cepat bangkit, terlebih dengan adanya dukungan dari pemerintah.

    BalasHapus

  9. Nggak bisa dianggap remeh ya, peran usaha mikro dan ultra mikro ini. Menyerap tenaga kerja dan juga berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Jadi wajar jika pemerintah sangat memberi perhatian...

    BalasHapus
  10. Kalo dapat bantuan modal dari PIP, insya Allah UMKM bisa berkembang pesat ya Ma.

    BalasHapus
  11. Ternyata udah banyak banget yang disalurkan PIP untuk pelaku usaha ultra mikro ini ya mbak. semoga program keren ini bisaterus berlanjut dan semakin banyak yang terbantu.

    BalasHapus
  12. Bagus ya, pemerintah pun makin perhatian sama pengusaha mikro yang sulit dapat modal kerja. Jangan sampai deh malah ke pinjol atau rentenir.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah ya program PIP berjalan dengan lancar. Semoga dapat terus ditindak lanjuti sehingga makin banyak pelaku usaha yang terbantu secara ekonomi

    BalasHapus
  14. Mendorong peningkatan dan pendampingan usaha ini penting banget. Sehingga pelaku usaha bisa menambah skill yang lebih mumpuni untuk bersaing di era global. Adanya UMi juga sangat membantu peran semua pihak.

    BalasHapus
  15. Kemajuan ekonomi masyarakat harus ada peranan pemerintah sehingga usaha ultra mikro dapat berjalan dan UMKM Bangkit lagi

    BalasHapus
  16. besar juga ya support yang bisa dberikan UMi bangkit ini, bisa sampai 20 juta. Lumayan juga buat support UMKM supaya tetap bisa bangkit dan eksis usahanya

    BalasHapus
  17. Besar ya kontribusi PIP ini kak, semoga lancar dan tercapai target di tahun berikutnya

    BalasHapus
  18. Aku lapar di bagian seblak, siomay, batagorr..enak-enak. Semoga dengan program ini akan meningkatkan kualitas dan nilai usaha para pelaku usaha UMi.
    Biar mereka harus bisa maju dan naik kelas sehingga bisa memberikan manfaat bagi lingkungan demi terwujudnya kesejahteraan

    BalasHapus
  19. Perhatian terhadap umkm saat ini makin baik. Semoga umkm makin berkembang & bertahan di kondisi sulit :)

    BalasHapus
  20. Program ini sangat membantu perkembangan UMKM ya dan makin meningkatkan pendapatan masyarakat. Mantap deh dengan pendampingan usaha mikro dan ultra mikro ini

    BalasHapus
  21. Program Ultra Mikro ini sangat membantu para UMKM mengembangkan usahanya. apalagi masa pandemi seperti ini, pendampingannya sangat dibutuhkan sekali.

    BalasHapus
  22. Salah satu yang membuat ekonomi Indonesia tahan banting ya karena keberadaan UMKM ini syukurlah ada program pro UMKM seperti UMi ini

    BalasHapus
  23. Seblak, batagor duuuuh kesukaanku semua hahaha :) Wah, senang dong ada program UMi yang dapat membantu dan mendukung para pelaku UMKM agar usahanya makin lancar. Apalagi di masa pandemi yang masih menggelayut nih. Mulai deh bangkit sedikit demi sedikit wirausaha terutama di sektor makanan dan pariwisata.

    BalasHapus
  24. Wah, jujur aku baru tahu ada yang namanya Ultra Mikro. Tapi yang kusadari adalah UMKM tuh memang bisa berkontribusi banyak untuk perekonomian negara, lho! Makanya seneng banget kalau banyak UMKM yang didampingi dan di-support untuk terus maju.

    BalasHapus
  25. Bagus banget nih upaya pendanaan dan pendampingan bagi pemilik usaha mikro gini. Sendi perekonomian bangsa kan tidak melulu dari perusahaan besar, yang mikro dan kerakyatan gini juga penting. Semoga saja makin banyak yang terbantu dengan upaya yang dilakukan oleh PIP ini yaa...

    BalasHapus
  26. memang sudah sepatutnya UMKM disupport oleh pemerintah, UMKM menggerakkan roda perekonomian terutama untuk masyarakat menengah dan bawah. semangat selalu para usahawan UMKM!

    BalasHapus
  27. Bagus banget programnya, selain ngasih pendanaan buat usaha mikro, tapi juga pendampingan usaha. Udah dari beberapa tahun lalu mikir, kalau dikasih dana doang enggak memastikan apakah usaha itu bakalan berjalan dengan baik ke depannya. Karena enggak paham gimana mengelola usaha dengan modal yang dikasih

    BalasHapus
  28. Adanya kredit untuk usaha Ultra Mikro seperti ini sangat bagus untuk menunjang kemajuan bisnis yang skalanya sangat kecil dan terutama baru dirintis. Syarat mudah dan keberpihakan pemerintah lewat UMi akan mendorong ekonomi bergeliat lagi apalagi saat pandemi. UMKM bisa bangkit berkat sinergi yang dibangun bersama.

    BalasHapus
  29. Menarik dan bermanfaat ya buat masyarakat yang mau mengembangkan usahanya. Biar para UMKM maju. Keren sih ini.

    BalasHapus
  30. Wahhh semoga dengan adanya program ini bisa meningkatkan kesejahteraan UMKM di daerah ataupun seluruh wilayah Indonesia. UMKM maju dan berkembang bersama, bersama masyarakat dan umi..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Pledge to God, Drama Korea yang Menyayat Hati

Anneyeong haseo chingu , Kali ini, aku mau share tentang  A Pledge to God , Drama Korea yang Menyayat Hati. Awalnya iseng, cari-cari di Viu karena udah bosen dengan drakor yang hits kayak Crash Landing on You (CLOY) dan The World of Married . Gak sengaja, benar-benar lagi iseng-iseng aja scroll daftar drakor di VIU, eh tau-tau muncul A Pledge to God. Padahal ini bukan drama baru karena mulai tayang ( kalo aku mulai tayang ama dia kapan ya? wkwk ) di MBC TV Korea selatan pada 24 November 2018. Baca sekilas sinopsisnya langsung jatuh cinta dan penasaran dengan jalan ceritanya. Cover A Pledge to God (Sumber: Asianwiki.com) Aku suka banget drakor yang sedih binti mengharukan gitu. Terngiang-ngiang sama ceritanya Endless Love (Autumn in My Heart ). Film yang dibintangi oleh Song Hye Kyo, Song Seung Heon, dan Won Bin benar-benar everlasting story deh. Mau nonton berapa kali juga ujung-ujungnya mewek. Nah sama nih, nonton drakor ini juga bawaannya pengen mewek. Oke cukup, yuk lanjut

Tuntaskan Ambeien dengan Ambewas

Duduk terasa tidak nyaman dan bokong sering berdarah adalah ciri-ciri utama seseorang menderita ambeien atau wasir. Ketidaknyamanan juga kerap terasa ketika buang besar karena anus biasanya terasa gatal dan panas. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan atau peradangan pembuluh darah di ujung usus (rectum) dan anus.  Ambeien terdiri dari 2 jenis, yaitu ambeien internal dan eksternal. Penjelasannya sebagai berikut. Internal haemorrhoid adalah jenis ambeien yang muncul di dalam saluran rectum dan tidak terasa nyeri, tetapi bisa menyebabkan feses berdarah. External hemorrhoid adalah jenis ambeien yang muncul di luar anus, terasa gatal atau nyeri, bahkan terkadang bisa robek dan berdarah. Sumber: halodoc.com Penyebab dan Faktor Pemicu Ambeien Pada dasarnya, ambeien bisa muncul karena berbagai kebiasaan sehari-hari seperti mengejan saat buang air besar atau terlalu lama duduk di toilet. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa mengganggu aliran darah sehingga darah akan menggumpal dan akhir

Ibis Style Hotel Jakarta Simatupang Benar-Benar Family Oriented

Alhamdulillah, Saya senang sekali bisa ikutan acara  #IHBLimaTahun, Sabtu 28 September 2019. Kalau diadakan pada weekday  pasti aku cuma bisa gigit jari karena harus bekerja.  Awalnya aku penasaran kenapa ya acaranya diadakan di hotel? Akhirnya rasa penasaranku terjawab setelah acara dimulai.  Usut punya usut Ibis Style Hotel Jakarta Simatupang ingin memperkenalkan diri ke khalayak karena hotel ini baru beroperasi secara resmi pada 15 Juli 2019 dengan menjadi sponsor utama acara ini. Hip hip hooraay... ^____^ Acara inti perayaan milad Indonesia Hijab Blogger (IHB) dimulai sekitar pukul 10 sesuai jadwal. MC acaranya adalah Kak Elly Nurul yang sudah aku tahu karena dia juga blogminceu IHB WAG. Acara utamanya berupa talkshow dengan beberapa pembicara keren yang diulas sebagai berikut. 1. Kak Andiyani Achmad Kak Aie (panggilannya) membahas tentang Optimasi Media Sosial dengan judul " How to Promote Your Content Through Social Media ". Selain seorang blogger, Kak Aie j